Menu

Mode Gelap

Terbaru · 23 Jun 2021 01:21

Balitbangtan BPTP Sultra Gelar Seminar Hasil


 Balitbangtan BPTP Sultra Gelar Seminar Hasil Perbesar

SULTRAKITA.COM, KOLAKA – Menindaklanjuti kerjasama  dengan Pemerintah Kabupaten Kolaka, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP ) Sulawesi Tenggara menggelar seminar hasil, (21/6/2021). Seminar ini dihadiri oleh Pemda Kabupaten Kolaka di wakili oleh Badan Litbang Daerah (Balitbangda) Kabupaten Kolaka,  BPTP Sultra, Pengusaha Cengkeh, Camat serta Stake holder terkait.

Kepala BPTP Sultra yang diwakili oleh Sub. Koordinator KSPP, M. Adlan Larisu, menyampaikan, penghargaan dan apresiasi atas terlaksananya kerjasama ini. Harapannya, kedepan kerjsama ini tetap berlanjut dan komoditas yang lain juga perlu dilakukan.

” Penelitian dan kajian seperti ini sangat diperlukan, sehingga pemerintah daerah dalam mengambil keputusan tidak salah, karena berdasarkan data dan fakta yang ada, ” pungkasnya.

Kepala Badan Litbang daerah Kabupaten Kolaka Dr. Ir. Akhmad Yani, M.Si,
mengucapkan terima kasih atas kerjasama ini dan menyambut baik, kedepannya kerjasama ini bisa ditingkatkan lagi.

” Balitbangda Kabupaten Kolaka akan menindak lanjuti, rekomendasi yang di hasilkan dari hasil kajian tersebut ,” tandasnya.

Acara seminar hasil ini diisi dengan presentasi hasil kajian okeh peneliti BPTP  Sultra Dr. Julian Witjaksono, M.Si. Julian dalam paparannya, dengan judul kajian rantai nilai komoditas cengkeh dan prospek pengembangannya di Kabupaten Kolaka.

Baca juga :   KPID Perkuat Koordinasi dengan DPRD Sultra

” Hasil rekomendasinya antara lain bahwa, perlunya ditumbuh kembangkan program pemberdayaan penyuluh. Kelembagaan koperasi tani. Khususnya untuk komoditas cengkeh, pemerintah daerah dapat membentuk BUMdes sebagai off taker (pembeli Cengkeh), untuk memutus rantai pasok yang panjang dan mengurangi jumlah aktor yang bermain di dalam rantai pasok, ” jelasnya.

Tambahnya, dengan menghidupkan penangkar kelompok bibit unggul cengkeh, yang bersertifikasi untuk program peremajaan tanaman. Serta program mitigasi perubahan iklim, melalui alat pengering skala rumah tangga atau solar driyer.  (Ikl)

Artikel ini telah dibaca 20 kali

Baca Lainnya

Tim Penilai PKK Koltim Lakukan Penilaian di Desa Lalosingi

14 Juni 2024 - 22:27

Pemkab Koltim Fokus Tingkatan Kinerja dan Reformasi Birokrasi

4 Juni 2024 - 20:21

PT Vale Serahkan Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Banjir Bandang dan Longsor di Luwu

7 Mei 2024 - 12:17

Peringati Hari Ibu, Sekda Sultra Ajak Semua Pihak Hargai Perjuangan Perempuan

23 Desember 2023 - 07:51

Kelola Sampah secara Terpadu, Antam Gagas Program Momahe

11 Desember 2023 - 17:31

sultrakita.com, Pengelolaan Sampah Antam

Serikat Pekerja PT Antam UBPN Kolaka Bantu Rakyat Palestina

8 Desember 2023 - 17:17

Trending di Terbaru