Menu

Mode Gelap

Berita Utama · 29 Agu 2023 15:03

Tim PKM USN Dorong Pemberdayaan Ekonomi Kreatif di Desa Polenga


 Workshop yang digelar Tim PKM USN bertema Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Melalui Pemanfaatan Larva BSF dan Biokonversi Sampah Organik Perbesar

Workshop yang digelar Tim PKM USN bertema Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Melalui Pemanfaatan Larva BSF dan Biokonversi Sampah Organik

SULTRAKITA.COM, Kolaka – Dalam upaya mendorong pemberdayaan ekonomi kreatif dan pengelolaan sampah yang berkelanjutan, Tim Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Sembilanbelas November Kolaka yang terdiri dari beberapa dosen dari berbagai disiplin ilmu berserta mahasiswa menggelar workshop yang mengusung tema “Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Melalui Pemanfaatan Larva BSF dan Biokonversi Sampah Organik, akhir pekan lalu.

Koordinator tim PKM USN Kolaka, Rais Abin, SPd., M.Pd mengatakan, kegiatan yang berlangsung di Desa Polenga, Kecamatan Watubangga, Kabupaten Kolaka ini bertujuan untuk memberikan wawasan, serta keterampilan kepada masyarakat dalam memanfaatkan potensi ekonomi dari larva Black Soldier Fly (BSF) dan mengubah sampah organik menjadi sumber daya bernilai.

Ia mengungkapkan, melalui presentasi dan sesi diskusi interaktif, para peserta workshop diperkenalkan pada konsep dan manfaat pemanfaatan larva BSF dalam bidang pertanian dan peternakan.

“Larva BSF memiliki potensi tinggi sebagai sumber pakan ternak yang kaya akan protein dan nutrisi, sementara kotoran larva ini bisa digunakan sebagai pupuk organik berkualitas tinggi. Selain itu, teknik biokonversi sampah organik dengan menggunakan larva BSF dijelaskan sebagai solusi yang ramah lingkungan dalam mengatasi masalah sampah dan menghasilkan kompos bernilai,” ujarnya.

Baca juga :   Polsek Wangsel Dituding Rekayasa Kasus Penahanan Tiga Aktivis di Wakatobi

Pria yang akrab disapa Rais ini menjelaskan, workshop juga melakukan praktik langsung dalam budidaya larva BSF dan proses biokonversi sampah organik. Para peserta diajak untuk berpartisipasi aktif dalam langkah-langkah praktis ini, mulai dari persiapan wadah budidaya hingga pemisahan larva dan kompos.

” Semua tahap ini dilakukan dengan pendampingan dari tim PKM, memberikan peluang kepada peserta untuk memahami dan menguasai proses secara lebih mendalam,” paparnya.

Ia berharap melalui kegiatan ini, masyarakat Desa Polenga dapat merasakan manfaat nyata dari pemanfaatan larva BSF dan biokonversi sampah organik.

“Selain mendukung pemberdayaan ekonomi kreatif di tingkat lokal, kami juga ingin memberikan contoh konkrit bagaimana upaya kecil ini dapat berdampak positif pada lingkungan dan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi antara peserta dan narasumber, serta simulasi penggunaan teknologi mesin pencacah sampah organik dan alat sangria larva BSF  yang memungkinkan para peserta untuk mendapatkan pengetahuan lebih lanjut dan berbagi pengalaman mereka.

Baca juga :   Bang Jay Peduli Gelar Kegiatan Sosial di Kampung Tua Kota Wuna

‘Harapannya, workshop ini akan memicu semangat inovasi dan kolaborasi di kalangan masyarakat Desa Polenga serta merangsang implementasi langkah-langkah berkelanjutan dalam pemberdayaan ekonomi kreatif dan pengelolaan sampah,” tegasnya.

Untuk itu ia mengucapkan terimakasih kepada Ketua RK 01 Dusun Takwa Desa Polenga selaku wakil pemerintah Desa Polenga.

“Beliau sangat mendukung dan menyambut positif kegiatan ini dan berharap masyarakat Desa Polenga dapat mengambil manfaat dari kegiatan ini,” tandasnya.

Untuk diketahui, sosialisai dan Workshop yang dilaksanakan pada akhir pekan kemarin ini dihadiri oleh berbagai kalangan masyarakat Desa Polenga, mulai dari petani, peternak, hingga pelaku usaha mikro.

Adapun acara dibuka oleh Sarip, Ketua RK 01 Dusun Takwa Desa Polenga selaku wakil pemerintah Desa Polenga. (bak)

Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya

Diterpa Isu Negatif, Begini Penjelasan Kepala Bappeda Wakatobi

19 Juli 2024 - 20:17

Harmonisasi Perencanaan Pembangunan, Pemda Wakatobi Gelar FGD Rancangan Teknokrat RPJMD

19 Juli 2024 - 19:58

Toyota Rush, Cicilan Tanpa Bunga Nol Persen

19 Juli 2024 - 17:53

Kalla Toyota Mengadakan Customer Gathering Toyota Auto Show 2024 di Kendari  

19 Juli 2024 - 16:59

Mundur Walikota Solo, Barisan RFG Apresiasi Capaian Prestasi Gibran

19 Juli 2024 - 16:38

PT Vale Tegaskan Komitmen Keberlanjutan dalam Sustainability Report 2023

19 Juli 2024 - 10:10

Trending di Berita Utama