Menu

Mode Gelap

Terbaru · 22 Sep 2020 12:04

Distanak Sultra Dukung Koltim Kembangkan Sorgum


 Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Provinsi Sulawesi Tenggara Budianti Kadidaa saat melakukan kunjungan diKabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Timur), dalam mengembangkan tanaman sorgum.
Perbesar

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Provinsi Sulawesi Tenggara Budianti Kadidaa saat melakukan kunjungan diKabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Timur), dalam mengembangkan tanaman sorgum.

SULTRAKITA.COM, KENDARI – Komitmen Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Provinsi Sulawesi Tenggara Budianti Kadidaa untuk mendukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Timur), dalam mengembangkan tanaman sorgum, tidak perlu diragukan lagi.

Pasalnya, tahun ini Distanak Sultra memfasilitasi pengembangan budidaya sorgum, untuk kawasan seluas 100 hektar. Bentuknya pemberian bantuan benih sebanyak satu ton dan bantuan pupuk sebanyak 10 ton.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Provinsi Sulawesi Tenggara Budianti Kadidaa mengatakan,Pemerintah provinsi sangat mendukung upaya pengembangan sorgum sebagai sumber pangan non beras yang dikembangkan di Koltim.

Wanita yang akrab disapa Budianti ini sangat optimis pengembangan sorgum di Koltim akan berkembang dengan baik karena pengembangan itu dimulai oleh petani sendiri. Inisiatif petani ini lalu direspon dengan baik oleh pemkab.

“Lahan di Koltim dinilai cocok untuk tanaman sorgum.Bahkan,Pemkab Koltim telah menandatangani nota kesepahaman dengan Balai Penelitian Tanaman Serealia Maros untuk melakukan uji coba produksi benih dan pengembangan tanaman sorgum di daerah itu,” jelasnya.

Baca juga :   Hari Ini Bupati Butur Safari Ramadhan Pertama di Kulisusu Barat

Ia mengungkapkan, kerjasama itu akan mengujicobakan varietas-varietas unggul tanaman sorgum. Pemkab Koltim sendiri mengembangkan sorgum seluas 1.200 hektar dari total 10 ribu hektar potensi lahan kering yang dapat dimanfaatkan untuk budidaya. Saat ini, kawasan pengembangan sorgum di Koltim terdapat di wilayah Kecamatan Tinondo dan Loea.

Terkait dengan pemasaran produk, kata Budianti, pemerintah setempat telah menjajaki peluang kerjasama ekspor dengan pengusaha asal Korea. Selain itu, sejumlah pengusaha dari Surabaya juga siap untuk menyerap produksi sorgum Koltim.

“Semuanya hanya memastikan kontinuitas produk. Jika produknya bisa dijamin kontinyu, maka aspek pemasaran sorgum kita tidak akan jadi persoalan. Ini tantangan sekaligus kabar baik buat kita semua,” pungkasnya. (man)

Artikel ini telah dibaca 195 kali

Baca Lainnya

Peringati Hari Ibu, Sekda Sultra Ajak Semua Pihak Hargai Perjuangan Perempuan

23 Desember 2023 - 07:51

Kelola Sampah secara Terpadu, Antam Gagas Program Momahe

11 Desember 2023 - 17:31

sultrakita.com, Pengelolaan Sampah Antam

Serikat Pekerja PT Antam UBPN Kolaka Bantu Rakyat Palestina

8 Desember 2023 - 17:17

PT Vale Raih CSA Awards 2023 Kategori The Best Materials Sector on the Main Board

24 November 2023 - 14:15

CSA Award

Pusat Karir USN Kolaka Gelar Pelatihan Penulisan Artikel bagi Mahasiswa

18 November 2023 - 17:32

Pusat Karir USN Kolaka Gelar Pelatihan Penulisan Artikel bagi Mahasiswa

PT Vale Raih Peringkat Gold Laporan Keberlanjutan Terbaik di Asia Sustainability Reporting Rating 2023

7 November 2023 - 14:45

Wakil Presiden Direktur PT Vale Adriansyah Chaniago
Trending di Terbaru