Menu

Mode Gelap

Berita Utama · 29 Feb 2024 16:55

Sekda Sultra Wakili Pj Gubernur Hadiri Peringatan HUT ke 64 Tahun Kabupaten Kolaka


 Mewakili Pj Gubernur, Komjen Pol (P) Dr (HC) Andap Budhi Revianto SIK MH, Sekda Sultra, Drs H Asrun Lio MHum PhD saat menghadiri peringatan HUT ke 64 Tahun Kabupaten Kolaka, Kamis (29/2/2024). Perbesar

Mewakili Pj Gubernur, Komjen Pol (P) Dr (HC) Andap Budhi Revianto SIK MH, Sekda Sultra, Drs H Asrun Lio MHum PhD saat menghadiri peringatan HUT ke 64 Tahun Kabupaten Kolaka, Kamis (29/2/2024).

SULTRAKITA.COM, KOLAKA – Pj Gubernur, Komjen Pol (P) Dr (HC) Andap Budhi Revianto SIK MH, diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Drs H Asrun Lio MHum PhD menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 64 Tahun Kabupaten Kolaka, Kamis (29/2/2024), bertempat di Lapangan Sembilanbelas November.

Upacara peringatan tersebut, dipimpin oleh Penjabat (Pj) Bupati Kolaka, H Andi Makkawaru, dimana diawali dengan defile, yang setiap barisan memainkan atraksi saat melintas di depan panggung penghormatan tempat Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sultra bersama Pj Bupati Kolaka dan rombongan berada.

Pj Gubernur Sulta diwakili Sekda Sultra Asrun Lio memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka, beserta segenap komponen masyarakat atas dedikasi dan kontribusi yang telah memberikan warna dan makna pada pembangunan daerah kabupaten Kolaka selama 64 tahun.

“Saya sampaikan salam hormat dan ucapan selamat dari Bapak Pj Gubernur Sultra atas momentum bersejarah ini. Beliau menyampaikan apresiasi setinggi tingginya, kepada Pemda, beserta segenap komponen masyarakat atas dedikasinya dan kontribusi yang telah memberikan warna dan makna pada pembangunan daerah kabupaten Kolaka selama 64 tahun. Beliau juga senantiasa memantau perkembangan kabupaten Kolaka dan memberikan dukungan penuh, untuk setiap langkah dan upaya dalam rangka pembangunan yang lebih maju dan modern. Semangat dan tekad untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kolaka menjadi komitmen utama dari pemerintah provinsi Sultra,” ucapnya.

Untuk itu, lanjut Asrun Lio, pemerintah berterimakasih kepada para pemimpin terdahulu, para tokoh yang menjadi pemikir atas berdirinya kabupaten Kolaka.

“Saya selaku Sekda Provinsi Sultra menyampaikan terimakasih yang tulus pada tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan seluruh elemen masyarakat kolaka yang telah memberikan kontribusi luar biasa dalam membentuk dan mengembangkan daerah kabupaten Kolaka yang kita cintai ini. Sebab, dalam rentang waktu yang panjang ini, yaitu sejak pelantikan kepala daerah pertama di kabupaten Kolaka, pada 29 Februari 1960 atau 64 tahun yang lalu. Kita telah menyaksikan transformasi luar biasa diberbagai sektor kehidupan. Dari pertumbuhan ekonomi hingga kemajuan pendidikan. Kabupaten Kolaka terus berkembang sebagai tempat yang layak untuk ditinggali, bekerja, dan belajar,” paparnya.

Baca juga :   Ciptakan SDM Unggul, Pemprov Sultra Siap Hadirkan Sekolah Berstandar Internasional

Ia mengungkapkan, tidak hanya itu, pihaknya memberikan apresiasi kepada Pemda atas berbagai capaian kinerja terhadap makro Kabupaten Kolaka sampai dengan pada tahun 2023 lalu antara lain.

Adapun capaian kinerjanya yakni :

Pertama, Peningkatan indeks pembangunan manusia pada tahun 2023 sebeasar 74,72 poin.

Kedua, penurunan jumlah pengangguran di kabpaten kolaka dimna pada tahun 2023 kabupaten kolaka tercatat sebesar 3.36 persen atau turun 0.81 persen dari tahun sebelumnya.

Ketiga, hasil penilaian SPBE Kabupaten Kolaka dengan predikat baik.

Keempat, lanjut Asrun Lio, IHK pada Januari 2024 dibanding Januari 2023 sebesar 2.89 persen. Dan IHK Januari 2024 dibanding Desember 2023 sebesar 0.16 persen yang masih termasuk dalam status kondisi harga terkendali. Sebagai informasi bahwa pada tahun 2024 ini kabupaten Kolaka termasuk daerah yang akan dinilai inflasinya oleh BPS.

“Dengan berbagai capaian tersebut, untuk itu saya berpesan kepada Pj Bupati Kolaka beserta seluruh jajaran agar menjaga capaian pada tahun 2023 dan meningkatkan prestasi dan capaian di tahun 2024 ini,” pesannya.

