Menu

Mode Gelap

Kolaka ยท 1 Okt 2021 08:08

8 FK Fishing Club Kecam Pemboman Ikan di Perairan Anaiwoi


 ketua FK Fishing Club Suarman (baju hitam) Perbesar

ketua FK Fishing Club Suarman (baju hitam)

SULTRAKITA.COM, KOLAKA – Pemboman ikan yang dilakukan beberapa warga di perairan laut Anaiwoi, Kecamatan Tanggetada, Kabupaten Kolaka Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), mendapat kecaman dari 8 FK Fishing Club dan Club mancing yang ada di Kabupaten Kolaka.

“Aksi pemboman ikan di perairan laut Anaiwoi tidak bisa dibiarkan. Kami mengecam hal itu terjadi,” kata ketua FK Fishing Club Suarman, Jumat (1/10) melalui telepon selulernya.

Menurut Arman panggilan akrab Suarman, penangkapan ikan dengan cara bom jelas-jelas melanggar hukum, sebab perbuatan itu menyebabkan kerusakan lingkungan laut, khususnya ekosistem terumbu karang yang merupakan tempat tinggal, tempat mencari makan dan bertelur ikan-ikan.

“Dengan pemboman maka otomatis terumbu karang akan hancur dan banyak ikan kecil yang mati sia-sia,” katanya.

Karena itu, Arman meminta kepada aparat kepolisian dan Pos Angkatan Laut untuk menangkap dan menindak tegas para pelaku pemboman ikan yang marak terjadi di perairan laut Anaiwoi, termasuk jika ada oknum aparat yang membekking aksi pemboman ikan.

Sebelumnya, salah seorang nelayan Baso mengungkapkan, pemboman ikan yang dilakukan 5 nelayan warga Anaiwoi dengan inisial U, D, B dan 2 rekan lainnya di perairan laut Anaiwoi terjadi pada, Kamis (30/09) sore.

Baca juga :   ANTAM Bantu Pembangunan Rumah Tidak Layak Huni di Desa Langori Kecamatan Baula

Baso mengaku sempat menghampiri mereka dan meminta mereka untuk tidak melakukan pemboman ikan ditempat mereka biasa memancing. Namun mereka hanya tersenyum dan tidak menghiraukan teguran itu. Sekitar pukul 14.00 wita, ikan hasil pemboman sudah naik pada 5 kapal yang mereka tumpangi atau kurang lebih 5 ton banyaknya.

Menurut Baso, sudah sering pihaknya menyampaikan kepada warga tersebut untuk tidak melakukan pemboman ikan tapi tidak pernah ditanggapi. Ada indikasi ada pihak aparat yang membekking, sehingga mereka begitu berani melakukan hal itu. (*)

Artikel ini telah dibaca 73 kali

Baca Lainnya

Berkah Gelegar PLN Mobile, Erick Terima Hadiah Mobil Listrik

3 April 2024 - 23:55

PT Vale Edukasi Pengunjung Job Fair Bahaya Lowongan Kerja Palsu

4 Maret 2024 - 15:01

Wakil Presiden Direktur PT Vale Indonesia Tbk Adriansyah Chaniago saat mendamping Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor berkunjung ke stand job fair PT Vale Indonesia.

Tingkatkan Kreativitas Anak, Sutan Raja Hotel Kolaka Gelar Lomba Mewarnai

4 Februari 2024 - 10:02

Atasi Kesulitan Air Bersih Warga BTN Bukit Balandete, PLN Kucurkan Dana CSR

21 September 2023 - 12:06

Penyerahan dan peresmian pengadaan instalasi air bersih warga Kelurahan Balandete, Selasa (19/9/2023)

PT Vale Gelar Pelatihan Herbal di Baula

8 September 2023 - 14:01

Safei Apresiasi Peran TP PKK Kolaka

7 September 2023 - 19:08

Trending di Kolaka