Menu

Mode Gelap

Terbaru ยท 25 Jun 2018 14:23

Tingkatkan Pelayanan, DKP Wakatobi Helat Temu Pelaku Usaha Perikanan


 Tingkatkan Pelayanan, DKP Wakatobi Helat Temu Pelaku Usaha Perikanan Perbesar

SULTRAKITA.COM, WAKATOBI – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Wakatobi terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada nelayan. Salah satu upaya yang dilakukan, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Wakatobi ( DKP Wakatobi) menggelar Temu Pelaku Usaha Hasil Perikanan. Kegiatan yang dipusatkan di Gedung Serba Guna Kecamatan Binongko, diikuti puluhan puluhan pelaku usaha perikanan.

Kepala DKP Wakatobi Oktawinus menyebutkan, kegiatan temu pelaku usaha perikanan ini merupakan lanjutan kegiatan DKP yang telah di gelar sebelumnya di Wangi-wangi, Kaledupa hingga Tomia.

Temu Pelaku usaha ini juga mensosialisasikan Perpres No.98/2014 tentang Perizinan Usaha Mikro dan Kecil, sebagaimana telah ditindaklanjuti dengan Peraturan Bupati Wakatobi No.12/2016 tentang Tata Cara Pemberian Izin Usaha Mikro dan Kecil, serta Perbub no.13/2016 tetang Pendelegasian Kewenangan Pelaksanaan Izin Usaha Mikro dan Kecil.

Karenanya, kata Oktawinus, untuk menciptakan ikim usaha perikanan yang kondusif dan kejelasan proses pelayanan Perizinan Usaha Mikro dan Kecil sektor Perikanan di Kabupaten Wakatobi, DKP Wakatobi Melaksanakan kegiatan Temu Usaha Hasil Perikanan.

Sebagaimana diketahui, terdapat 244 pelaku usaha perikanan di Wakatobi, seperti usaha penampungan Ikan Segar Beku, Budidaya Ikan Hidup, serta Pengolahan dan Pemasaran (POKLAHSAR) Hasil Perikanan.

Baca juga :   DKP Wakatobi Terima Satu Kontainer Alat Tangkap Perikanan

Dari beberapa jenis usaha perikanan tersebut mayoritas masuk kategori Usaha Mikro dan Kecil, yang mana dari segi permodalan masih terbatas, dan dari segi perizinan masih banyak yang belum memiliki Izin akibat dari Panjangnya dan rumitnya pengurusan izin.

“Dari sosialisasi dan temu pelaku usaha perikanan ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarkat tentang pentingnya izin usaha, sehingga memudahkan nelayan untuk memperoleh akses Permodalan dari Pemerintah maupun pihak Perbankan,” ungkap Oktawinus.

Lebih lanjut Oktawinus menyebutkan, dengan Temu Pelaku Usaha Perikanan ini, diharapkan meningkatkan kepatuhan terhadap Perizinan Usaha.

Disamping itu, diharapkan dapat memberikan Pemahaman bagi para Pelaku usaha perikanan dalam pengembangan kewirausahaan, serta pemanfaatan fasilitas PPI/TPI sebagai tempat pendaratan dan Penjualan Ikan hasil Tangkapan Nelayan dalam rangka Pendataan sumber Daya Ikan.

Sementara itu, dalam sambutannya di Temu Pelaku Usaha Hasil Perikanan, Camat Binongko Wa Ode Hafidah mengapresiasi kegiatan DKP Wakatobi. Ia berharap Temu Pelaku Usaha Hasil Perikanan ini akan meningkatkan hubungan baik sesama pelaku usaha di Pulau Binongko serta meningkatkan pemahaman dan pengetahuan bagi pelaku usaha.

Baca juga :   Bupati Buton Selatan Dapat Penghargaan dari PLN

Temu Pelaku Usaha Hasil Perikanan di Kecamatan Binongko dihadiri narasumber dari Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Wakatobi. Peserta kegiatan terdiri dari Pemerintah Kecamatan Binongko dan togo Binongko, Instansi Terkait, Para Kades/Lurah, Para Pelaku Usaha Perikanan, Jasa Pengiriman dan angkutan, Para Kelompok Pengolah dan Pemasar hasil Perikanan Se Pulau Binongko. (Man)

Artikel ini telah dibaca 40 kali

Baca Lainnya

Peringati Hari Ibu, Sekda Sultra Ajak Semua Pihak Hargai Perjuangan Perempuan

23 Desember 2023 - 07:51

Kelola Sampah secara Terpadu, Antam Gagas Program Momahe

11 Desember 2023 - 17:31

sultrakita.com, Pengelolaan Sampah Antam

Serikat Pekerja PT Antam UBPN Kolaka Bantu Rakyat Palestina

8 Desember 2023 - 17:17

PT Vale Raih CSA Awards 2023 Kategori The Best Materials Sector on the Main Board

24 November 2023 - 14:15

CSA Award

Pusat Karir USN Kolaka Gelar Pelatihan Penulisan Artikel bagi Mahasiswa

18 November 2023 - 17:32

Pusat Karir USN Kolaka Gelar Pelatihan Penulisan Artikel bagi Mahasiswa

PT Vale Raih Peringkat Gold Laporan Keberlanjutan Terbaik di Asia Sustainability Reporting Rating 2023

7 November 2023 - 14:45

Wakil Presiden Direktur PT Vale Adriansyah Chaniago
Trending di Terbaru