Menu

Mode Gelap

Berita Utama ยท 31 Jan 2022 22:15 WITA

Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sultanbatara Serahkan SK Pendirian Institut Teknologi Kelautan (ITK) Buton di Kendari


 Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sultanbatara Serahkan SK Pendirian Institut Teknologi Kelautan (ITK) Buton di Kendari Perbesar

 

SULTRAKITA.COM, KENDARI – Senin (31/1), Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX Sulawesi Selatan, Barat, dan Tenggara (Sultanbatara), Drs Andi Lukman MSi akan menyerahkan secara langsung Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI Nomor 25/E/O/2022, Tentang Izin Pendirian Institut Teknologi Kelautan (ITK) Buton, di Rujab Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Penerbitan SK yang terbilang cepat tersebut, akan diterima oleh Ketua Yayasan Sultra Raya Dua Ribu Dua Puluh, Alvin Akawijaya Putra SH, selaku penyelenggara ITK Buton, yang berkedudukan di Kabupaten Buton, Provinsi Sultra. Bahkan rencananya disaksikan secara langsung oleh Gubernur Provinsi Sultra, H Ali Mazi SH.
Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra, yang juga selaku Pembina Yayasan ITK Buton, Drs Asrun Lio MHum PhD, Minggu (30/1), di Kendari.

“Ini merupakan salah satu hasil pertemuan Gubernur Sultra, H Ali Mazi SH bersama Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) RI, Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan MPA di Kantor Kemenko Marves RI beberapa waktu lalu di Jakarta, dimana ITK Buton menjadi salah satu program strategis yang diusulkan Pemerintah Provinsi Sultra,” ucap Lulusan S3 The Australian National University Canberra ini.

Kadikbud Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD bersama tim, saat mendampingi pihak dari Kemenko Marves RI dan LLDIKTI Wilayah IX terkait persiapan pembentukan Institut Teknologi Kelautan Buton.

Akademisi asal Moronene Bombana ini melanjutkan, ITK Buton menjadi salah satu program strategis karena berkaitan dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal. Olehnya pemerintah pusat memberikan perhatian serius terhadap upaya pendirian perguruan tinggi dimaksud, diantaranya dengan hadirnya tim dari Kemenko Marves RI dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX di Sultra, serta pihak Pemprov Sultra bersama pihak yayasan yang terus sigap memberikan kelengkapan maupun perbaikan dokumen.

Orang nomor satu di jajaran Dikbud Sultra ini menjelaskan, keberadaan ITK Buton ini nantinya dalam rangka mendukung pengembangan kawasan perikanan dan kelautan di Buton, sehingga dalam pendirian perguruan tinggi, tidak menemukan kendala cukup berarti.

“Ini merupakan salah satu komitmen Pemprov Sultra dibawah kepemimpinan H Ali Mazi SH dan Wakilnya Dr H Lukman Abunawas SH MH MSi dalam meningkatkan pendidikan dan kualitas SDM di Sultra. Dan ini mendapatkan respon luar biasa dari Menko Marves RI, Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan MPA, termasuk Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi khususnya melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tingginya, karena dinilai mampu membentuk SDM unggul dalam pemanfaatan kekayaan alam Sultra,” tambah Mantan Kepala Pusat Studi Eropa UHO ini. (Ikl)

Artikel ini telah dibaca 14 kali

Baca Lainnya

BPS Mulai Lakukan SP2020 Lanjutan

17 Mei 2022 - 14:56 WITA

2022, Tujuh Daerah di Sultra Akan Dipimpin Pejabat Sementara

16 Mei 2022 - 17:35 WITA

Pj Sekda Pemprov Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD

Seleksi Sekda Kota Kendari Dimulai, Tujuh Kandidat Siap Tarung

16 Mei 2022 - 17:30 WITA

Sampaikan Visi dan Misi, Erman Siap Melayani Masyarakat Demi Terwujudnya Desa Yang Maju

14 Mei 2022 - 20:20 WITA

Permudah Akses Nomor Induk Kependudukan, Dikbud dan Disdukcapil Sultra Jalin Kerjasama

13 Mei 2022 - 15:53 WITA

Gubernur Sulsel Puji Komitmen dan Kontribusi PT Vale

13 Mei 2022 - 13:27 WITA

Trending di Berita Utama
error: Content is protected !!