Menu

Mode Gelap

Berita Utama · 24 Mei 2024 17:18

LPPM USN Kolaka Gelar Pelatihan Pengelolaan Jurnal


 Wakil Rektor Bidang Akademik USN Kolaka, Ir. Rina Rembah, S.T., M.T., CPHCM saat membawakan sambutan dan membuka kegiatan Perbesar

Wakil Rektor Bidang Akademik USN Kolaka, Ir. Rina Rembah, S.T., M.T., CPHCM saat membawakan sambutan dan membuka kegiatan

SULTRAKITA.COM, KOLAKA – Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menyelenggarakan pelatihan pengelolaan jurnal selama dua hari pada Jumat dan Sabtu, 24-25 Mei 2024. Kegiatan ini diikuti oleh 54 peserta yang berasal dari 27 program studi lingkup USN Kolaka.

Wakil Rektor Bidang Akademik USN Kolaka, Ir. Rina Rembah, S.T., M.T., CPHCM menyampaikan sambutannya dengan penuh semangat. Ia menjelaskan, bahwa pelatihan pengelolaan jurnal ini merupakan program baru yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) USN Kolaka. “Ini adalah aksi nyata dari LPPM,” katanya.

Peserta saat mengikuti pelatihan

Rina Rembah menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai upaya berbagi output dari pelatihan. “Kegiatan hari ini adalah berbagi output. Outputnya adalah jurnal prodi yang terbit. Jika tidak terbit, LPPM akan terus mengejarnya,” tegasnya.

Ia juga menekankan bahwa kesempatan ini harus dimanfaatkan dengan baik. “Kita sudah difasilitasi, kalau tidak ada hasil maka ini sangat disayangkan,” tambahnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik ini meminta semangat dalam mengelola jurnal tidak pernah padam. Ia berharap kegiatan ini bernilai ibadah dan meminta peserta untuk memperbaiki niat. “Perbaiki dulu niatnya, bahwa jurnal ini akan menjadi amal jariyah karena kita sebarkan ilmu pengetahuan,” ujarnya.

Baca juga :   Nur Ihsan Resmi Rektor Jabat USN Kolaka

Sementara itu, Ketua panitia sekaligus Kepala Pusat Penelitian, LPPM, Isra Djabbar, S.Sos., M.Si menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendorong pengelolaan lembaga jurnal USN Kolaka yang profesional. Panitia berharap para peserta mengikuti pelatihan ini dengan serius agar hasil yang diharapkan dapat tercapai. “Kami sangat berharap pengelolaan jurnal di USN Kolaka dapat menjadi lebih baik,” ujarnya.

Selain itu, jurnal yang sudah ada akan mendapatkan perlakuan khusus, dengan harapan semua jurnal di lingkup USN Kolaka dapat berada dalam satu manajemen yang terintegrasi.

Prof. Ir. Andi Dirpan, STP.,M.Si.,Ph.D dari Universitas Hasanuddin selaku narasumber juga menekankan pentingnya konsistensi dalam menjalankan program ini. “Hijrah itu mudah, istiqomah yang sulit. Ini adalah momen yang tidak boleh kita sia-siakan.”

Prof. Dirpan juga memberikan apresiasi kepada pimpinan USN Kolaka yang telah menginisiasi kegiatan ini. “Sebetulnya sudah ada rencana sejak dulu, namun saya minta dilengkapi dulu infrastrukturnya agar kegiatan kita ada hasil,” tambahnya.

Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk menghasilkan jurnal yang siap didaftarkan ISSN dan dalam dua tahun dapat diakreditasi melalui ARJUNA untuk mendapatkan predikat terakreditasi SINTA. “Penilaian SINTA adalah bagaimana jurnal dikelola dengan baik,” ujarnya.

Baca juga :   PT Ceria Komitmen Tunaikan Program PPM

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan kualitas pengelolaan jurnal di USN Kolaka semakin meningkat dan mampu mencapai standar akreditasi yang diharapkan. Semangat dan komitmen yang tinggi dari seluruh peserta dan pihak terkait diharapkan mampu membawa perubahan positif bagi pengembangan jurnal ilmiah di USN Kolaka. (Rls)

 

Artikel ini telah dibaca 23 kali

Baca Lainnya

USN Kolaka Raih Peringkat Pertama dalam Visitasi Program PKKPT

21 Juni 2024 - 13:10

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT Vale Ajak Ibu PKK se-Loeha Raya Belajar Daur Ulang Sampah Plastik

21 Juni 2024 - 09:45

Pengurus PMI Kolaka Masa Bakti 2023-2024 Dilantik

20 Juni 2024 - 22:27

Sukseskan Coklit, KPU Bone Bakal Lantik 2264 Pantarlih

20 Juni 2024 - 20:08

PT Vale Kembali Fasilitasi Uji Kompetensi Wartawan, Dewan Pers Sampaikan Apresiasi

20 Juni 2024 - 18:01

Pasca Idul Adha, Pemkab Koltim Gelar Apel Gabungan

19 Juni 2024 - 22:02

Trending di Berita Utama