Menu

Mode Gelap

Berita Utama · 15 Jul 2023 19:17

DLH Gelar Peresmian Pemanfaatan Gas Metan,100 Rumah Bisa Dialiri


 DLH Gelar Peresmian Pemanfaatan Gas Metan,100 Rumah Bisa Dialiri Perbesar

SULTRAKITA.COM, WATAMPONE — Dinas Lingkungan Hidup ( DLH) Kabupaten Bone menggelar peresmian pemanfaatan gas metan di Tempat pembuangan Akhir (TPA) di Desa Pasippo kecamatan Palakka, sabtu (15/7).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Bone Andi Fahsar M padjalangi, dihadiri Dandim 1407 Bone, Danyon C Brimob Tenri Beta, perwakilan ICRAF, Perwakilan OPD, Forkopimcam Kecamatan Palakka, Kepala Desa Pasippo, beserta tokoh masyarakat.

Sebagai langkah awal dalam pemanfaatan gas tersebut, instalasi sumur gas metan ini telah mengaliri 5 rumah penduduk disekitar TPA passippo.

Menurut Kepala Dinas lingkungan Hidup, Dray Vibrianto bahwa jika di kelola dengan baik gas metan di Passippo dapat melayani lebih dari 100 rumah warga.

“Potensi gas metan sangat besar apabila di kelola dengan tekhnologi yang tepat dan managemen yang baik, gas metan di TPA passippo dapat melayani lebih dari 100 rumah,” jelasnya.

Kegiatan ini di mulai dengan membangun instalasi sumur gas metan di TPA Passipo dan mengalirkannya ke rumah warga masyarakat di sekitar TPA passippo sebagai pengganti gas LPG secara Gratis.

Baca juga :   Sambut Libur Tahun Baru, Kalla Toyota Siapkan Bengkel Siaga

Gas metan yang dihasilkan oleh TPA Passippo apabila tidak dikelola dengan baik akan menguap ke udara, disamping mudah terbakar juga memberikan kontribusi besar terhadap efek rumah kaca, yang berpengaruh terhadap perubahan iklim.

“Oleh sebab itu kami dari pihak DLH kabupaten Bone berusaha mengelola dan memanfaatkan potensi gas tersebut untuk di alirkan ke rumah masyarakat sekitar TPA secara GRATIS sebagai pengganti LPG,” ungkap Dray Vibrianto.

Ia juga berharap agar masyarakat passippo bisa merasakan manfaat dari sampah yang selama ini di tanggung bebannya oleh warga passippo.

“Kami berharap masyarakat Passippo tidak hanya menanggung masalah dari sampah tetapi juga mendapat manfaat dari sampah tersebut, ” tutupnya.

Sementara itu Bupati Bone Fahsar M Padjalangi berharap agar pihak perbankan bisa memanfaatkan dana CSRnya untuk memanfaatkan potensi gas metan di TPA Passippo untuk masyarakat.

Lebih lanjut Fahsar menambahkan bahwa persoalan yang ada tentang sampah juga dikarenakan minimnya kesadaran masyarakat akan sampah.

“Yang menjadi persoalan kita di Bone, kesadaran masyarakat yang sangat rendah, dan saya melihat bukan hanya masyarakat menengah kebawah, masyarakat menegah ke atas justru yang patut memberi contoh tapi kadang ia melupakan,” pungkasnya.

Baca juga :   Nur Ihsan Terpilih jadi Rektor USN Kolaka

Untuk di ketahui kegiatan ini diakhiri dengan melakukan penandatanganan sertifikat peresmian pemanfaatan gas metan TPA passippo oleh Bupati Bone yang dilanjutkan dengan uji coba pemanfaatan gas methan. (WRD)

Artikel ini telah dibaca 90 kali

Baca Lainnya

Diterpa Isu Negatif, Begini Penjelasan Kepala Bappeda Wakatobi

19 Juli 2024 - 20:17

Harmonisasi Perencanaan Pembangunan, Pemda Wakatobi Gelar FGD Rancangan Teknokrat RPJMD

19 Juli 2024 - 19:58

Toyota Rush, Cicilan Tanpa Bunga Nol Persen

19 Juli 2024 - 17:53

Kalla Toyota Mengadakan Customer Gathering Toyota Auto Show 2024 di Kendari  

19 Juli 2024 - 16:59

Mundur Walikota Solo, Barisan RFG Apresiasi Capaian Prestasi Gibran

19 Juli 2024 - 16:38

PT Vale Tegaskan Komitmen Keberlanjutan dalam Sustainability Report 2023

19 Juli 2024 - 10:10

Trending di Berita Utama