Menu

Mode Gelap

Berita Utama · 14 Mei 2022 20:20 WITA

Sampaikan Visi dan Misi, Erman Siap Melayani Masyarakat Demi Terwujudnya Desa Yang Maju


 Sampaikan Visi dan Misi, Erman Siap Melayani Masyarakat Demi Terwujudnya Desa Yang Maju Perbesar

SULTRAKITA.COM, Andoolo – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) kini memasuki tahapan penyampaian visi dan misi. Seperti yang dilaksanakan di Desa Tetenggabo.

Panitia Pilkades Kecamatan Sabulakoa Kabupaten Konawe Selatan sudah sampai pada tahapan penyampaian VIsi dan Misi calon Kepala Desa di balai Desa Tetenggabo, Jumat 13 Mei 2022 pada pukul 14.00 Wita.

Penyampaian Visi dan Misi calon kepala desa ini di hadiri oleh Panitia Pilkades Desa Tetenggabo, Kepala Desa Tetenggabo, BPD, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, Tokoh pendidikan, PKK, Karang Taruna, LPMD, KPMD, Linmas, dan tentu saja ketiga Calon Kades beserta para pendukungnya.

Giat tersebut dibuka dengan sambutan Ketua Panitia Pilkades, Sambutan Ketua BPD, dan sambutan oleh Kepala Desa Tetenggabo.

Visi Misi Calon Kepala Desa merupakan sebuah komitmen yang akan dilaksanakan ketika menjadi Kepala Desa.

Penyampaian Visi Misi ini adalah rentetan tahapan yang harus dilalui sehingga masyarakat mengetahui pokok program kerja dari para calon Kepala Desa.

Dalam penyampaian Visi Misi, para calon Kades berkesempatan untuk menyampaikan rencana kerja jangka panjang dan jangka pendek dari masing-masing calon.

Pada proses penyampaian Visi Misi ini, Calon Kades nomor urut 1 yaitu Erman, S.Pd. diberikan hak terlebih dahulu untuk menyampaikan Visi Misi nya.

Dengan kesempatan yang diberikan ini, Erman, S.Pd. sebagai Calon No 1 dalam kampanyenya menyampaikan Visi Misi nya yaitu,

VISI

“MELAYANI MASYARAKAT DESA TETENGGABO SECARA MENYELURUH DEMI TERWUJUDNYA DESA YANG MAJU, MANDIRI, SEHAT, SEJAHTERA  DENGAN LANDASAN IMAN DAN TAQWA

Menyelenggarakan pemerintahan yang TRANSPARAN DAN AKUNTABEL :

Melakukan Pelayanan kepada masyarakat yang prima, yaitu : CEPAT, TEPAT DAN BENAR;

Melaksanakan pembangunan yang berkesinambungan dan mengedepankan Partisipasi dan Gotong Royong Masyarakat.

MISI

1.  Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik

Yaitu dengan:

  1. Menyelenggarakan pemerintahan desa yang adil, transparan, bersih, bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme.
  2. Melakukan pelayanan masyarakat yang cepat dan tepat.
  3. Melakukan penataan ulang pengurus BUMDES yang mandiri.
  4. Mengaktifkan secara kontinyu organisasi-organisasi masyarakat Desa
  5. Tetenggabo (seperti karang taruna, dll).
  6. Membangun kerja sama dengan Dinas-dinas pemerintah kabupaten dan Universitas
  7. Melibatkan masyarakat desa dalam pengambilan keputusan dengan musyawarah bersama.

2. Membangun Infrastruktur, Sarana Dan Prasarana Desa

Yaitu dengan:

  1. Pembangunan rumah layak huni (Bedah Rumah), dan pembangunan infrastruktur lainnya.
  2. Pembangunan Balai serbaguna yang dapat difungsikan untuk acara pesta, kegiatan olahraga seperti bulu tangkis, dll. Tempat pelatihan adat, dan pelatihan pelatihan laninnya.
  3.  Melakukan pembangunan pada secktor Pertanian dengan bekerjasama dengan PPL.
  4. Meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pembentukan dan pelatihan kelompok usaha kecil menengah (UKM).
  5. Mencari dan mengajak Pelaku Usaha untuk ikut melaksanakan dan menggerakkan peningkatan perekonomian Masyarakat Desa Tetenggabo

3.  Melestarikan Kearifan Lokal

Yaitu dengan:

  1. Melakukan pelatihan adat tolea pabitara
  2. Melakukan pelatihan tarian adat Tolaki.
  3. Mengembangkan Tekhnologi Informasi.

Yaitu dengan:

  1. Melakukan Pelatihan komputer pada aparat desa dan masyaralat, serta untuk mengoptimalkan pelatihan tersebut maka akan diupayakan pengadaan laptop minimal 1 laptop 1 dusun.
  2. Melakukan pendataan administrasi desa dengan teknologi computer.
  3. Membuat website desa.
  4. Mengembangkan Potensi Desa

Yaitu dengan:

  1. Mengajak pemuda dan warga desa tetenggabo untuk memposting dan memasarkan produk dan hasil pertanian melalui media social seperti facebook, website dll.

