Menu

Mode Gelap

Berita Utama ยท 23 Jul 2023 21:34

Jamaah Haji Kloter 24 Telah Tiba di Kota Kendari


 Sekda Provinsi Sultra, Drs H Asrun Lio MHum PhD bersama rombongan haji kloter 24 saat tiba di Bandara Haluoleo Kendari, Minggu (23/7). Perbesar

Sekda Provinsi Sultra, Drs H Asrun Lio MHum PhD bersama rombongan haji kloter 24 saat tiba di Bandara Haluoleo Kendari, Minggu (23/7).

SULTRAKITA.COM, KENDARI – Jamaah haji Indonesia asal Provinsi Sultra khususnya kloter 24, secara keseluruhan yang berjumlah 393 telah tiba di Kota Kendari dalam keadaan sehat dan baik, Minggu (23/7), di Bandara Haluoleo Kendari.

Sekda Provinsi Sultra yang juga sebagai Petugas Haji Daerah (PHD), Drs H Asrun Lio MHum Phd mengungkapkan rasa sukur kepada Allah SWT, karena jumlah haji yang pulang masih sama dengan jumlah haji yang berangkat, apalagi kloter 24 merupakan kloter istimewa karena didominasi oleh titiknua lanjut usia (lansia).

Dia menuturkan, meskipun Sekda namun saat mengemban amanah sebagai PHD maka tetap melaksanakan tanggung jawab selama bertugas, termasuk melakukan semua rangkaian ibadah haji dan umroh, layaknya jamaah haji lainnya.

“Sekda itu hanya status jabatan, tetapi kita sebagai jamaah, peserta, dan juga petugas haji tentu harus dilakukan dengan baik. Memang ada tantangan tersendiri karena kita membawa jamaah-jamaah yang rata-rata lansia,” tuturnya saat tiba di Bandara Haluoleo Kendari.

Dia mengakui, meskipun para jamaah yang didominasi lansia tersebut banyak membutuhkan bantuan selama pelaksanaan ibadah termasuk bantuan fisik, namun secara keseluruhan pelaksanaan haji dan umroh terlaksana dengan baik.

Baca juga :   Kokohkan Sinergitas, PT Vale Silaturahmi bersama Pemkab Morowali

“Alhamdulillah, ibadah haji dan umroh bisa terlaksana dengan baik. Tentu ini berkat doa-doa kita semua kepada Allah SWT sehingga kita selalu mendapat bimbingan, hidayah, dan petunjuk-petunjuk Illahi Robbi dan semua jamaah bisa kembali dalam kondisi baik dan sehat,” ucapnya syukur.

Dalam kesempatan itu juga, Jenderal ASN Provinsi Sultra ini membagi salah satu cerita lucu terkait keluhan jamaah yang juga ditanganinya, mengingat semua keluhan jamaah harus mendapat respon, termasuk sendal yang hilang, padahal tempat atau pintu masuk dan keluar yang dilalui jamaah merupakan berbeda.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Sultra, Muhamad Saleh mengatakan, total jamaah haji Provinsi Sultra yang tergabung di kloter 24 UPG Makassar berjumlah 393 orang, kini telah kembali dalam kondisi sehat dan baik.

Untuk itu, dia menyampaikan terima kasih kepada seluruh petugas haji daerah di kloter 24, dimana telah melakukan pendampingan, sejak dari awal pemberangkatan hingga kembali ke tanah air, khususnya di Kota Kendari. Semoga para jamaah mendapatkan predikat haji mambrur.

Baca juga :   Ribuan Warga Padati Pembukaan Pameran HJB Ke 693, Ini Kata Bupati Bone

“Hari ini (Minggu,red) ada tiga penerbangan. Untuk penerbangan pertama dan kedua khusus para jamaah Kota Kendari yang tergabung di kloter 24. Sedangkan penerbangan ke tiga merupakan gabungan,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengatakan bahwa tepat pukul 12.20 wita, pihaknya bersama pemerintah Provinsi Sultra telah menerima secara resmi para jamaah haji Kota Kendari kloter 24.

“Para jamaah haji dan umroh telah tiba di Kota Kendari dalam keadaan selamat. Hal ini patut kita sukuri karena kloter 24 yang seluruhnya murni masyarakat Kota Kendari dengan jumlah 393 orang, kembali dalam jumlah yang utuh,” ucapnya.

“Alhamdulillah jumlahnya utuh dan sehat. Saya ucapkan selamat datang dan selamat kembali di Kota Kendari, selamat bertemu kembali bersama keluarga besar. Doa kami semoga menjadi jamaah haji yang mabrur, menjadi panutan dalam memberikan contoh bagi warga Kota Kendari. Sekali lagi, selamat kepada seluruh jemaah haji asal Kota Kendari yang tergabung dalam kloter 24 termasuk kloter tambahan yakni 25,” pesannya. (*)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

Baca Lainnya

Halalbihalal bersama Wartawan, PT Vale Tegaskan Komitmen Penerapan Pertambangan Berkelanjutan

29 Mei 2024 - 16:28

Bupati Koltim Ingatkan Perencana di OPD Susun Anggaran Tepat Sasaran

29 Mei 2024 - 15:10

FKIP USN Kolaka Gelar Edufest – Lomba Kreativitas Mahasiswa 2024

28 Mei 2024 - 19:26

Maskot Pilkada Bone La Garuda’E; Lahirkan Pemimpin Berjiwa Kesatria.

27 Mei 2024 - 00:16

Resmi Digelar, 1755 Atlit Siap Berlaga di Porkab Bone

25 Mei 2024 - 18:53

LPPM USN Kolaka Gelar Pelatihan Pengelolaan Jurnal

24 Mei 2024 - 17:18

Trending di Berita Utama