Menu

Mode Gelap

Terbaru · 22 Feb 2018 16:19

DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN KOLAKA GELAR LOMBA BERCERITA TINGKAT SD/MI


 DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN KOLAKA GELAR LOMBA BERCERITA TINGKAT SD/MI Perbesar

SULTRAKITA.COM, KOLAKA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kolaka menggelar Lomba Bercerita Bagi Siswa SD/MI se-Kabupaten Kolaka, Kamis, 22 Februari 2018. Tema yang diusung dalam lomba ini adalah “Melalui Kegiatan Lomba Bercerita Kita Tumbuh Kembangkan Kegemaran Membaca dan Kecintaan terhadap Budaya Lokal”.

Lomba ini merupakan agenda tahunan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kolaka, serta dalam rangka untuk memeriahkan ulang tahun Kabupaten Kolaka yang ke-58.

Plt. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kolaka, Zulkarnain, S.E., M.M. berharap kegiatan ini dapat meningkatkan budaya literasi di kalangan anak-anak. “Harapan kita dari lomba ini adalah untuk meningkatkan minat baca tulis di kalangan siswa SD/MI, serta membangun kecintaan terhadap budaya bangsa melalui kegiatan bercerita” ujar Zulkarnain.

H. Ishak P., S.Pd.I selaku pemerhati perpustakaan menuturkan bahwa lomba ini sangat efektif untuk menjaring anak-anak yang gemar bercerita. “Biasanya anak yang gemar bercerita adalah anak yang rajin membaca. Oleh karena itu, anak-anak perlu diarahkan agar gemar membaca, menambah ilmu dan pengetahuan baik ilmu-ilmu agama maupun iptek di perpustakaan sekolah, perpustakaan daerah, maupun di taman baca”.

Baca juga :   Pemkot Baubau Helat MTQ ke-X

Samsuddin, S.Pd., M.Hum selaku juri lomba bercerita mengungkapkan bahwa kegiatan semacam ini harus tetap didorong dan ditumbuhkan. “Kegiatan lomba bercerita merupakan sarana untuk menggali nilai-nilai budaya dan kearifan lokal daerah, serta karakter bangsa”.

Aspek penilaian dalam lomba ini yakni penampilan, cara /teknik bercerita, penguasaan materi, kemampuaan dan skill, dan penggunaan alat bantu atau alat peraga.

Berdasarkan penilaian tim juri, terpilih sebagai juara I adalah Sahrah Kalsum dari SDN 1 Lamokato, Juara II Andi Agung dari SDN 1 Kolokaasi, dan Juara III M. Najip Maulana dari SDN 1 Watuliandu.

Sahrah Kalsum sebagai pemenang pertama berhak mewakili Kabupaten Kolaka pada lomba yang sama di tingkat provinsi yang akan digelar di Kota Kendari pada bulan Juni 2018. Jika beruntung di tingkat provinsi, maka peluang bertemu dengan Presiden Jokowi di HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2018 di Jakarta pada lomba bercerita tingkat nasional dapat terwujud.

Artikel ini telah dibaca 20 kali

Baca Lainnya

Pemkab Koltim Fokus Tingkatan Kinerja dan Reformasi Birokrasi

4 Juni 2024 - 20:21

PT Vale Serahkan Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Banjir Bandang dan Longsor di Luwu

7 Mei 2024 - 12:17

Peringati Hari Ibu, Sekda Sultra Ajak Semua Pihak Hargai Perjuangan Perempuan

23 Desember 2023 - 07:51

Kelola Sampah secara Terpadu, Antam Gagas Program Momahe

11 Desember 2023 - 17:31

sultrakita.com, Pengelolaan Sampah Antam

Serikat Pekerja PT Antam UBPN Kolaka Bantu Rakyat Palestina

8 Desember 2023 - 17:17

PT Vale Raih CSA Awards 2023 Kategori The Best Materials Sector on the Main Board

24 November 2023 - 14:15

CSA Award
Trending di Terbaru