Menu

Mode Gelap

Berita Utama · 5 Des 2023 16:44

USN Kolaka Gelar Seminar Nasional Fakultas Hukum


 USN Kolaka Gelar Seminar Nasional Fakultas Hukum Perbesar

SULTRAKITA.COM, Kolaka – Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menggelar Seminar Nasional Fakultas Hukum, Selasa (5/12) yang dilaksanakan di auditorium. Kegiatan yang mengangkat tema Peran Hukum Mewujudkan Keadilan Dalam Pengelolaan Pertambangan Mineral dan Batu Bara d Indonesia menghadirkan narasumber Iman Prihandono SH.,MHM.,LLM., Phd, Wakil Dekan Unhas Prof Dr Maskun.SH LLM, Dr Herman SH.

Rektor USN Kolaka Nur Ihsan mengatakan, tema yang diangkat sangat menarik dan relevan untuk dikaji mengingat pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam dan mineral semakin kompleks dengan dinamika. Hal itu sejalan dengan daerah Kolaka yang kaya akan sumberdaya menieral dan pengelolaan yang dilakukan beberapa perusahaan, baik negara dan swasta, agar bisa dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Untuk itu sebagai akademisi, pelaksanaan seminar nasional fakultas hukum ini merupakan bagian dari upaya kita dalam mengawal terwujudnya harapan tersebut. Tapi yang intinya meningkatkan wawasan tentang keilmuan dibidang hukum pertambangan,” ujarnya.

Untuk itu Ia berharap, narasumber yang telah hadir bisa semakin menguatkan ekosistem atau iklim pendidikan khususnya di fakultas hukum di USN Kolaka dan fakultas lain yang ada, agar ikut berkegiatan dalam rangka meningkatkan indikator indikator kinerja utama, sehingga bisa naik ke tingkat lebih tinggi lagi.

Baca juga :   Menko Luhut: PT Vale Contoh Praktek Pertambangan Berkelanjutan

“Saya berharap kepada narasumber tentu bisa memberikan gambaran bagaimana sih perspektif hukum terutama pengelolaan sumber daya alam kita yang ada di Kolaka ini. Yang mungkin kita ingin menyampaikan bahwa Kolaka ini memang memiliki sumberdaya alamnya dari sisi nikel dan adalah daerah yang potensial.

Ia mengungkapkan, saat ini Pemerintah tengah mendorong setiap Perguruan Tinggi tidak ada perbedaan. Misalnya, USN Kolaka dan Universitas Halu Oleo. Selain itu Universitas Airlangga tidak berbeda dengan perguruan tinggi yang ada.

Untuk itu, melalui penguatan penguatan seminar ini seperti bisa lebih fokuskan untuk meningkatkan USN bisa lebih maju dengan perguruan tinggi yang ada

“Sesuai harapan kita dan pemerintah itu bahwa tidak ada lagi perbedaan perguruan tinggi tidak terlalu jauh. Misalnya USN dengan UHO. tentu kalau kita kelihatan tentu UHO diatas dari USN kolaka. Kemudian Univesitas Airlangga tentu merupakan salah satu PTN yang sudah lebih dulu maju dengan perguruan tinggi lainnya,” jelasnya.

Ia menambahkan, saat ini Pemerintah menyiapkan tiga skema agar hal itu bisa terwujud. Skema pertama adalah PTN Satuan Kerja (Satker) didorong menjadi PTN-Badan Layanan Umum (BLU). Skema kedua, PTN-BLU didorong menjadi PTN BH. Skema ketiga, PTN-BH didorong menjadi PTN-Mandiri. “Jadi kita komitmen bahwa USN siap naik ke level PTN-BLU, jadi mari kita tingkatkan level akreditasi kita,” tandasnya. (bak)

Artikel ini telah dibaca 124 kali

Baca Lainnya

Konsisten Tingkatkan Produksi Pangan Petani, Andi Asman Sulaiman Tanam Mina Padi di Cabbeng

18 Juli 2024 - 12:58

Sosialisasi Pilkada Melalui Cafe Demokrasi, KPU Bone Sasar Pemilih Pemula

18 Juli 2024 - 11:34

Mahasiswa UHO Studi Lapang Pengelolaan Lahan Pascatambang PT Vale IGP Pomalaa

18 Juli 2024 - 09:25

Bawaslu Bone Temukan 11 Pelanggaran Coklit

17 Juli 2024 - 16:05

Kunjungi PT Vale IGP Pomalaa, MIND ID Puji Praktik Pertambangan Berkelanjutan

17 Juli 2024 - 15:40

Tradisi 10 Muharram di Bone, Emak emak Berburu Perabot Rumah Tangga

16 Juli 2024 - 17:13

Trending di Berita Utama