Menu

Mode Gelap

Berita Utama · 6 Sep 2022 18:18

Febriany Eddy Optimis Project Bahodopi Rampung 2025


 penandatanganan perjanjian investasi dan kerja sama bersama Taiyuan Iron & Steel (Grup) Co., Ltd (TISCO) dan Shandong Xinhai Technology Co., Ltd (Xinhai) untuk Proyek Blok Bahodopi Perbesar

penandatanganan perjanjian investasi dan kerja sama bersama Taiyuan Iron & Steel (Grup) Co., Ltd (TISCO) dan Shandong Xinhai Technology Co., Ltd (Xinhai) untuk Proyek Blok Bahodopi

SULTRAKITA.COM, Jakarta – Direktur PT Vale Indonesia Tbk Febriany Eddy optimis proyek Bahodopi akan rampung pada tahun 2025. Hal tersebut diungkapkan saat penandatanganan perjanjian investasi dan kerja sama bersama Taiyuan Iron & Steel (Grup) Co., Ltd (TISCO) dan Shandong Xinhai Technology Co., Ltd (Xinhai) untuk Proyek Blok Bahodopi dilaksanakan secara daring dilakukan dua tempat yakni di Jakarta dan China, Selasa (6/9/2022).

Baca juga :   Kalla Toyota Hadirkan Promo Hemat

Presiden Direktur PT Vale Febriany Eddy menjelaskan, estimasi biaya project blok Bahodopi sekitar US$ 2,1 miliar untuk pembangunan pabrik dan sudah termasuk US$ 300 juta untuk fasilitas LNG dengan kapasitas produksi 73 ribu hingga 80 ribu metrik ton nikel per tahun.

“Smelter di Blok Bahodopi akan menggunakan teknologi Rotary Kiln-Electric Furnace (RKEF) dengan supply listrik yang bersumber dari pembangkit listrik tenaga gas (PLTG). Meskipun dengan menggunakan gas kami harus mengeluarkan tambahan US$ 300 juta. Namun hal tersebut dilakukan untuk membuktikan komitmen dan kepedulian Vale terhadap lingkungan terutama dalam hal menurunkan emisi karbon,” jelasnya.

 

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, penandatangan Perjanjian Investasi dan Kerja Sama ini merupakan bukti komitmen PT Vale dengan amanah undang-undang nomor 3 tahun 2020 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara maupun Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.

Baca juga :   Keluar dari Rutan Kolaka, ADP Dijemput Istri

“Kami berharap kerjasama ini dapat berjalan dengan baik, dan kami dari kementerian ESDM akan sangat senang hati memberikan dukungan karena apa yang telah disepakati hari ini akan memberikan nilai tambah positif,” katanya.

Ia melanjutkan, komitmen Vale yang tidak hanya berorientasi pada profit tapi juga pada people dan planet. Hal ini terintegrasi tidak hanya dari sisi profitnya namun memberikan kemanfaatan bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

“Beberapa waktu lalu kami berkunjung ke PT Vale di Sorowako dan melihat langsung komitmen ini dijalankan dengan baik, bagaimana perusahaan tambang ini diterima dengan baik, memelihara lingkungan dengan baik dan memberikan kontribusi penerimaan yang luar biasa,” ungkapnya.

Dia menegaskan, PT Vale telah membuktikan bahwa perusahaan tambang yang beroperasi di Indonesia tidak hanya mengeruk kekayaan alam tapi juga memberikan manfaat dan nilai tambah, tidak hanya kepada negara tapi juga kepada masyarakat dan lingkungan. (bak)

Artikel ini telah dibaca 123 kali

Baca Lainnya

Kube Dapat Jatah Paket Hibah, Ini Kata Andi Islamuddin

20 Juli 2024 - 11:57

BPS: Pertumbuhan Ekonomi Wakatobi tahun 2024 Terbaik Ke-6 di Sulawesi Tenggara

19 Juli 2024 - 23:59

Berhasil Turunkan Angka Kemiskinan, Ini Sederet Capaian Pemda Wakatobi di Survey BPS 2024

19 Juli 2024 - 21:22

Diterpa Isu Negatif, Begini Penjelasan Kepala Bappeda Wakatobi

19 Juli 2024 - 20:17

Harmonisasi Perencanaan Pembangunan, Pemda Wakatobi Gelar FGD Rancangan Teknokrat RPJMD

19 Juli 2024 - 19:58

Toyota Rush, Cicilan Tanpa Bunga Nol Persen

19 Juli 2024 - 17:53

Trending di Berita Utama