Menu

Mode Gelap

Berita Utama · 19 Jun 2022 14:05 WITA

Pemprov Sultra-Sampoerna University- The University of Arizona Global Resmikan Kerjasama Melalui Penandatanganan MoU


 Pemprov Sultra-Sampoerna University- The University of Arizona Global Resmikan Kerjasama Melalui Penandatanganan MoU Perbesar

SULTRAKITA.COM, USA – Dalam rangka menyamakan persepsi dan pengertian akan kerjasama di bidang peningkatan kualitas pendidikan siswa yang berasal dari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), maka ketiga belah pihak yakni Pemprov Sultra, Sampoerna University, dan The University of Arizona Global  sepakat melakukan penandatanganan MoU.

Pj Sekda Pemprov Sultra, yang juga sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD mengatakan, yang menjadi obyek kesepakatan dalam kerjasama ini adalah, terkait penyelenggaraan maupun pelaksanaan Program Pengiriman siswa Universitas Sampoerna, yang berasal dari Provinsi Sulawesi Tenggara untuk Program Summer 2022.

“Aktivitas utama para mahasiswa ini nantinya yakni mengikuti perkuliahan selama 10 minggu di University of Arizona, serta aktivitas lainnya dalam rangka mengenal budaya maupun alam di Arizona. Program ini diyakini mampu memperkaya life skill atau keterampilan hidup maupun pengalaman belajar mahasiswa di negara asing. Mahasiswa kita juga bisa mengasah secara langsung keterampilan dasar ini, yang kelak mendampingi ilmu pengetahuan yang mereka dapatkan di universitas, sehingga diharapkan meraih kesuksesan di masa mendatang. Adapun jumlah siswanya yakni sebanyak delapan mahasiswa terbaik asal Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang berhasil lolos mengikuti program beasiswa sampoerna pada Tahun 2019 dan 2020, dan kini dinyatakan layak mengikuti program summer semester di The University of Arizona Amerika Serikat,” tutur Akademisi asal Moronene Bombana ini.

Kiri ke kanan, The President Sampoerna University, Dr Marshall Schott, Dean The University of Arizona Global, Dr John Paul Jones, Pj Sekda Pemprov Sultra yang juga selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD yang didampingi Kepala BPKAD Provinsi Sultra, Drs Basiran M.Si saat melakukan penandatangan MoU antara Sampoerna University, The University of Arizona Global, dan Pemprov Sultra, di Amerika Serikat, kemarin.

Lulusan S3 The Australian National University Canberra ini menerangkan, adapun ruang lingkup kesepakatan bersama tersebut, pertama terkait pengembangan kerjasama dalam hal meningkatkan kualitas pendidikan siswa dari Provinsi Sultra. Kedua, menyamakan presepsi serta pengertian akan kerjasama di bidang peningkatan kualitas pendidikan, kualitas akademis, serta pengetahuan di bidang budaya dan bahasa.

“Selain itu, masing-masing pihak telah bersepakat bahwa pengaturan pelaksanaan serta dukungan pembiayaan,  akan diatur serta dituangkan secara tertulis dalam bentuk perjanjian kerjasama tersendiri. Dalam pelaksanaan kesepakatan bersama ini juga akan ditindaklanjuti dengan Perjanjian Kerja Sama Sesuai dengan Ketentuan Perundang-undangan yang berlaku,” tutur Mantan Kepala Pusat Studi Eropa UHO ini.

Setelah menyerahkan kain khas buton, topi daerah kampurui, dan miniatur tugu persatuan MTQ Provinsi Sultra, Pj Sekda Provinsi Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD juga menyerahkan dua buku yang masing-masing berjudul “Sang Arsitek Sultra Raya” dan “Sultra Dalam Pikiran Ali Mazi” kepada The President Sampoerna University, Dr Marshall Schott, untuk menjadi koleksi bacaan di Perpustakaan The Universty of Arizona Global, di Amerika Serikat, kemarin.

Mantan Kepala Sekretariat Rektor UHO ini melanjutkan, terkait kerjasama tersebut para pihak juga akan melakukan evaluasi kesepakatan, tepatnya enam bulan sebelum jangka waktu berakhir, yakni  berupa penilaian atas kelangsungan atau pengakhiran kerjasama, berdasarkan kesepakatan bersama para pihak.

 

“Jadi pengiriman siswa Universitas Sampoerna yang berasal dari Provinsi Sulawesi Tenggara Program Summer 2022 di The University of Arizona, Amerika Serikat ini bertujuan untuk bagaimana meningkatkan Kualitas Akademis Siswa, serta Peningkatan Pengetahuan di Bidang Budaya dan Bahasa,” ucap Mantan Sekretaris Dewan Kehormatan Kode Etik UHO ini.

Foto bersama usai campus tour. Nampak pada gambar Head of Goverment Relation of Putera Sampoerna Foundation, Mutmainna Syahril, Kepala BPKAD Provinsi Sultra, Drs Basiran MSi, The President Sampoerna University, Dr Marshall Schott, Pj Sekda Pemprov Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD, Kepala Bidang Perencanaan Dikbud Sultra, Suhaeni, para mahasiswa, dan sejumlah pihak terkait lainnya.