4. Pengembangan Iman dan Taqwa

Yaitu dengan:

  1. Mengaktifkan Lembaga Dakwah
  2. Melakukan Pelatihan Qori’ dan Qori’ah, Tahfidz Qur’an, dan Majelis Dzikir
  3. Mengaktifkan secara kontinyu Majelis Taklim Pria dan Wanita;
  4. Melakukan pelatihan pemotongan hewan kurban.
  5. Melakukan Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah, Pelatihan Imam, Pelatihan Baca Barasanji dan Pelatihan Khatib yang di koordinir oleh Dewan Masjid Desa Tetenggabo;
  6. Bekerjasama dengan masyarakat desa dalam percepatan pembangunan masjid jami` attaqwa tetenggabo.
  7. Memanfaatkan masjid sebagai tempat pertemuan, rapat, musyawarah, penerimaan honor dan lain sebagainya.

Pesta demokrasi ini semakin meriah dengan diadakannya kegiatan Tanya jawab (Debat Kandidat) antar calon kepala desa bersamaan dengan tahapan penyampaian Visi dan Misi calon kepala desa.

Hal ini juga adalah salah satu cara menarik minat masyarakat untuk berpartisipasi pada pesta demokrasi pemilihan kepala desa, salah satunya yang dilakukan Panitia Pilkades Desa Tetenggabo. Kec. Sabulakoa Kab. Konawe Selatan.

Panitia pilkades tersebut, mengadakan kegiatan penyampaian Visi-Misi, serta pada giat tersebut juga diwarnai dengan pelaksanaan Debat Kandidat (Tanya Jawab) antar calon Kepala Desa.

Acara tersebut semakin meriah dengan adanya kesempatan bagi masyarakat Desa Tetenggabo untuk berpartisipasi mengajukan pertanyaan pada masing-masing calon kepala desa.

Pada tahapan ini, proses Tanya jawab dimulai setelah para calon membacakan Visi dan Misi mereka. Kegiatan ini dibuka dengan penyampaian tata tertib dalam Tanya jawab (Debat Kandidat) tersebut oleh panitia Pilkades.

Tata tertib tersebut yaitu para calon Kades diberi kesempatan membuat 1 pertanyaan untuk nantinya dilemparkan pada calon lain, dengan waktu bertanya 1 menit dan waktu untuk menjawab pertanyaan adalah 3 menit.

Serta masyarakat desa Tetenggabo diberi kesempatan bertanya 1 dusun 1 pertanyaan dengan waktu bertanya adalah 3 menit.

Antusias warga Desa Tetenggabo yang besar dengan penya yang begitu banyak, maka panitia memberi kesempatan bertanya dalam 2 sesi saja dikarenakan waktu pelaksanaan terbatas.

Suatu hal yang disyukuri oleh panitia Pilkades Desa Tetenggabo bahwa kegiatan penyampaian Visi dan Misi yang dirangkaikan dengan Tanya Jawab (Debat Kandidat) antar Calon Kades bisa terlakasana dengan lancar, tertib, aman, dan damai.

Dalam proses Tanya jawab ini, calon nomor urut 1 Erman ,S.Pd memberikan jawaban, yang jelas, tepat, lugas, padat dan berisi, sehingga masyakat Desa Tetenggabo memahami tujuan dan cita-cita saudara Erman, S.Pd ketika terpilih sebagai Kepala Desa Tetenggabo nantinya.

Kampanye terbuka ini dalam waktu singkat telah memberikan pengaruh besar pada kubu calon nomor urut 1, terbukti dengan meningkatnya hasil survey yang dilakukan oleh relawan pendukung calon nomor urut 1 Erman, S.Pd.

Hasil survey yang digelar tadi malam hingga saat ini 14 Mei 22 memprediksikan calon Kepala Desa Tetenggabo nomor urut 1 Erman, S.Pd unggul pada Pilkades yang akan digelar pada Minggu, 22 Mei 2022 mendatang.

Hingga saat ini sejumlah relawan yang melakukan survey telah mengumpulkan data, hasilnya Erman, S.Pd menempati posisi pertama dengan suara hingga 80%.

Diperkirakan prediksi menangnya Erman karena para pengusung, relawan, dan deretan pendukung solid dalam mendukung dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Selain itu hal ini juga disebabkan Calon Kades No urut 1 ini Mampu menampilkan Visi dan Misi, sekaligus penjabaran rencana pembangunan jika terpilih dalam periode enam tahun kedepan.

Menjelang Pilkades 22 Mei 2022 mari bersama sukseskan Pemilihan Kepala Kepala Desa Tetenggabo Kec. Sabulakoa, Kab. Konawe Selatan. (Ikl)

Artikel ini telah dibaca 39 kali

Baca Lainnya

BPS Mulai Lakukan SP2020 Lanjutan

17 Mei 2022 - 14:56 WITA

2022, Tujuh Daerah di Sultra Akan Dipimpin Pejabat Sementara

16 Mei 2022 - 17:35 WITA

Pj Sekda Pemprov Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD

Seleksi Sekda Kota Kendari Dimulai, Tujuh Kandidat Siap Tarung

16 Mei 2022 - 17:30 WITA

Permudah Akses Nomor Induk Kependudukan, Dikbud dan Disdukcapil Sultra Jalin Kerjasama

13 Mei 2022 - 15:53 WITA

Gubernur Sulsel Puji Komitmen dan Kontribusi PT Vale

13 Mei 2022 - 13:27 WITA

Momen Hardiknas Bukti Ketangguhan Dunia Pendidikan

13 Mei 2022 - 10:36 WITA

Trending di Berita Utama
error: Content is protected !!