Menu

Mode Gelap

Terbaru · 3 Jun 2020 15:42

Mendes PDTT Tegaskan Penyaluran BLT DD Transparan dan Diawasi


 Mendes PDTT Tegaskan Penyaluran BLT DD Transparan dan Diawasi Perbesar

SULTRAKITA.COM, JAKARTA – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Halim Iskandar menegaskan, penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) sudah transparan dan diawasi langsung oleh Warga.

Menteri Halim sebagaimana dikutip dari situs resmi Kemendes PDTT, Rabu (03/06) menjelaskan, mekanisme penentuan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT DD, dilakukan secara berjenjang dengan melibatkan banyak unsur, dimulai dari pendataan di tingkat Rukun Tetangga (RT) atau Dusun.

Pendataan dilakukan sebanyak tiga kali oleh Relawan Desa Lawan Covid-19, kemudian dibawa ke tingkat Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) untuk menentukan KPM penerima BLT DD.

Selanjutnya hasil Musdesus diserahkan ke tingkat Kabupaten/Kota untuk dilakukan sinkronisasi data. Ini dilakukan agar tidak terjadi tumpang tindih data penerima BLT DD dengan Jaring Pengaman Sosial (JPS) lainnya.

“ Segenap proses BLT Dana Desa berprinsip dari desa, oleh desa, untuk desa jadi warga desa juga bisa turut mengawasi, ” jelas Menteri Halim Iskandar.

Untuk diketahui BLD DD diberikan pemerintah sebagai upaya menjaga daya beli masyarakat miskin ditingkat desa yang selama Pandemi Covid-19.

Baca juga :   Musda III Hanura Bakal Dihelat di Wakatobi

BLT DD dianggarkan melalui APBDesa maksimal 35 Persen dari Dana Desa atau lebih. Besaran BLT adalah Rp600.000 per bulan per KPM dan diberikan selama 3 bulan, yaitu April, Mei dan Juni 2020. (Man)

 

Artikel ini telah dibaca 7 kali

Baca Lainnya

Tim Penilai PKK Koltim Lakukan Penilaian di Desa Lalosingi

14 Juni 2024 - 22:27

Pemkab Koltim Fokus Tingkatan Kinerja dan Reformasi Birokrasi

4 Juni 2024 - 20:21

PT Vale Serahkan Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Banjir Bandang dan Longsor di Luwu

7 Mei 2024 - 12:17

Peringati Hari Ibu, Sekda Sultra Ajak Semua Pihak Hargai Perjuangan Perempuan

23 Desember 2023 - 07:51

Kelola Sampah secara Terpadu, Antam Gagas Program Momahe

11 Desember 2023 - 17:31

sultrakita.com, Pengelolaan Sampah Antam

Serikat Pekerja PT Antam UBPN Kolaka Bantu Rakyat Palestina

8 Desember 2023 - 17:17

Trending di Terbaru