Menu

Mode Gelap

Berita Utama ยท 10 Okt 2023 21:30

Wakili Pemprov, Sekda Sultra Hadiri Rakornas Itjen Kemendagri RI di Sumut


 Wakili Pemprov, Sekda Sultra Hadiri Rakornas Itjen Kemendagri RI di Sumut Perbesar

SULTRAKITA.COM, MEDAN – Mewakili Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, Sekda, Drs H Asrun Lio MHum PhD menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang dilaksanakan oleh Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI), dengan tema Arah Kebijakan Pengawasan Tahun 2024, kemarin, di Sumatera Utara.

Sekda Provinsi Sultra, Drs H Asrun Lio MHum PhD, Selasa (10/10) mengatakan, rakor tersebut berkaitan dengan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pemutakhiran tindak lanjut hasil pengawasan tahun 2023, dimana membahas sejumlah isu aktual terkait pengawasan, sekaligus untuk menyamakan persepsi pemerintah pusat dengan pemerintah daerah terkait arah kebijakan pengawasan tahun 2024.

Sekda menerangkan, rakor yang dibuka oleh Inspektur (Irjen) Kemendagri, Tomsi Tohir mewakili Mendagri tersebut berlangsung selama dua hari, dimana juga menitik beratkan terhadap peningkatan pelayanan publik, dengan mendorong keberadaan Aparatur Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), yang ada di tingkat pusat hingga di daerah-daerah, termasuk di Sultra.

“Pemerintah memiliki pengawas internal atau yang disebut Aparatur Pengawasan Intern Pemerintah (APIP). Fungsingnya sangat penting dalam peningkatan pelayanan publik kita, utamanya terkait pengelolaan keuangan daerah sebab melalui pengawasan yang dilakukan, bisa menghindarkan pemerintah dari masalah anggaran atau menjadi lebih tepat sasaran. Untuk itu, rakor ini sangat penting guna peningkatan kualitas dan kapasitas keberadaan APIP di daerah,” harapnya.

Baca juga :   CEO PT Vale Dinobatkan Menjadi Salah Satu Perempuan Paling Berpengaruh Versi Fortune dan Paling Inspiratif Versi Forbes

Sebelum rakor tersebut dimulai, lebih dahulu dilakukan pemukulan gendang oleh Irjen Kemendagri, Tomsi Tohir bersama Sekda Provinsi Sultra termasuk para pimpinan daerah ataupun yang mewakili, serta para Penjabat Gubernur dari seluruh wilayah Indonesia.(Rls)

Artikel ini telah dibaca 21 kali

Baca Lainnya

Pasangan Beramal Serahkan Berkas Pendaftaran di PDIP Kolaka

22 April 2024 - 20:23

KPU Bone Gelar Sayembara Desain Maskot Pilbup 2024, Ini Persyaratan dan Hadiahnya

22 April 2024 - 15:36

Peringati Hari Konsumen Nasional dan Hari Kartini, Kalla Toyota Hadirkan Promo Istimewa

22 April 2024 - 13:10

Meriahkan HUT Sultra Ke-60, Pemda Koltim Bakal Tampilkan Produk UMKM

22 April 2024 - 11:21

Pasangan Beramal Serahkan Berkas Pendaftaran di PDIP Kolaka

21 April 2024 - 20:31

Puncak HJB Ke 694 Landaskan Nilai Mattuppu Ri Ade’e Mappasanre Risara’e

20 April 2024 - 22:59

Trending di Berita Utama