Menu

Mode Gelap

Terbaru · 5 Mei 2020 06:29

Hindari Kerumunan Ditengah Pandemi, Legislator Wakatobi Sarankan Data Penerima BST Ditempel


 Hindari Kerumunan Ditengah Pandemi, Legislator Wakatobi Sarankan Data Penerima BST Ditempel Perbesar

SULTRAKITA.COM, WAKATOBI – Ditengah Pandemi Covid-19 ini, Pemerintah Pusat telah mengimbau agar masyarakat melakukan sosial Distance (Jaga Jarak) dalam upaya untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.

Pemerintah Daerah (Pemda) Wakatobi juga mengeluarkan Himbauan dan disampaikan sesuai surat edaran (SE) nomor 443.1/60/III/2020 tentang pencegahan penyebaran COVID-19 dilingkungan Kabupaten Wakatobi salah satunya agar masyarakat melakukan sosial Distance.

Namun dengan adanya Bantuan Sosial Tunai (BST) yang berasal dari Kementerian Sosial (Kemensos) untuk daerah Wakatobi sebanyak 8.176 KK dan telah disalurkan kepada masyarakat penerima manfaat sebanyak 841 KK melalui nomor rekening masing-masing.

Masyarakat penerima manfaat BST yang tidak mendapatkan pelayanan Sms Banking melakukan pengecekan saldo rekening di Bank BRI KCP Unit Wangi-wangi pada Senin, 06 Mei. Akibatnya kerumunan nasabah di depan KCP BRI tak terelakan.

Menanggapi hal tersebut,  salah satu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Wakatobi Arman Alini saat dikonfirmasi, Selasa (06/05) menyarankan pihak terkait agar melakukan klasterisasi.

” Untuk kemudian diklaster, yang tidak punya rekening dan kemudian yang harus diterima di Kantor Pos, Kemudian pembagiannya diatur waktunya, sehingga orang tidak berkerumun, jadi itu masukan kepada Dinas Sosial,” katanya.

Baca juga :   Peringati Harlah Ke - 22, PKB Sultra Harap Bencana Usai dan Pilkada Berjalan Damai

Selain itu, ia menyarakan agar Dinas Sosial Wakatobi melakukan penempelan nama penerima BST yang menerima melalui rekening langsung maupun melalui Pos sehingga dapat menghindari kerumunan masa.

” Bila perlu ditempel (Nama-nama penerima BST_Red), atau dibuat secara online, sehingga data terpadu penerima manfaat itu bisa kemudian lebih terbuka, bisa saja ada satu dua orang masyarakat yang berhak menerima namun belum tercover,” ulasnya.

Ditambahkan, bila hal tersebut dilakukan maka dapat lebih menyempurnakan data kemiskinan Kabupaten Wakatobi sehingga lebih kongkrit dan masyarakat bisa terlayani dengan baik serta tepat sasaran. (PSN)

Artikel ini telah dibaca 14 kali

Baca Lainnya

Tim Penilai PKK Koltim Lakukan Penilaian di Desa Lalosingi

14 Juni 2024 - 22:27

Pemkab Koltim Fokus Tingkatan Kinerja dan Reformasi Birokrasi

4 Juni 2024 - 20:21

PT Vale Serahkan Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Banjir Bandang dan Longsor di Luwu

7 Mei 2024 - 12:17

Peringati Hari Ibu, Sekda Sultra Ajak Semua Pihak Hargai Perjuangan Perempuan

23 Desember 2023 - 07:51

Kelola Sampah secara Terpadu, Antam Gagas Program Momahe

11 Desember 2023 - 17:31

sultrakita.com, Pengelolaan Sampah Antam

Serikat Pekerja PT Antam UBPN Kolaka Bantu Rakyat Palestina

8 Desember 2023 - 17:17

Trending di Terbaru