Menu

Mode Gelap

Terbaru · 6 Agu 2019 07:47

Ingin Lihat Bidadari Mandi? Kunjungi Festival Benteng Tindoi Maleko 2019


 Ingin Lihat Bidadari Mandi?   Kunjungi Festival Benteng Tindoi Maleko 2019 Perbesar

SULTRAKITA.COM, WAKATOBI – Bagi anda penikmat festival budaya, patut berkunjung ke Desa Patuno Kecamatan Wangi-wangi Kabupaten Wakatobi (19 Agustus), tepatnya di Pantai Molii Sahatu (Pantai Seratus Mata Air).

Di tempat itu akan digelar Festival Benteng Tindoi Maleko 2019. Salah festival budaya khas Wakatobi itu bakal dimeriahkan berbagai prosesi adat, salah satunya Hesofui Bijajari atau Mandi Bidadari.

Hesofui Bijajari diilhami dari nama salah satu pantai di Desa Patuno, yaitu Pantai Molii Sahatu. Dahulu kala di tempat itu, konon merupakan tempat mandinya para bidadari (bunga-bunga desa). Cerita ini masih dipercaya masyarakat setempat hingga saat ini.

Konsep Hesofui Bijajari dalam Festival Benteng Tindoi Maleko 2019, dikemas dalam bentuk Mandi Safar atau dikenal di masyarakat dengan sebutan Hesofui Safara.

Menurut Camat Wangi-wangi Sahibuddin Najib, pihaknya sengaja menghadirkan Hesofui Bijajari untuk menarik minat bagi masyarakat yang hendak berkunjung ke Festival.

“Ya, rencana akan diikuti 20 orang gadis dari setiap desa/kelurahan se-kecamatan wangi-wangi dan kemasannya kita akan star awal dari Mesjid Raya Patuno. Prosesnya kita laksanakan sesuai Syariat Islam dalam bentuk Mandi Safar,” ungkap Sahibuddin.

Baca juga :   Polisi Amankan Dua Pelaku Pembakaran Kios di Keby

Disamping Hesufui Bijajari, Festival Benteng Tindoi Maleko 2019 akan dimeriahkan Hejari Kampo (pasang jaring massal) di pesisir pantai Wandoka, melibatkan seluruh masyarakat pesisir.

“Diharapkan kepada seluruh peserta tunga( mencari ikan), mereka mengunakan humbu (tempat ikan terbuat dari daun kelapa)dan pakai toru (topi khas Wakatobi). Kita harapkan ada juga perputaran ekonomi di dalamnya, tutup Sahibuddin.

Event lain yang tak kalah menarik yaitu Kabuenga dan Prosesi adat Tungi Dupa atau doa bersama meminta keselamatan bagi masyarakat Wakatobi. (Man)

Artikel ini telah dibaca 39 kali

Baca Lainnya

Peringati Hari Ibu, Sekda Sultra Ajak Semua Pihak Hargai Perjuangan Perempuan

23 Desember 2023 - 07:51

Kelola Sampah secara Terpadu, Antam Gagas Program Momahe

11 Desember 2023 - 17:31

sultrakita.com, Pengelolaan Sampah Antam

Serikat Pekerja PT Antam UBPN Kolaka Bantu Rakyat Palestina

8 Desember 2023 - 17:17

PT Vale Raih CSA Awards 2023 Kategori The Best Materials Sector on the Main Board

24 November 2023 - 14:15

CSA Award

Pusat Karir USN Kolaka Gelar Pelatihan Penulisan Artikel bagi Mahasiswa

18 November 2023 - 17:32

Pusat Karir USN Kolaka Gelar Pelatihan Penulisan Artikel bagi Mahasiswa

PT Vale Raih Peringkat Gold Laporan Keberlanjutan Terbaik di Asia Sustainability Reporting Rating 2023

7 November 2023 - 14:45

Wakil Presiden Direktur PT Vale Adriansyah Chaniago
Trending di Terbaru