Menu

Mode Gelap

Berita Utama · 12 Sep 2023 17:59

Permudah Pelayanan, Pemprov Sultra Bakal Terapkan SPBE


 Permudah Pelayanan, Pemprov Sultra Bakal Terapkan SPBE Perbesar

SULTRAKITA.COM, KENDARI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Rencananya, Pemprov Sultra bakal menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra Asrun Lio mengatakan, Pj Gubernur Sultra telah berkomitmen untuk melakukan percepatan-percepatan di seluruh sektor. Oleh karena itu para OPD diminta membuat daftar infanterisir masalah di dinasn
masing-masing.

“Jadi beliau (Pj Gubernur, red) ingin membawa satu sistem yang baik dalam pemerintahan khususnya dalam mempermudah pelayanan. Oleh karena itu, beliau mengarahkan agar semua OPD melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya melalui suatu sistem pemerintahan berbasis elektronik itu,” ujarnya.

Jenderal ASN Sultra ini menuturkan, dengan SPBE tersebut pihaknya bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat dimana saja.

“Karena semua by sistem, semua digital. Nanti itu kalau kita sudah terapkan SPBE secara menyeluruh itu, kita bekerjanya biar dimana saja. Kita bisa mendesposisi surat dimana saja kita berada dan bisa tandatangan surat,” jelasnya.

Ia menjelaskan, karena latar belakang PJ Gubernur dari Sekjen Kemenkumham maka sistem-sistem pemerintahan berbasis elektronik yang baik akan diadaptasi di Pemprov Sultra.

Baca juga :   Pastikan Siswa Kurang Mampu Prioritas KIP Kuliah, USN dan Sekolah Teken MoU

“Dan aplikasi ini diberikan secara gratis ke kita. Dan para OPD telah melakukan rapat, kita membagi isu-isu bagaimana mengatasi permasalahan dilingkungan OPD itu,” ungkapnya.

Asrun menuturkan, dalam waktu dekat pihaknya akan mendorong sistem pemerintahan berbasis elektronik tersebut. Bahkan beberapa pejabat Kemenkumham dari pusat data nantinya akan bekerja dengan Dinas Kominfo.

“Bagaimana agar ini bisa berjalan. Dan di provinsi lain sudah ada yang terapkan ini sistem pemerintahan berbasis elektronik. Dan di Sultra ini baru,” pungkasnya. (Pry)

Artikel ini telah dibaca 13 kali

Baca Lainnya

Pj Bupati Bone Serahkan Bantuan Mesin IKM Kepada Pelaku Industri

25 Juni 2024 - 12:56

Bupati Koltim Kukuhkan Perpanjangan Masa Jabatan Kades dan Anggota BPD

24 Juni 2024 - 15:48

PT Vale Serahkan Bantuan Alkes dan Paket Makanan Sehat untuk Puskesmas di Area Pemberdayaan

24 Juni 2024 - 11:02

Survei ASR dan Polling BS Unggul untuk Pilgub Sultra

23 Juni 2024 - 19:33

Bupati Koltim Ajak Masyarakat Ciptakan Pilkada Damai

22 Juni 2024 - 21:35

Masyarakat Apresiasi Komitmen Keberlanjutan PT Vale

22 Juni 2024 - 11:43

Trending di Berita Utama