Menu

Mode Gelap

Terbaru ยท 18 Okt 2017 16:56

Indonesia-Qatar Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Infrastruktur dan Pariwisata


 Indonesia-Qatar Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Infrastruktur dan Pariwisata Perbesar

 

SULTRAKITA.COM, BOGOR-Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama Emir Qatar Tamim bin Hamad Al Thani (Syekh Tamim), sepakat meningkatkan kerjasama infrastruktur dan Pariwisata di Indonesia. Hal ini diungkap Jokowi usai menerima kunjungan kenegaraan Emir Qatar, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/10).

Dalam keterangan Persnya, Presiden Jokowi, menyebutkan kunjungan Syekh Tamim untuk kali pertamanya ini, bertepatan dengan peringatan 41 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Qatar. Dalam kesempatan ini, disepakati berbagai kerjasama strategis untuk meningkatkan hubungan diplomatik kedua negara.

“Saya tadi telah membahas upaya memperkuat kerja sama di bidang infrastruktur dan turisme. Kami telah bersepakat untuk segera menindaklanjuti apa yang kita bicarakan tadi di dalam pertemuan bilateral,” ujar Presiden Joko Widodo dalam pernyataan pers bersama.

Dalam pertemuan kedua negara ini juga menyepakati, sekaligus menandatangani Lima Nota Kesepahaman dibidang pembentukan sidang komisi bersama, transportasi udara, pendidikan, pemuda dan olahraga, serta kesehatan.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menyebutkan, hingga saat ini, diketahui Qatar tengah menanamkan investasinya di Indonesia, diantaranya pembangunan PLTGU Sumbagut 134 senilai USD1 miliar dan PT Pembangkit Jawa-Bali. Presiden berharap agar Qatar dapat lebih banyak lagi berinvestasi di Indonesia.

Baca juga :   Demokrat Wakatobi Buka Pendaftaran Penjaringan Bakal Calon Kada

“Indonesia akan terus mengajak Qatar untuk berinvestasi, mengundang Qatar untuk meningkatkan investasinya di Indonesia,” kata Presiden Jokowi.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Emir Qatar menyampaikan harapan yang sama akan peningkatan kerjasama kedua negara di masa mendatang. Menurutnya, Qatar memandang Indonesia sebagai negara yang sangat penting bagi dunia Islam. Untuk itu, dalam kunjunganya ia tak lupa membahas isu-isu terkini dalam dunia Islam.

“Kami berbicara tentang isu Rakhine State dan perlunya solusi. Qatar juga akan berperan dan memberikan bantuan-bantuan kemanusiaan serta meminta pemerintah Myanmar menyelesaikan persoalan ini dengan baik,” ujar Syeikh Tamim.

Selain itu, Emir Qatar juga menjelaskan kepada Presiden Joko Widodo terkait dengan aksi blokade yang menimpa negara Teluk tersebut beberapa waktu lalu. Ia menyebutkan, pihaknya siap melakukan dialog dan mencari solusi bersama dengan negara-negara Teluk lainnya untuk mengatasi persoalan ini.

“Kami menyampaikan bahwa Qatar sangat siap dan bersedia untuk melakukan pembahasan dan mencari solusi damai atas krisis ini. Untuk itu, Qatar terbuka untuk membuka ruang negosiasi bersama dengan seluruh pihak dan khususnya untuk memberikan penghormatan terhadap kedaulatan semua negara,” ucapnya.

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Peringati Hari Ibu, Sekda Sultra Ajak Semua Pihak Hargai Perjuangan Perempuan

23 Desember 2023 - 07:51

Kelola Sampah secara Terpadu, Antam Gagas Program Momahe

11 Desember 2023 - 17:31

sultrakita.com, Pengelolaan Sampah Antam

Serikat Pekerja PT Antam UBPN Kolaka Bantu Rakyat Palestina

8 Desember 2023 - 17:17

PT Vale Raih CSA Awards 2023 Kategori The Best Materials Sector on the Main Board

24 November 2023 - 14:15

CSA Award

Pusat Karir USN Kolaka Gelar Pelatihan Penulisan Artikel bagi Mahasiswa

18 November 2023 - 17:32

Pusat Karir USN Kolaka Gelar Pelatihan Penulisan Artikel bagi Mahasiswa

PT Vale Raih Peringkat Gold Laporan Keberlanjutan Terbaik di Asia Sustainability Reporting Rating 2023

7 November 2023 - 14:45

Wakil Presiden Direktur PT Vale Adriansyah Chaniago
Trending di Terbaru