Menu

Mode Gelap

Berita Utama · 1 Jun 2023 10:03

Konsisten Jaga Pertumbuhan dan Keberlanjutan, PT Vale Dianugerahi sebagai Korporasi Mineral dan Logam Terbaik di Ajang BIA 2023


 Head of Communications Vale Indonesia Bayu Aji mewakili PT Vale Indonesia, menerima penghargaan pada ajang Bisnis Indonesia Award (BIA) 2023. Perbesar

Head of Communications Vale Indonesia Bayu Aji mewakili PT Vale Indonesia, menerima penghargaan pada ajang Bisnis Indonesia Award (BIA) 2023.

SULTRAKITA.COM, Jakarta – PT Vale Indonesia Tbk, sebuah perusahaan pertambangan yang berbasis di Sulawesi Selatan, meraih penghargaan sebagai korporasi terbaik di sektor logam dan mineral pada acara Bisnis Indonesia Award (BIA) 2023. Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan terhadap konsistensi perusahaan dalam menjaga kinerja yang baik serta praktik keberlanjutan dalam aktivitas operasionalnya. Bayu Aji, Head of Communication PT Vale menerima penghargaan ini dalam sebuah seremoni yang diadakan di Hotel JW Marriott, Jakarta, pada Rabu (31/5/2023).

Baca juga :   Gubernur Sultra Terkesan Dengan Praktik Pertambangan PT Vale

Bayu Aji menyatakan bahwa penghargaan BIA 2023 merupakan indikator kuat bahwa perseroan selalu mengutamakan praktik bisnis berkelanjutan sambil menjaga kinerja bisnis sejalan dengan pertambangan berbasis ESG. Ia mengucapkan terima kasih kepada Bisnis Indonesia Group atas apresiasi ini, dan berharap penghargaan tersebut akan memberikan motivasi tambahan bagi perusahaan untuk lebih berkontribusi secara ekonomi dan sosial yang berkelanjutan bagi Indonesia.

Head of Communications PT Vale Indonesia Bayu Aji

Head of Communications Vale Indonesia Bayu Aji mewakili PT Vale Indonesia, memamerkan penghargaan yang diterima pada ajang Bisnis Indonesia Award (BIA) 2023.

BIA 2023 merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Bisnis Indonesia Group dan sudah memasuki tahun ke-21 sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun 2002. Tema tahun ini adalah “Bertumbuh di Era Baru,” yang bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada dunia usaha yang berhasil menjaga pertumbuhan positif selama tiga tahun terakhir dengan tetap aktif mencari peluang untuk meningkatkan kinerja perusahaan mereka selama pandemi Covid-19 dan siap menghadapi era baru pasca-pandemi.

Prof. Wimboh Santoso, Ketua Dewan Juri dan mantan Ketua Dewan Komisioner OJK periode 2017-2022, menambahkan bahwa dewan juri telah memasukkan kriteria baru dalam penilaian BIA 2023, yaitu penerapan aspek keberlanjutan yang meliputi lingkungan, sosial, dan tata kelola di perusahaan.

Sementara itu, Hariyadi Sukamdani, Presiden Komisaris Bisnis Indonesia Group, menyampaikan bahwa semua perusahaan dalam setiap kategori harus memenuhi kriteria screening awal dengan berbagai seleksi yang dilakukan oleh Bisnis Indonesia Resources Center (BIRC).

BIA 2023 mengusung tema “Bertumbuh di Era Baru”. Hariyadi Sukamdani menyatakan, “Tema ini dipilih untuk memberikan apresiasi kepada dunia usaha yang mampu menjaga pertumbuhan positif selama tiga tahun.”

Penghargaan yang diberikan kepada PT Vale tidak hanya didasarkan pada penerapan prinsip keberlanjutan, tetapi juga melibatkan aspek kuantitatif seperti kinerja keuangan, serta aspek kualitatif yang mencakup persyaratan minimal tiga tahun terdaftar di bursa, inovasi, pelaporan keberlanjutan, manajemen risiko, dan kondisi perusahaan di masing-masing industri.

Dalam hal kinerja keuangan, pencapaian PT Vale tidak lepas dari performa yang baik pada tahun ini. Pada kuartal I/2023, perusahaan ini mencatat pendapatan sebesar US$363,18 juta atau setara dengan Rp5,4 triliun, mengalami peningkatan sebesar 54,49% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai US$235,08 juta. Selain itu, laba bersih perusahaan juga mengalami kenaikan sebesar 45,09% dibandingkan dengan kuartal I/2022 yang sebesar US$67,64 juta.

Prestasi yang diraih PT Vale pada kuartal pertama tahun 2023 melanjutkan kinerja yang apik sepanjang tahun 2022, di mana perusahaan mencatat pendapatan sebesar US$1,17 miliar, naik sebesar 23,74% dibandingkan dengan tahun 2021. Pada tahun 2022, PT Vale mengalokasikan sekitar US$218,8 juta untuk belanja modal, mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun 2021 yang sebesar US$180,7 juta. Sebagian besar dana tersebut dialokasikan untuk proyek pengembangan serta belanja yang terkait dengan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG).

Keberhasilan PT Vale dalam mencapai pertumbuhan yang signifikan tersebut menggarisbawahi komitmen perusahaan dalam menjaga kinerja finansial yang kuat sejalan dengan praktik keberlanjutan. PT Vale tidak hanya fokus pada aspek keuangan, tetapi juga memperhatikan aspek sosial dan lingkungan dalam operasionalnya. Hal ini mencerminkan dedikasi perusahaan dalam berkontribusi secara positif terhadap masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Dengan meraih penghargaan sebagai korporasi terbaik sektor logam dan mineral pada BIA 2023, PT Vale Indonesia Tbk telah membuktikan bahwa konsistensi dalam menjaga pertumbuhan dan menerapkan praktik keberlanjutan dapat menghasilkan hasil yang menguntungkan. Penghargaan ini tidak hanya menjadi sebuah pengakuan bagi PT Vale, tetapi juga mendorong perusahaan untuk terus berinovasi dan memberikan kontribusi yang lebih besar dalam pembangunan ekonomi dan sosial Indonesia yang berkelanjutan. (*)

Artikel ini telah dibaca 125 kali

Baca Lainnya

Halalbihalal bersama Wartawan, PT Vale Tegaskan Komitmen Penerapan Pertambangan Berkelanjutan

29 Mei 2024 - 16:28

Bupati Koltim Ingatkan Perencana di OPD Susun Anggaran Tepat Sasaran

29 Mei 2024 - 15:10

FKIP USN Kolaka Gelar Edufest – Lomba Kreativitas Mahasiswa 2024

28 Mei 2024 - 19:26

Maskot Pilkada Bone La Garuda’E; Lahirkan Pemimpin Berjiwa Kesatria.

27 Mei 2024 - 00:16

Resmi Digelar, 1755 Atlit Siap Berlaga di Porkab Bone

25 Mei 2024 - 18:53

LPPM USN Kolaka Gelar Pelatihan Pengelolaan Jurnal

24 Mei 2024 - 17:18

Trending di Berita Utama