Menu

Mode Gelap

Berita Utama · 26 Mar 2024 21:00

Dampak Global Warming Membayangi, Pemprov Sulsel Bakal Launching GTP Bagikan 50.000 Bibit Pohon


 Dampak Global Warming Membayangi, Pemprov Sulsel Bakal Launching GTP Bagikan 50.000 Bibit Pohon Perbesar

SULTRAKITA.COM, WATAMPONE —Dalam rangka menyukseskan Program Gerakan Tanam Pohon (GTP) dalam upaya menanggulangi dampak global warming yang telah membayangi masa depan Bumi.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone beserta pihak swasta akan membagikan sedekah pohon sebanyak 50.000 pohon.

Sedekah pohon ini akan dilangsungkan dan dilaunching dalam rangkaian acara Nuzulul quran yang akan diselenggarakan pada 27 Maret 2024 di Lapangan Merdeka Jalan Petta Ponggawae kelurahan Manurunge kecamatan Tanete Riattang.

Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin di kediamannya dalam acara pemberian santunan dan buka puasa bersama, menyampaikan akan melaunching program Gerakan Tanam Pohon sebagai salah satu wujud kepedulian atas dampak pemanasan global.

“Kita mau menjadi bagian dari kampanye dunia untuk mengurusi yang namanya pemanasan global, dunia yang disebut planet bumi ada 8 miliar orang yang hidup didalamnya dan bumi ini telah dikelola puluhan ribu tahun,” ungkapnya, Senin (26/3).

Ia juga menuturkan bahwa 2/3 dari hutan Sulsel telah hancur dan alam telah berada diambang kerusakan hingga dampaknya telah dirasakan dengan adanya perubahan iklim yang signifikan.

Baca juga :   Gerbong ITK Buton Siap Cetak SDM Kembangkan Sektor Kelautan dan Perikanan Sultra

“Oleh karenanya alam ini harus dirawat
terasa sekali kalau dimusim kering kalau dulu hanya 32 derajat sekarang sudah 36 derajat celsius Sulsel, hanya beda 4 derajat dengan Saudi arabia yang 40 derajat,” terangnya.

Ia juga menekankan agar penanaman pohon dilakukan disesuaikan dengan kondisi alam yang ada, misalnya untuk dilahan kering ditanami dengan pohon yang buahnya mengandung getah karena mudah tumbuh serta juga dapat mereboisasi.

Seperti halnya di Kabupaten Bone beberapa contoh tanaman pohon yang sesuai dengan kondisi alam di Bone yang bisa ditanami adalah sukun,nangka,manggis,Langsat,durian dan pisang.

“Oleh karenanya alam ini harus ditanami tetapi jangan sembarang ditanami, tanamlah tanaman buah buahan yang sekaligus selain memulihkan alam, juga bisa menjadi sumber gizi dan penghasilan masyarakat,” jelasnya.

Pemberian sedekah pohon ini juga atas kerja sama pemprov Sulawesi Selatan dan pihak swasta yang mendukung program gerakan tanam pohon tersebut.

Menurut PJ gubernur Sulsel, pihak swasta mendukung dengan memberikan bantuan sedekah pohon sebanyak kurang lebih 20000 pohon sedangkan pemrov Sulsel sebanyak 30000 lebih pohon.

Baca juga :   Momen Puncak Hantaru Ke 63, Pj Gubernur Sulsel Jadi Irup

“Besok di Bone kita akan memberi pesan kepada seluruh Sulsel,seluruh Indonesia bahkan di seluruh dunia bahwa di Sulawesi Selatan saya seorang gubernur mencanangkan sebuah gerakan namanya sedekah pohon lebih dari 50000 pohon besok akan kita bagi-bagikan,” pungkasnya. (WRD)

Artikel ini telah dibaca 121 kali

Baca Lainnya

Bakal Cawagub Sultra, Burhanuddin Saputu Ikuti UKK Cakada PKB

29 Mei 2024 - 23:47

Halalbihalal bersama Wartawan, PT Vale Tegaskan Komitmen Penerapan Pertambangan Berkelanjutan

29 Mei 2024 - 16:28

Bupati Koltim Ingatkan Perencana di OPD Susun Anggaran Tepat Sasaran

29 Mei 2024 - 15:10

FKIP USN Kolaka Gelar Edufest – Lomba Kreativitas Mahasiswa 2024

28 Mei 2024 - 19:26

Maskot Pilkada Bone La Garuda’E; Lahirkan Pemimpin Berjiwa Kesatria.

27 Mei 2024 - 00:16

Turnamen 99 Community Cup II Bakal Digelar, Berhadiah 100 Juta Rupiah

25 Mei 2024 - 23:58

Trending di Sulselkita