Baca juga :   Surat Edaran Pj Gubernur Sulsel Tentang Gerakan Tanam Pisang Berbuntut Aksi Penolakan

Ia menjelaskan, melalui tema yang diangkat peringatan HUT ke 64 kabupaten Kolaka yaitu Bersama Wujudkan Kabupaten Kolaka, Bersih, Nyaman, Gemilang, dan Unggul, Pj Gubernur Sultra menitip pesan kepada Pj Bupati beserta jajaran dan masyarakat Kolaka yang dicintai, yakni :

Pertama, sejarah dan budaya lokal harus tetap menjadi pijakan dalam menghadapi era disrupsi saat ini, yang berdampak perubahan terjadi begitu cepat. “Untuk itu Pj Gubernur berpesan mari jaga dan lestarikan warisan leluhur kita serta bangun kearifan lokal di tengah dinamika globalisasi,” ujarnya.

Kedua, Kolaka memiliki potensi yang besar, baik dari segi sumber daya alam, pertambangan, ekonomi, maupun sumber daya manusia. Namun dengan potensi tersebut, ada tanggung jawab semua untuk menjaga keberlanjutan pembangunan. “Untuk itu saya mengajak semua pihak, khususnya Pemda Kolaka terus berkomitmen pada pembangunan berkelanjutan yang memperhatikan kelestarian alam dan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Ketiga, Pemda harus terus berfokus pada upaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Baik itu, program pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan ekonomi harus diperkuat.
“Pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat harus menjadi prioritas utama dalam setiap langkah pembangunan,” paparnya.

Keempat, lanjut Asrun Lio, tidak ada pembangunan yang berkelanjutan tanpa kerjasama yang baik antara pemerintah, swasta, dan masyarakat. “Mari tingkatkan sinergi, keterlibatan, dan partisipasi aktif semua pihak dalam proses pembangunan. bersama sama kita bisa dapat melakukan hal yang bermanfaat bagi masyarakat Kolaka,” terangnya.

Kelima, infastruktur yang baik adalah pondasi bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, kita perlu terus meningkatkan pembangunan infrastruktur, termasuk jaringan tranportasi, listrik, dan sumber daya lainnya yang mendukung aktivitas perekonomian dan kehidupan sehari hari.

Baca juga :   Wagub Sebut Dana Desa Bisa Dialokasikan Untuk Penurunan Angka Stunting

Keenam, diera dirupsi saat ini semua pihak harus mampu terus berinovasi untuk tetap bersaing. Mendukung perkembangan teknologi dan keberlanjutan dalam segala aspek kehidupan. “Kita harus mampu berpikir jauh kedepan dan menjadi daerah yang adaptif terhadap perubahan, serta mampu mengatasi berbagai tantangan di masa depan,” jelasnya.

Ketujuh, menghadapi anomali pada musim penghujan saat ini, agar terus melakukan langkah- langkah penanggulangan dan antisipasi dampak bencana alam. Lakukan langkah langkah sosialisasi potensi bencana dan laporkan jika terjadi bencana alam. “Saya berdoa dan berharap semoga kabupaten Kolaka selalu dalam lindungan tuhan yang maha esa dan dijauhkan dari segala bencana alam,” harapnya.

Ia menambahkan, Pemerintah provinsi Sultra akan selalu hadir untuk memberikan dukungan penuh, demi percepatan pembangunan di kabupaten Kolaka. Untuk itu, pemerintah mengajak semua pihak untuk bersama-sama membangun daerah Kabupaten Kolaka menjadi lebih bersih, aman, nyaman, gemilang dan unggul.

“Saya yakin dengan semangat gotong royong dan kebersamaan, Kolaka akan terus bersinar dan memberikan kontribusi positif bagi Sultra dan Indonesia. Tidak lupa saya menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah berperan dalam menyelenggaran seluruh rangkaian acara pada peringatan HUT ke 64 Kabupaten Kolaka ini. Semoga semangat perayaan ini membawa kebahagiaan dan kesuksesan bagi kita semua khususnya bagi seluruh masyarakat kabupaten Kolaka,” tandasnya.(Rls)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

Baca Lainnya

Halalbihalal bersama Wartawan, PT Vale Tegaskan Komitmen Penerapan Pertambangan Berkelanjutan

29 Mei 2024 - 16:28

Bupati Koltim Ingatkan Perencana di OPD Susun Anggaran Tepat Sasaran

29 Mei 2024 - 15:10

FKIP USN Kolaka Gelar Edufest – Lomba Kreativitas Mahasiswa 2024

28 Mei 2024 - 19:26

Maskot Pilkada Bone La Garuda’E; Lahirkan Pemimpin Berjiwa Kesatria.

27 Mei 2024 - 00:16

Resmi Digelar, 1755 Atlit Siap Berlaga di Porkab Bone

25 Mei 2024 - 18:53

LPPM USN Kolaka Gelar Pelatihan Pengelolaan Jurnal

24 Mei 2024 - 17:18

Trending di Berita Utama