Menu

Mode Gelap

Terbaru ยท 3 Des 2018 16:45

ADRI dan USN Sukses Helat Konferensi Internasional


 ADRI dan USN Sukses Helat Konferensi Internasional Perbesar

SULTRAKITA.COM, KOLAKA – Universitas Sembilanbelas November USN Kolaka bekerja sama dengan perhimpunan Ahli dan Dosen Republik Indonesia (ADRI) sukses menyelenggarakan kegiatan Konferensi Internasional di salah satu hotel di Kolaka, Senin (3/12).

Konferensi yang mengusung tema ‘Sustainable Coastal Community Development’ (Pengembangan Masyarakat Pesisir yang Berkelanjutan) tersebut menghadirkan sejumlah narasumber yang berasal dari beberapa universitas di Indonesia dan dari luar negeri. Diantaranya, Prof Kuniyoshi Shimizu Ph.D dari Kyushu University Japan, Prattana Srisuk Ph.D dari Rajamangala University Technology Krungthep Thailand, Prof. Ahmad Tarmizi Bin Abdul Karim dari University Tun Hussein Malaysia. Narasumber lainnya, Prof. Nurdin dari Universitas Haluoleo Kendari, dan Prof. Dr K.H. AbduL Wahid Maktub dari Kemenristekdikti.

Acara ilmiah tersebut dibuka oleh Rektor USN Kolaka, Dr Azhari sekaligus Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) ADRI Sultra, didampingi Ketua Umum ADRI Pusat, Dr. H. Achmad Fathoni Rodli dan para narasumber di konferensi itu. Konferensi dihadiri ratusan peserta yang merupakan dosen dan ahli dari sejumlah kampus di Indonesia.

Baca juga :   Gubernur Sultra Ali Mazi Terima Penghargaan The Best Indonesian Innovative Figures Awards 2020

Rektor USN Kolaka Azhari mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada peserta konferensi internasional dan perhimpunan ADRI atas terselenggaranya kegiatan yang juga merupakan kegiatan internasional pertama dilaksanakan di USN sejak menjadi negeri itu. “Selamat datang peserta konferensi internasional di Kolaka, Sulawesi Tenggara. Saya sangat bangga dan berterima kasih kepada seluruh peserta bisa hadir dalam Konferensi Internasional ini. Konferensi yang digelar atas kerjasama ADRI dan USN Kolaka ini untuk pertama kalinya dilaksanakan di USN sejak menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) empat tahun lalu,” papar Azhari dalam sambutannya berbahasa Inggris.

Rektor menjelaskan, sebagai universitas negeri baru, pihaknya menyadari berbagai fasilitas masih sangat terbatas untuk mendukung kegiatan internasional tersebut. Namun karena komitmen dan tekad untuk peningkatan ilmu pengetahuan dan kemajuan bangsa, USN dapat merealisasikan pertemuan tersebut. “Dan seperti yang kita lihat, semuanya berjalan dengan baik dan lancar,” terangnya.

Rektor juga mengatakan bahwa konferensi internasional ini sangat penting untuk membahas berbagai isu dunia. Seperti yang tercermin dalam tema kegiatan itu, yakni pengembangan masyarakat pesisir yang berkelanjutan. “Isu hubungan internasional antara akademisi berbagai negara, kestabilan global, hubungan kerjasama, demokrasi, kesejahteraan masyarakat, dan pengembangan ekonomi sosial menjadi tercermin dalam tema kegiatan ini yaitu pengembangan masyarakat pesisir yang berkelanjutan,” ujarnya.

Baca juga :   Rami Musrady Zaini Ajak Pejabat, TNI dan Polri Ciptakan Netralitas

“Konferensi ini juga bertujuan untuk mempererat kerjasama antara negara dalam mempromosikan perdamaian dunia dan kesejahteraan rakyat. Dan yang penting komitmen kerjasama dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya dan pendidikan,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, Ketua Umum ADRI Pusat, Dr. H. Achmad Fathoni Rodl memberi apresiasi kepada USN Kolaka karena sukses menyelenggarakan kegiatan internasional yang pertama di Bumi Mekongga itu. “Apresiasi yang tinggi kita berikan kepada USN Kolaka. Sebab USN telah sukses menyelenggarakan konferensi internasional yang orang-orang meragukan terlaksananya kegiatan ini, tapi Alhamdulillah seperti yang kita lihat konferensi ini bisa sukses terlaksana. Jadi ADRI memang memberi dorongan untuk kemajuan, seperti sebelumnya di Cirebon, karena adanya dorongan ADRI itu bisa ada bandara baru,” kata Rektor Universitas Maarrif Hasyim Latif Sidoarjo itu.

Ia berharap, dengan terlaksana kegiatan internasional tersebut, maka Kolaka bisa menjadi kota masa depan dan ADRI bisa memberi andil di dalamnya. “Kolaka ini bisa menjadi kota masa depan, apalagi sumber daya alam Kolaka sangat kaya, tanahnya saja bisa dijual langsung ke luar negeri. Namun lebih dari itu, yang terpenting dari konferensi ini adalah bisa membuahkan hasil yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kemaslahatan umat manusia,” tandasnya. (Man)

Artikel ini telah dibaca 23 kali

Baca Lainnya

PT Vale Serahkan Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Banjir Bandang dan Longsor di Luwu

7 Mei 2024 - 12:17

Peringati Hari Ibu, Sekda Sultra Ajak Semua Pihak Hargai Perjuangan Perempuan

23 Desember 2023 - 07:51

Kelola Sampah secara Terpadu, Antam Gagas Program Momahe

11 Desember 2023 - 17:31

sultrakita.com, Pengelolaan Sampah Antam

Serikat Pekerja PT Antam UBPN Kolaka Bantu Rakyat Palestina

8 Desember 2023 - 17:17

PT Vale Raih CSA Awards 2023 Kategori The Best Materials Sector on the Main Board

24 November 2023 - 14:15

CSA Award

Pusat Karir USN Kolaka Gelar Pelatihan Penulisan Artikel bagi Mahasiswa

18 November 2023 - 17:32

Pusat Karir USN Kolaka Gelar Pelatihan Penulisan Artikel bagi Mahasiswa
Trending di Terbaru