Sementara itu, Kepala BPKAD Provinsi Sultra, Drs Basiran MSi mengatakan, Pemprov Sultra menyambut baik kegiatan tersebut karena dianggap mampu meningkatkan SDM lokal Sultra melalui bidang pendidikan. Olehnya itu, pihaknya secara langsung melakukan vitasi terhadap program summer di Universitas Arizona.

“Paskacampus tour di The Arizona University, Tucson, Pemprov Sultra mengajak seluruh mahasiswa asal Sultra yang mengikuti Summer Program ini untuk dinner bersama, guna melakukan diskusi terkait masalah-masalah apa saja yang mereka temui selama mengikuti program summer di Arizona University. Hal ini penting diketahui, sebab Pemerintah provinsi turut melakukan pembiayaan dengan model 1 : 1 baik antara Pemprov Sultra maupun pihak Sampoerna,” tuturnya.

Kepala BPKAD Provinsi Sultra, Drs Basiran MSi yang diikuti Pj Sekda Pemprov Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD saat memfasilitasi dinner bersama mahasiswa asal Provinsi Sultra yang mengikuti Summer Program ke Amerika Serikat, guna mengetahui kendala dihadapi para mahasiswa selama menjalani program summer di Arizona Universty.

Dia menambahkan, melalui kerjasama tersebut menunjukan bahwa para pihak melakukan kerjasama yang saling menguntungkan, khususnya dalam menyediakan sumber daya sesuai dengan fungsi, kewenangan maupun kompetensi masing-masing.

Di tempat yang sama, Head of Goverment Relation of Putera Sampoerna Foundation, Mutmainna Syahril menerangkan, Universitas Sampoerna suatu perguruan tinggi swasta yang didirikan dan tunduk berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia, yang berkedudukan di Indonesia dan beralamat di Jalan Raya Pasar Minggu Kav. 16, L’ Avenue, Jakarta Selatan, yang dalam hal ini diwakili oleh Dr. Marshall Schott dalam kapasitasnya selaku Presiden Universitas. Sedangkan The University of Arizona Global, suatu perguruan tinggi yang berkedudukan di Amerika Serikat, yang dalam hal ini diwakili oleh Dr. John Paul Jones, dalam kapasitasnya selaku Dekan.

“Universitas Sampoerna adalah suatu institusi pendidikan tinggi swasta yang berlokasi di Jakarta, Indonesia dan memperoleh ijin dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Sebagai satu-satunya universitas di Indonesia dengan gaya Amerika, Universitas Sampoerna menawarkan program akademik kelas dunia yang di desain untuk memenuhi kebutuhan dan standar nasional dan internasional. Adapun The University of Arizona Global (UA) siap mendorong usaha The University of Arizona, untuk mendukung kerjasama internasional serta bertujuan membuat The University of Arizona sebagai pemimpin dalam memberikan pengalaman pendidikan luar negeri dan Global bagi para siswa,” tutur wanita cantik ini.

Untuk diketahui, dalam kegiatan penandatanganan MoU tersebut, Pj Sekda Pemprov Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD yang didampingi Kepala BPKAD Provinsi Sultra, Drs Basiran MSi menyerahkan kain khas buton, topi daerah kampurui, miniatur tugu persatuan MTQ Provinsi Sultra, dua buku yang masing-masing berjudul “Sang Arsitek Sultra Raya” dan “Sultra Dalam Pikiran Ali Mazi” termasuk profil ITK Buton kepada The President Sampoerna University, Dr Marshall Schott, untuk menjadi koleksi bacaan di Perpustakaan The Universty of Arizona Global, di Amerika Serikat.

Kesempatan itu juga, masing-masing pihak siap membantu pengembangan Sumber Daya Manusia ITK Buton, dalam rangka penyiapan SDM unggul bidang kelautan guna peningkatan pengolaan Sumber Daya Kelautan Provinsi Sultra.

Setelah itu dilanjutkan dengan campus tour dan dinner bersama antara Pemprov Sultra dan mahasiswa asal Provinsi Sultra yang mengikuti Summer Program ke Amerika Serikat. (Rls)

Artikel ini telah dibaca 9 kali

Baca Lainnya

Jambore PKK Tingkat Kota Kendari Menyatukan Seluruh Pengurus

28 Juni 2022 - 22:25 WITA

Pesparawi Nasional XIII 2022, Sultra Raih Champion Solo Usia 7-9 Tahun

27 Juni 2022 - 14:58 WITA

Pemkot dan BNN Kota Kendari Peringati HANI 2022, Sulkarnain Harapkan Masyarakat Terhindar Narkoba

27 Juni 2022 - 14:31 WITA

Sidang Senat Tetapkan Tiga Nama Calon Rektor USN

24 Juni 2022 - 17:31 WITA

Tiga calon rektor yang ditetapkan Senat USN, (dari kiri) Prof. Ruslin Hadanu, Dr. Nur Ihsan dan Dr. Jabal Nur

SIdang Senat Terbuka USN Resmi Digelar

24 Juni 2022 - 10:37 WITA

Walikota Kendari : Pinjaman PEN Digunakan Sesuai Peruntukan Dan dapat Pendampingan BPKP Sultra

23 Juni 2022 - 13:10 WITA

Trending di Berita Utama
error: Content is protected !!