Menu

Mode Gelap

Terbaru · 5 Apr 2021 06:30

Cabai Varietas Inata Agrohorti Hadir di Taman Agroinovasi BPTP Sultra


 Cabai Varietas Inata Agrohorti Hadir di Taman Agroinovasi BPTP Sultra Perbesar

SULTRAKITA.COM, KENDARI – Cabai merupakan komoditas tanaman sayuran yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Untuk menjamin kestabilan harga, diperlukan upaya untuk meningkatkan produksi cabai. Budidaya cabai dapat berhasil dengan menerapkan teknologi mulai dari pemilihan varietas sampai pasca panen.

Peneliti dan Petugas Lapangan Balitbangtan BPTP Sultra melakukan panen cabai varietas Inata Agrohorti yang ditanam melalui kegiatan pemanfaatan lahan perkarangan kantor  Balitbangtan BPTP Sultra. Kegiatan ini bertujuan untuk mendiseminasikan inovasi teknologi pemanfaatan lahan perkarangan khususnya pada budidaya tanaman cabai.

Peneliti Balitbangtan BPTP Sultra   Bungati, SP., M.Si mengatakan, bahwa varietas cabai yang dipanen merupakan salah satu varietas unggul Balitbangtan yang memiliki daya hasil yang tinggi dengan potensi hasil 14,17-19,72 ton/ha, dengan daya simpan mencapai tujuh hari setelah panen pada suhu 24-27 derajat celcius.

“’Varietas unggul merupakan salah satu faktor yang diperlukan untuk meningkatkan hasil panen cabai. Selain berdaya hasil tinggi, dapat beradaptasi dengan baik pada kondisi lingkungan tertentu,” kata Bungati.

Varietas Inata Agrohorti dilepas pada tahun 2017 dan termasuk golongan cabai hibrida. Buah muda berwarna hijau muda dan buah berpundak merupakan penciri utama varietas yang mulai dapat dipanen saat umur 97-120 hari setelah tanam. Dengan umur genjah, varietas Inata Agrohorti memiliki tingkat serangan penyakit yang sedikit.

Baca juga :   Peduli Masyarakat, Abdul Razak Bagi Sembako

Sementara itu, Kepala Balitbangtan BPTP Sultra Muhammad Sidiq, STP., MM. menyampaikan apresiasi kepada Peneliti, Penyuluh dan Petugas lapangan lingkup Balitbangtan BPTP Sultra, yang telah menghadirkan berbagai inovasi teknologi pertanian di Taman Agroinovasi untuk didiseminasikan kepada masyarakat. Salah satu yang didiseminasikan yaitu cabai varietas unggul yang hari ini telah dilakukan panen dan hasilnya sangat baik. (IKL)

Artikel ini telah dibaca 24 kali

Baca Lainnya

Tim Penilai PKK Koltim Lakukan Penilaian di Desa Lalosingi

14 Juni 2024 - 22:27

Pemkab Koltim Fokus Tingkatan Kinerja dan Reformasi Birokrasi

4 Juni 2024 - 20:21

PT Vale Serahkan Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Banjir Bandang dan Longsor di Luwu

7 Mei 2024 - 12:17

Peringati Hari Ibu, Sekda Sultra Ajak Semua Pihak Hargai Perjuangan Perempuan

23 Desember 2023 - 07:51

Kelola Sampah secara Terpadu, Antam Gagas Program Momahe

11 Desember 2023 - 17:31

sultrakita.com, Pengelolaan Sampah Antam

Serikat Pekerja PT Antam UBPN Kolaka Bantu Rakyat Palestina

8 Desember 2023 - 17:17

Trending di Terbaru