Menu

Mode Gelap

Berita Utama · 23 Nov 2023 17:32

KKP Resmikan Unit Produksi Rumput Laut di Wakatobi


 KKP Resmikan Unit Produksi Rumput Laut di Wakatobi Perbesar

SULTRAKITA.COM, WAKATOBI — Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meresmikan Unit Produksi Modelling Budidaya Rumput Laut di Desa Numana, Kecamatan Wangi-Wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi, Kamis (23/11).

Peresmian Modelling tersebut untuk menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi mengenai hilirisasi sektor kelautan dan perikanan.

Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono menyampaikan, potensi hilirisasi terhadap nilai tambah ekspor rumput laut semakin meningkat jika hilirisasi dilakukan.

“Selama ini mungkin komposisi yang diekspor itu 80% dalam bentuk kering, sedangkan 20% dalam bentuk olahan (hilirisasi), ini kalau kita tingkatkan pengolahannya di dalam, maka nilai itu lebih jauh tinggi,” jelas Wahyu.

Ia berharap agar masyarakat Wakatobi, khususnya petani rumput laut dapat menjadi komponen produksi yang kuat, kemudian mendapat hasil panen yang bermutu hingga masuk ke bahan baku industri seperti farmasi, bahan baku makanan, dan lainnya.

“Sistimnya sudah bagus, namun kita harus meletakkan posisi masyarakat sebagai satu alat yang kuat, harus dihitung harga pokok produksi yang tepat. Karena harga jualnya selalu menghancurkan harga pokok. Ini harus diperbaiki dan terus diawasi agar petani rumput laut lebih sejahtera,” tegasnya. (AN)

Baca juga :   Porprov Sultra Sukses Digelar
Artikel ini telah dibaca 63 kali

Baca Lainnya

Pj Bupati Bone Serahkan Bantuan Mesin IKM Kepada Pelaku Industri

25 Juni 2024 - 12:56

Bupati Koltim Kukuhkan Perpanjangan Masa Jabatan Kades dan Anggota BPD

24 Juni 2024 - 15:48

PT Vale Serahkan Bantuan Alkes dan Paket Makanan Sehat untuk Puskesmas di Area Pemberdayaan

24 Juni 2024 - 11:02

Bupati Koltim Ajak Masyarakat Ciptakan Pilkada Damai

22 Juni 2024 - 21:35

Masyarakat Apresiasi Komitmen Keberlanjutan PT Vale

22 Juni 2024 - 11:43

PT Vale Rehabilitasi 200 Hektar Lahan Daerah Aliran Sungai Nusa Penida

22 Juni 2024 - 11:38

Trending di Berita Utama