Menu

Mode Gelap

Kesehatan · 6 Mei 2023 18:35

Baca ini Sebelum Mengkonsumsi Beras Organik


 BERAS ORGANIK Perbesar

BERAS ORGANIK

SULTRAKITA.COM – Beras organik adalah beras yang ditanam dan diproses dengan cara yang ramah lingkungan dan bebas dari penggunaan pestisida dan herbisida kimia. Beras organik semakin populer karena semakin banyak orang yang menyadari pentingnya makanan sehat dan juga kepedulian terhadap lingkungan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa beras organik sangat baik untuk kesehatan:

Bebas dari Bahan Kimia Berbahaya
Beras organik ditanam dan diproses tanpa menggunakan pestisida dan herbisida kimia berbahaya yang biasanya digunakan pada beras non-organik. Penggunaan bahan kimia ini dapat meninggalkan residu pada beras yang dapat membahayakan kesehatan kita jika kita mengonsumsinya.

Kaya Akan Nutrisi
Beras organik seringkali lebih kaya akan nutrisi dibandingkan dengan beras non-organik. Hal ini dikarenakan beras organik ditanam dengan cara yang lebih alami dan sehat, sehingga nutrisi pada tanah dapat diserap dengan lebih baik oleh tanaman.

Baik untuk Kesehatan Jantung
Beras organik dapat membantu menjaga kesehatan jantung karena kandungan serat yang tinggi dan rendah lemak jenuh. Serat pada beras organik dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah, yang dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Menjaga Kesehatan Pencernaan
Beras organik kaya akan serat dan nutrisi penting lainnya yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Serat pada beras organik dapat membantu mengurangi risiko sembelit, diare, dan kondisi pencernaan lainnya.

Baca juga :   Luar Biasa... Ini Manfaat Daun Manirang

Membantu Menjaga Berat Badan Ideal
Beras organik dapat membantu menjaga berat badan ideal karena kandungan seratnya yang tinggi dan rendah kalori. Serat pada beras organik dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama, sehingga kita cenderung makan lebih sedikit.

Mendukung Pertanian Ramah Lingkungan
Membeli beras organik dapat mendukung pertanian yang lebih ramah lingkungan. Pertanian organik menghindari penggunaan bahan kimia berbahaya dan lebih memperhatikan kesehatan tanah dan lingkungan sekitar.

Lebih Enak dan Lezat
Beras organik cenderung memiliki cita rasa yang lebih alami dan lezat dibandingkan dengan beras non-organik. Hal ini karena beras organik ditanam dan diproses dengan cara yang lebih alami dan sehat, sehingga rasanya lebih lezat dan autentik.

Namun, perlu diingat bahwa beras organik biasanya lebih mahal dibandingkan dengan beras non-organik. Hal ini dikarenakan biaya produksi yang lebih tinggi dan hasil yang lebih rendah. Namun, jika kita peduli dengan kesehatan dan lingkungan, maka harga yang sedikit lebih mahal tersebut sebanding dengan manfaat yang kita peroleh.

Beras Organik Bebas Pestisida

Beras organik adalah pilihan yang sangat baik untuk kesehatan dan lingkungan. Dengan mengonsumsi beras organik, kita dapat memperoleh nutrisi yang lebih baik, membantu menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan pencernaan, membantu menjaga berat badan ideal, dan mendukung pertanian ramah lingkungan. Selain itu, beras organik juga lebih lezat dan autentik dibandingkan dengan beras non-organik.

Baca juga :   Terong Khasiat dan Cara Pengolahanya

Namun, penting untuk memastikan bahwa beras organik yang kita beli memang benar-benar organik. Beberapa produsen mungkin mencantumkan label “organik” pada beras mereka meskipun mereka tidak sepenuhnya organik. Oleh karena itu, kita harus membeli beras organik dari sumber yang terpercaya dan memeriksa label sertifikasi organik yang tercantum pada kemasan.

Selain itu, kita juga perlu memperhatikan cara memasak beras organik. Agar tetap sehat, kita sebaiknya memasak beras organik dengan cara yang sehat seperti merebus atau mengukus. Hindari memasak dengan minyak dan garam berlebihan, karena hal ini dapat mengurangi manfaat kesehatan yang terkandung dalam beras organik.

Mengonsumsi beras organik juga dapat membantu mengurangi risiko paparan pestisida dan herbisida. Pestisida dan herbisida merupakan bahan kimia yang sering digunakan dalam pertanian untuk membunuh hama dan gulma. Namun, penggunaan bahan kimia tersebut dapat meninggalkan residu pada beras yang dapat membahayakan kesehatan kita jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Beras organik juga membantu menjaga kesehatan tanah dan lingkungan sekitar. Pertanian organik tidak menggunakan bahan kimia sintetis yang dapat merusak kualitas tanah dan lingkungan. Sebaliknya, pertanian organik menggunakan teknik yang lebih ramah lingkungan seperti pengomposan dan rotasi tanaman untuk mempertahankan kesuburan tanah dan menjaga keberagaman hayati.

Baca juga :   Daun Seledri, Manfaat Kesehatan dan Nutrisi

Namun, meskipun beras organik memiliki manfaat yang sangat baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsinya. Pertama, beras organik cenderung lebih mahal daripada beras non-organik. Hal ini disebabkan oleh biaya produksi yang lebih tinggi dan jumlah panen yang lebih rendah. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli beras organik, kita perlu mempertimbangkan ketersediaan anggaran dan membandingkan harga dengan beras non-organik.

Kita juga perlu memperhatikan masa simpan beras organik yang relatif lebih pendek daripada beras non-organik. Karena tidak menggunakan bahan pengawet sintetis, beras organik cenderung lebih mudah rusak dan lebih cepat membusuk. Oleh karena itu, sebaiknya kita menyimpan beras organik di tempat yang kering dan sejuk untuk memperpanjang masa simpannya.

Beras organik adalah pilihan yang lebih sehat dan ramah lingkungan daripada beras non-organik. Selain memiliki nutrisi yang lebih baik, beras organik juga membantu menjaga kesehatan jantung dan pencernaan, membantu menjaga berat badan ideal, dan mengurangi risiko paparan bahan kimia berbahaya. Namun, kita perlu memastikan bahwa beras organik yang kita beli benar-benar organik dan memperhatikan cara memasak dan penyimpanannya. Dengan memilih beras organik, kita tidak hanya meningkatkan kesehatan pribadi, tetapi juga berkontribusi pada lingkungan yang lebih sehat dan pertanian yang lebih berkelanjutan.

Artikel ini telah dibaca 145 kali

Baca Lainnya

Keram Saat Bangun Tidur, Coba Tips Ini

25 Mei 2023 - 17:10

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

6 Mei 2023 - 22:24

Daun Seledri, Manfaat Kesehatan dan Nutrisi

4 Mei 2023 - 18:46

Tips Kesehatan Sehat Panjang Umur

4 Mei 2023 - 01:17

Khasiat Belimbing Wuluh

3 Mei 2023 - 01:46

Luar Biasa… Ini Manfaat Daun Manirang

2 Mei 2023 - 15:35

Trending di Kesehatan