Menu

Mode Gelap

Kolaka · 7 Agu 2023 18:47

Camat Lambai Kolut Ajak Mahasiswa Perkuat Penataan Desa


 Camat Lambai Kolut Ajak Mahasiswa Perkuat Penataan Desa Perbesar

SULTRAKITA.COM, KOLAKA UTARA – Pemerintah Kecamatan Lambai, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) Provinsi Sulawesi Tenggara melalui Camatnya intens membangun komunikasi kemitraan dengan para mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan X Tahun 2023 Universitas Sembilanbelas November Kolaka (USN-Kolaka) yang saat ini sedang melaksanakan pengabdian di wilayahnya.

Di berbagai kesempatan,  Camat Lambai Kolut, Andi Usbanuddin mengungkapkan, pihaknya  tak ingin kehadiran atau keberadaan mahasiswa KKN yang sementara melaksanakan berbagai program kerja (proker) di wilayah binaannya itu, tidak membawa nilai perubahan bagi kehidupan masyarakat pedesaan di Kolut, khususnya di Kecamatan Lambai.

“Tentu sangat kita harapkan baik pihak USN Kolaka maupun Pemkab Kolut, kehadiran mahasiswa KKN ini membawa nilai bagi pembangunan dan kemajuan  di wilayah pedesaan, “ungkap Andi Usbanuddin ketika membuka Seminar Desa Mahasiswa KKN USN-Kolaka Angkatan X Tahun 2023 Posko Desa Latawaro di halaman kantor desa setempat, Ahad (5/8) malam.

Lebih jauh kata Usbanuddin, untuk kepentingan pembangunan dan kemajuan tersebut, saya mewakili pemerintah kecamatan dan secara pribadi mengajak para mahasiswa yang berada di posko-poskonya pada 7 desa di Kecamatan Lambai untuk bahu-membahu, membangun ikatan persaudaraan dengan warga masyarakat serta menjalin komunikasi dan kemitraan yang kuat dalam rangka mengaktualisasikan berbagai macam proker yang sudah disusun dan diseminarkan di tingkat desanya masing-masing.

Baca juga :   Guyuran Hujan Warnai Pembukaan MTQ ke-46 Kabupaten Kolaka

“Saya mengajak para mahasiswa KKN untuk perkuat penataan desa. Sebagai contoh, program-program pembinaan yang selama ini dilaksanakan di tingkat desa berupa kegiatan dasa wisma, PKK dan Posyandu dapat digalakkan dan ditingkatkan lagi termasuk sinergi program-program desa dan kemasan program mahasiswa KKN sesuai hasil observasi lapangan,” tandasnya.

Sementara  dosen pembimbing KKN Posko Desa Latawaro, Takwa Rachman menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan secara khusus kepada  pemerintah kecamatan dan desa atas kesediaan menerima dan menyambut baik Mahasiswa KKN USN Kolaka Angkatan X Tahun 2023.

“Mahasiswa kami yang melaksanakan pengabdian di wilayah pedesaan, dapat berkontribusi karena tak lepas dari dukungan, perhatian dan pembinaan maupun bimbingan aparat kecamatan dan desa dilokasi giatnya masing-masing. Hal inilah yang patut kita syukuri, dan para mahasiswa adalah anak-anak kita yang sejauh ini terjun ke tengah masyarakat bagaimana mana mereka memahami, meresapi dan menyelami arti kehidupan senyatanya di tengah masyarakat desa. Karsa maupun kiprah mereka akan teruji selama mereka beradaptasi dengan warga masyarakat, “tukas Dosen USN Kolaka ini.

Baca juga :   Dinas PP dan KB Kolaka Jalin Silaturahmi dengan Insan Pers

Kepala desa (Kades) Latawaro, Tasmir  menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi upaya-upaya nyata yang dilakukan para mahasiswa KKN, khususnya di wilayah desanya itu.

“Pada prinsipnya, kami selaku kades bersama warga masyarakat berterima kasih dan sangat mendukung proker yang sudah disusun berdasarkan hasil observasi lapangan mahasiswa. Dengan adanya mahasiswa di desa akan banyak manfaat diperoleh karena mahasiswa selama bergiat dapat bersinergi dan memperoleh pengalaman di masyarakat, begitu pula warga masyarakat terbantu dengan kehadiran mahasiswa baik dalam pendampingan  maupun interaksi sosial lainnya. Kami siap berkolaborasi dan memfasilitas mahasiswa dalam giat KKN-nya, “jelas Kades Latawaro.

Acara Seminar Desa dan Malam Ramah Tamah HUT ke-26 Desa Latawaro Kecamatan Lambai, diisi penyerahan piala kepada para pemenang lomba-lomba giat perayaan HUT desa, seperti pertandingan volly bal, sepak takraw antar dusun, dan tak kalah pentas hiburan nyanyi dan tarian lulo.

Untuk diketahui, Seminar Pemaparan Program Mahasiswa KKN itu dirangkai Malam Ramah Tamah HUT Ke-26 Desa Latawaro dihadiri aparat kecamatan, para kepala desa, Babinsa dan Babinkamtimas, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, para kaur dan kadus se-Desa Latawaro, warga masyarakat dan mahasiswa KKN. (Rls)

Baca juga :   Disnakertrans Kolaka Apresiasi Kepatuhan PT Vale

 

Artikel ini telah dibaca 63 kali

Baca Lainnya

Mahasiswa UHO Studi Lapang Pengelolaan Lahan Pascatambang PT Vale IGP Pomalaa

18 Juli 2024 - 09:25

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT Vale IGP Pomalaa Tanam Ribuan Bibit Bakau

11 Juli 2024 - 10:05

446 Mahasiswa USN Kolaka Diwisuda

1 Juli 2024 - 16:15

SMKN 9 Kolaka Raih Predikat Satuan Pendidikan Kemajuan Terbaik

28 Juni 2024 - 11:02

Pengurus PMI Kolaka Masa Bakti 2023-2024 Dilantik

20 Juni 2024 - 22:27

Pemkab Kolaka Gelar Rembuk Stunting

19 Juni 2024 - 20:40

Trending di Kolaka