Menu

Mode Gelap

Berita Utama · 16 Agu 2023 22:27

Gelar Sujud Syukur HUT Ke-78 RI, Kodam XIV/Hasanuddin Pecahkan Rekor MURI


 Gelar Sujud Syukur HUT Ke-78 RI, Kodam XIV/Hasanuddin Pecahkan Rekor MURI Perbesar

SULTRAKITA.COM, MAKASSAR — Kodam XIV/Hasanuddin menggelar Sujud Syukur, Djikir dan Sholawat serentak dimalam peringatan HUT Ke-78 RI.

Acara yang digelar serentak di 78 titik, dengan melibatkan 77.178 Orang di
Wilayah Kodam XIV/Hasanuddin (Provinsi Sulsel, Sulbar dan Sultra) ini, dianugerahi piagam penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Piagam Penghargaan MURI nomor 11125/R.MURI/VIII/2023 diberikan langsung oleh Direktur Muri Jaya Suprana kepada Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr Totok Imam Santoso.

MURI menilai, kegiatan buah karya Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr Totok Imam Santoso itu merupakan karya unik dan superlatif, sebab dengan jiwa nasionalismenya yang tinggi, mampu mengumpulkan 77.178 elemen masyarakat di wilayah teritorialnya untuk melakukan sujud syukur, dzikir dan bershalawat di 78 titik secara serentak.

Kegiatan Sujud Syukur oleh Kodam XIV/Hasanuddin ini dipimpin oleh Pimpinan Ponpes Al Mubarakh Makassar, Habib Mahmud bin Umar Al Hamid, Rabu (16/08), digelar sebagai ungkapan rasa syukur atas terlewatinya pandemi covid-19 dan mensyukuri Kemerdekaan RI ke-78 Tahun,

Baca juga :   Pacu Dosen Menulis Buku, Rektor USN Kolaka Siapkan Finansial

Dihadiri oleh seluruh jajaran Forkopimda di Tiga Provisi dan Kabupaten/Kota, Tokoh lintas agama, Ketua MUI, para Rektor PTN/PTS, pimpinan institusi BUMN/S, para petinggi TNI-Polri, Perbankan, para OPD, Persit Kartika Chandra Kirana, Pimpinan Masjid, Kelompok Pengajian, prajurit TNI -Polri, PNS, masyarakat baik secara offline maupun online.

“Acara malam hari ini adalah acara sujud syukur yang mana kita setelah sekian lama menjalani Covid-19. Dan Alhamdulillah sudah terlewati, kita sujud syukur, dzikir, dan bershalawat sebagai bentuk kesyukuran diberi karunia dan rahmat untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-78,” ungkap mantan Gubernur Akmil ini.

Direktur MURI Jaya Suparna menyebut bahwa Rekor MURI yang diraih ini, melalui kegiatan sujud syukur terbanyak merupakan kegiatan pertama di Indonesia yang mendapatkan penghargaan dari MURI.

“Ini merupakan prestasi yang luar biasa yang belum pernah kami dengar, bukan hanya di Indonesia tetapi di planet bumi ini. Kami ucapkan selamat kepada teman-teman di Kodam XIV/Hasanuddin dan seluruh masyarakat di wilayah atas prestasi yang luar biasa ini,” tegasnya.

Baca juga :   Hari Ketiga Porprov ke-XIV Sultra, Kota Baubau Pimpin Sementara Perolehan Medali

Dikesempatan ini, Gubernur Sulsel memberikan apresiasi kepada Pangdam atas terselenggaranya kegiatan yang luar biasa ini.

“Apresiasi sekaligus penghormatan kepada bapak Panglima Kodam XIV/Hasanuddin, atas kegiatan sujud syukur ini,” tandasnya.

Hujanan apresiasi tidak hanya didapatkan dari Gubernur Sulsel saja, Kapolda Sulsel yang menyambut baik acara ini, Ia berharap dengan kegiatan ini mampu menjadikan wilayah Sulsel agar dapat aman, damai dan dapat menjemput pesta demokrasi mendatang.

Demikian pula apresiasi dari Ketua Umum MUI Sulsel, KH Najamuddin H Abd Safa, Ia berharap kegiatan ini dapat menginspirasi sebagai tanda kesyukuran kepada negara yang aman dan menjadi contoh wilayah lain.

Tak hanya itu dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulsel pun menyatakan apresiasi yang luar biasa atas inisiatif Pangdam untuk melaksanakan sujud syukur dan dzikir bersama yang menghadirkan para tokoh agama lain.

“Saya Pendeta tapi saya sangat menikmati, luar biasa semoga apa yang dilaksanakan ini akan menjadi berkah”, bebernya.

Kegiatan ini juga dirangkaikan pemberian santunan kepada anak yatim dari sejumlah panti asuhan, semoga mereka juga ikut berbahagia. (WRD)

Artikel ini telah dibaca 26 kali

Baca Lainnya

Bakal Cawagub Sultra, Burhanuddin Saputu Ikuti UKK Cakada PKB

29 Mei 2024 - 23:47

Halalbihalal bersama Wartawan, PT Vale Tegaskan Komitmen Penerapan Pertambangan Berkelanjutan

29 Mei 2024 - 16:28

Bupati Koltim Ingatkan Perencana di OPD Susun Anggaran Tepat Sasaran

29 Mei 2024 - 15:10

FKIP USN Kolaka Gelar Edufest – Lomba Kreativitas Mahasiswa 2024

28 Mei 2024 - 19:26

Maskot Pilkada Bone La Garuda’E; Lahirkan Pemimpin Berjiwa Kesatria.

27 Mei 2024 - 00:16

Turnamen 99 Community Cup II Bakal Digelar, Berhadiah 100 Juta Rupiah

25 Mei 2024 - 23:58

Trending di Sulselkita