Menu

Mode Gelap

Berita Utama · 25 Sep 2023 10:57

Momen Puncak Hantaru Ke 63, Pj Gubernur Sulsel Jadi Irup


 Momen Puncak Hantaru Ke 63, Pj Gubernur Sulsel Jadi Irup Perbesar

SULTRAKITA.COM, WATAMPONE — Momen Puncak memperingati Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional (Hantaru) ke 63, Tahun 2023, dilaksanakan di Kabupaten Bone, oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Wilayah (Kanwil) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Sebanyak 1500 peserta perwakilan Kanwil BPN Sulsel dan BPN Kabupaten/ Kota di Sulsel, mengikuti Upacara Peringatan Hantaru ke 63, di Lapangan Merdeka, Jalan Petta Ponggawae Watampone, Senin (25/9).

Adapun tema yang diusung dalam memperingati Hantaru Ke 63 Tahun 2023, yaitu; ‘Kinerja dan Kolaborasi untuk Indonesia Maju.’

Pada Upacara memperingati Hantaru Ke 63 ini, dilaksanakan pula pemberian penghargaan Satya Lencana kepada para pegawai BPN atas pengabdiaanya, juga pemberian secara simbolis Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) kepada Kepala Daerah di Sulsel, serta penerbitan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) secara simbolis untuk 30.337 sertifikat.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel Bahtiar Baharudin, membacakan sambutan Menteri Pertanahan RI Hadi Tjahjanto, tentang beberapa point penting pendaftaran tanah di Indonesia.

Baca juga :   Sultra Siap Jadi Tuan Rumah Penyelenggara Pekan Tilawatil Quran 2023

“Sebanyak 101,7 Juta bidang tanah yang ada di Indonesia telah didaftarkan dari target 126 juta tanah, dan diharapkan di tahun 2025 mendatang, seluruh tanah di Indonesia sudah terdaftar pembebasan BPHTB,” kata Menteri Hadi Tjahjanto, sebagaimana dibacakan oleh Gubernur Sulsel Bahtiar Baharudin.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPN Sulsel Tri Wibisono, saat diwawancarai menyampaikan upaya memberantas mafia tanah sebagai salah satu bentuk keseriusan dalam menangani permasalahan tanah.

“Mengenai pembebasan mafia tanah salah satunya sebagaimana yang disebutkan menteri pertanian dalam sambutannya, kita dengan 4 pilar, dengan pemerintah daerah, pihak APH, Instansi terkait, kita merapatkan diri dan salah satunya kegiatan pendaftaran tanah sistematis lengkap diseluruh Indonesia begitu pula di Sulsel,” terangnya.

Tri Wibisono menambahkan, semua sinergitas adalah kolaborasi dan perwujudan dan Implementasi tema Hantaru Ke 63, Tahun 2023.

“Bapak Gubernur dan Bapak Bupati, ini merupakan salah satu cara kita mengimplementasikan tema sebagaimana yang sudah disampaikan, kinerja dan kolaborasi untuk Indonesia maju, kita harapkan sinergi ini, kolaborasi ini, bisa memberikan kontribusi terhadap kemajuan di Sulawesi Selatan,” tuturnya.

Baca juga :   Tindakan Berbagi Gubernur di HUT Butur, Pakar Budaya : Itu Memang Tradisi Asli Sultra

Sementara itu Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi mengapresiasi langkah Kanwil BPN Sulsel, memilih Kabupaten Bone sebagai tempat pelaksanaan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hantaru Ke 63, Tahun 2023.

“Alhamdulillah kami Pemerintah Daerah Kabupaten Bone dan Masyarakat berterima kasih dengan ditempatkannya Hari Ulang tahun Undang-undang pokok Agraria ke 63 di kabupaten Bone,” ucapnya.

Momen Puncak Hantaru Ke 63 ini, diakhiri dengan pemberian Cenderamata berupa Plakat kepada Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin dan Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi oleh Kepala Kantor Wilayah BPN Sulsel, Tri Wibisono. (WRD)

Artikel ini telah dibaca 40 kali

Baca Lainnya

Pj Bupati Bone Serahkan Bantuan Mesin IKM Kepada Pelaku Industri

25 Juni 2024 - 12:56

Antrian Beras Dominasi Pasar Murah Dinas Ketapang Bone

25 Juni 2024 - 10:26

Bupati Koltim Kukuhkan Perpanjangan Masa Jabatan Kades dan Anggota BPD

24 Juni 2024 - 15:48

PT Vale Serahkan Bantuan Alkes dan Paket Makanan Sehat untuk Puskesmas di Area Pemberdayaan

24 Juni 2024 - 11:02

Bupati Koltim Ajak Masyarakat Ciptakan Pilkada Damai

22 Juni 2024 - 21:35

Masyarakat Apresiasi Komitmen Keberlanjutan PT Vale

22 Juni 2024 - 11:43

Trending di Berita Utama