Menu

Mode Gelap

Berita Utama ยท 21 Mar 2022 16:33 WITA

Sukanto Toding : Protokoler Miliki Peran Penting Pererat Koordinasi Daerah


 Sukanto Toding : Protokoler Miliki Peran Penting Pererat Koordinasi Daerah Perbesar

SULTRAKITA.COM, KENDARI – Bimbingan teknis (Bimtek) Pengelolaan Hubungan Keprotokolan lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan kabupaten dan kota se Sultra 2022 digelar di salah satu hotel Kendari, Senin (21/3). Mewakili Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Nur Endang Abbas, Asisten III Sekretariat Daerah (Setda) Sultra Sukanto Toding membuka secara resmi acara pembukaan tersebut.

Asisten III Sekretariat Daerah (Setda) Sultra, Sukanto Toding mengatakan, kegiatan bimtek pengelolaan hubungan keprotokolan lingkup Pemprov dan kabupaten dan kota se Sultra sebagai salah satu wujud implementasi dari amanat undang-undang nomor 9 tahun tahun 2020, tentang keprotokolan dan peraturan pemerintah nomor 39 tahun 2018, tentang pelaksanaan undang-undang nomor 9 tahun 2010 tentang keprotokolan.

“Diketahui bersama bahwa tujuan utama kegiatan keprotokolan adalah mempererat hubungan kerjasama diantara pejabat dengan tamu negara, serta elemen masyarakat tertentu yang akan diatur dalam pelaksanaan acara pemerintahan,” terang Sukanto Toding saat membacakan sambutan Sekda Sultra.

Ia menjelaskan, peran keprotokolan sangat penting dalam menunjang kelancaran dan kesuksesan acara-acara pejabat penyelenggara negara. Untuk itu, setiap personel protokol harus dapat tampil prima untuk memberikan pelayanan terbaik.

“Sehingga protokoler terkesan tidak selalu menyulitkan masyarakat dalam berinteraksi dengan pejabat negara dan pejabat pemerintahan, yang pada gilirannya dapat membangun kesan dan citra positif masyarakat terhadap pejabat negara dan pejabat
pemerintahan,” ujarnya.

Untuk itu, ia menilai bimtek sangat penting untuk diikuti secara sungguh-sungguh, karena
melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat menambah pemahaman untuk meningkatkan kemampuan.

“Kinerja tenaga keprotokolan di daerah ini dalam menghadapi permasalahan dan tantangan, terkait dengan tugas dan fungsinya yang menuntut kemampuan dan kecakapan tenaga protokol untuk bekerja secara cerdas, komunikatif dan adaptif,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Bimtek pengelolaan hubungan keprotokolan lingkup Pemprov dan kabupaten/kota se-Sultra tahun 2022, Andi Muhammad Bathari mengungkapkan, keseluruhan peserta bimtek berjumlah 105 orang dan pembicara pada rakor tersebut berasal dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Pemprov Sultra.

“Maksud dan tujuan diharapkan peserta tenaga protokol dapat memahami tata cara keprotokolan yang baik dan benar, menentukan langkah yang tepat dan mengurangi kesalahan yang harus di lakukan di masa mendatang, serta
tetap menjaga hubungan dan koordinasi yang baik bagi tenaga protokol, agar tetap profesional baik di provinsi maupun di daerah kabupaten/kota se-Sultra guna menyukseskan setiap kegiatan,” tandasnya. (Pry)

Artikel ini telah dibaca 36 kali

Baca Lainnya

Komitmen PT Vale Jalankan CSR Diapresiasi Bupati Morowali

20 Mei 2022 - 21:54 WITA

Hadir di Career Expo, Stand PT Vale Diminati Pencari Kerja

20 Mei 2022 - 00:06 WITA

Rapat Forum MSG EITI Indonesia di Yogyakarta, Sultra Usulkan Dua Isu Penting

19 Mei 2022 - 14:05 WITA

Calon Sekda Pemkot Kendari Tunggu Rekomendasi KASN

18 Mei 2022 - 17:45 WITA

Pj Sekda Pemprov Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD

866 Peserta Ikut UTBK SBMPTN USN

18 Mei 2022 - 11:43 WITA

BPS Mulai Lakukan SP2020 Lanjutan

17 Mei 2022 - 14:56 WITA

Trending di Berita Utama
error: Content is protected !!