Menu

Mode Gelap

Kota Kendari · 5 Mei 2021 07:14 WITA

Bimtek Inovasi Teknologi Perbenihan Komoditas Padi, Kopi dan Porang di Sultra


 Bimtek Inovasi Teknologi Perbenihan Komoditas Padi, Kopi dan Porang di Sultra Perbesar

SULTRAKITA.COM, KENDARI – Badan Litbang Pertanian Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Inovasi Teknologi Perbenihan/Bibit Komoditas Padi, Kopi dan Porang di Sultra. Kegiatan dilaksanakan di Kebun Percobaan Wawotobi Kabupaten Konawe.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Balitbangtan BPTP Sultra, Kasubag Tata Usaha, Koordinator Program dan Evaluasi, Sekretaris Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Konawe, narasumber serta diikuti 60 orang peserta yang berasal dari kelompok tani dan penyuluh yang tersebar di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Konawe.

Kepala Balitbangtan BPTP Sultra Muhammad Sidiq, STP, MM mengatakan, bahwa pemerintah saat ini menggencarkan berbagai upaya untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional, di bawah Kementerian Pertanian (Kementan) salah satunya pelaksanaan kegiatan bimtek.

Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan produktivitas sektor pertanian yang dapat menumbuhkan perekonomian petani sehingga kesejahteraan masyarakat terwujud.

“Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, melalui Kementan untuk turun ke lapangan menyapa petani, agar memastikan kegiatan usaha tani tetap berjalan dan berproduksi di tengah Covid-19. Karena pangan merupakan hal yang penting dalam  memenuhi kebutuhan 270 juta jiwa penduduk Indonesia,” ujarnya.

Di masa pandemi Covid 19, sektor pertanian tetap berproduksi dan memberikan kontribusi yang baik terhadap pendapatan Negara, dengan pertumbuhan ekonomi 2,6% dari sektor pertanian,  sehingga diharapkan penyuluh sebagai perantara informasi inovasi teknologi Balitbangtan untuk menyebarluaskan kepada petani. Muhammad Sidiq.

“Kegiatan ini terselenggara atas aspirasi dari anggota DPR RI Komisi IV dapil Sulawesi Tenggara melalui Kementan dengan pelaksanaan bimtek serta pembagian benih dan bibit unggul pada 4 komoditas yaitu padi, porang, kopi dan kakao kepada petani,” ujarnya.

Sekretaris Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab. Konawe Musakkir Alqifu, S.Kel, M.AP mengucapkan terima kasih kepada Balitbangtan BPTP Sultra yang menjadikan Konawe sebagai tempat kegiatan bimtek.

‘’Sektor pertanian dan perkebunan menjadi sektor andalan di Kabupaten Konawe, karena dapat menyumbangkan 70 perswn sebagai pendapatan daerah.

‘’Harapannya peserta dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan pada 3 komoditi dalam pelaksanaan usaha taninya dari hulu sampai hilir, sehingga dapat mendukung pembangunan pertanian di Kabupaten Konawe,” lanjut Musakkir.

Narasumber pada kegiatan ini berasal dari Balitbangtan BPTP Sultra Ir. Entis Sutisna, M.Si memberikan materi tentang teknologi budidaya porang, Ir. Agussalim, MP memberikan materi teknologi budidaya kopi, Ir. Dahya, M.Si memberikan materi perbenihan padi dan Dinas Pertanian Kabupaten Konawe Rahmad Nur, SP memberikan materi kebijakan pembangunan pertanian.
Setelah penyampaian materi kegiatan dilanjutkan dengan diskusi antara narasumber dan peserta.

Sementara itu Kepala Sub Bagian Tata Usaha Ir. Yusuf, M.Si dalam menutup kegiatan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Konawe yang telah mendukung kegiatan ini, sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar. Kegiatan bimtek ini akan dilaksanakan di beberapa daerah di Sultra. (Ikl)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

Baca Lainnya

Peringati Hardiknas 2022, Wali Kota Kendari Harapkan Pendidikan Semakin Maju

13 Mei 2022 - 11:55 WITA

Pemkot Mulai Terapkan Teknologi KENDARIVERSE

11 Mei 2022 - 21:20 WITA

Pemkot Kendari Gelar Gowes Eksekutif dan Komunitas

8 Mei 2022 - 12:01 WITA

Toyota Trust Catat Penjualan Mobil Bekas Meningkat 30 Persen Menjelang Lebaran

28 April 2022 - 15:46 WITA

Peduli Pendidikan, Wali Kota Kendari Serahkan Beasiswa

26 April 2022 - 16:33 WITA

Pelanggan Kalla Toyota Palopo Berhasil Bawa Pulang Grandprize Toyota Agya

21 April 2022 - 19:59 WITA

Trending di Kota Kendari
error: Content is protected !!