Menu

Mode Gelap

Terbaru · 19 Nov 2018 05:24

INI PROGRAM PRIORITAS DINAS SOSIAL WAKATOBI


 KEPALA DINAS SOSIAL KABUPATEN WAKATOBI JAMRUDIN Perbesar

KEPALA DINAS SOSIAL KABUPATEN WAKATOBI JAMRUDIN

SULTRAKITA.COM, WAKATOBI – Untuk mewujudkan Wakatobi sebagai Kabupaten Maritim Yang Sejahtera dan Berdaya Saing, Dinas Sosial Kabupaten Wakatobi (Dinsos Wakatobi) terus berupaya mengoptimalkan program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Demikian disampaikan Jamrudin, Kepala Dinsos Wakatobi, saat dikonfirmasi (Senin, 19/11).

Menurut Jamrudin, sebagai bagian dari pembangunan daerah, peningkatan kesejahteraan masyarakat mutlak dilakukan utamanya dibidang sosial.

Bidang sosial ini merupakan upaya pengembangan Sumberdaya Manusia dan Sumberdaya Alam di Wakatobi. Karenanya, pembangunan di bidang sosial diarahkan untuk memberikan kontribusi nyata dan terukur, dalam rangka menekan peningkatan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) baik kualitatif maupun kuantitatif.

PMKS dimaksud merupakan masyarakat miskin dan rentan yang perlu mendapatkan pelayanan kesejahteraan sosial.

“Dengan pendekatan pekerjaan sosial Dinsos Wakatobi berupaya memenuhi kebutuhan sosial seluruh masyarakat, karena mereka memiliki hak dan kewajiban yang sama sebagai warga negara,” tutur Jamrudin.

Lanjutnya, pendekatan pekerjaan sosial didasarkan pada hak sosial yang berhubungan langsung dengan harkat dan martabat manusia yang tidak bisa dinegosiasikan.

Pendekatan ini menempatkan negara, pemerintah daerah dan masyarakat, sebagai penyelenggara kesejahteraan sosial melalui intervensi pelayanan dan rehabilitasi sosial.

Baca juga :   Jaga Netralitas ASN, Pemda Wakatobi Bentuk Tim Cyber

Gambaran kondisi tersebut, kata Jamrudin, menjadi titik awal munculnya Empat (4) Program Prioritas Dinas Sosial Kabupaten Wakatobi. Keempat program prioritas ini dijabarkan bawah ini;

Meski Penyelenggaraan urusan sosial berjalan dengan baik, namun masih ditemui beberapa kendala terutama berkaitan dengan data masyarakat miskin. Karena itu, Dinas Sosial Kabupaten Wakatobi selalu aktif melakukan koordinasi bersama pihak Setda Wakatobi dan Bappeda selaku Sekretariat Tim Koordinasi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Daerah.

“Sejatinya urusan kemiskinan adalah urusan yang melibatkan banyak stake holder, olehnya itu diperlukan mekanisme koordinasi yang lebih baik sehingga target Pemda Wakatobi mengurangi angka kemiskinan bisa terarah,” terang Jamrudin

Upaya Dinsos Wakatobi, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terus dilakukan Dinsos Wakatobi. Salah satunya dengan membangun ekonomi kemaritiman yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Ini sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Wakatobi Tahun 2016-2021.

Penerapan RPJMD ini diimplementasikan melalui Lima (5) agenda utama pembangunan, yakni Pengembangan Kualitas Sumberdaya Manusia, Kedua Membangun Ekonomi Kemaritiman yang Berkelanjutan dan Berwawasan Lingkungan, serta misi ketiga yaitu Membangun Infrastruktur Wilayah.

Baca juga :   Bupati Tinjau Lokasi Jalan RSUD Wakatobi

Misi Keempat Yakni Mengembangkan Pemerintahan yang inovatif dan partisipatif serta layanan publik yang berkualitas berbasis teknologi informasi. Misi Kelima adalah membangun kolaborasi regional, nasional, dan internasional.**

PROGRAM SOSIAL WAKATOBI BERSINAR

Program Wakatobi Bersinar merupakan salah satu Program unggulan Dinas Sosial Kabupaten Wakatobi, kegiatan ini diperuntukkan bagi kelompok usaha di Wakatobi.

Ditahun 2017 lalu, Dinsos Wakatobi membagi peruntukkan penerima bantuan kedalam tiga (3) golongan penerima, yaitu Pemberian Bantuan untuk Individu dan Lembaga Pendukung Penyelenggara Kesejahteraan Sosial.

Untuk tahun 2017 Dinsos Wakatobi mengalokasikan bantuan bagi 10 kelompok penerima manfaat. Dengan jumlah anggota tiap kelompok sebanyak 5 (lima) jiwa. Ini berarti penerima manfaat untuk kegiatan ini diperkirakan sebanyak 50 jiwa.

Berikutnya Bantuan Kesejahteraan Bagi Keluarga Veteran. Bantuan ini diperuntukkan bagi keluarga veteran kategori fakir miskin. Ditahun yang sama, Dinsos Wakatobi mengalokasikan pada 10 kelompok penerima manfaat, dengan jumlah anggota tiap kelompok sebanyak 5 (lima) jiwa, total penerima manfaat sebanyak 50 oranhlg.

Yang terakhir adalah Pemberian bantuan modal bagi Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Keluarga Miskin. Bantuan ini diperuntukkan bagi keluarga penerima PKH yang memiliki usaha.

Baca juga :   Gugus Tugas Covid-19 Sultra Raih Terbaik Kedua Nasional

Untuk Bantuan KUBE, Dinsos mengalokasikan bagi 15 kelompok penerima manfaat, dengan jumlah anggota tiap kelompok sebanyak 5 (lima) orang. Ini berarti penerima manfaat untuk kegiatan ini diperkirakan sebanyak 75 jiwa.

“Program sosial wakatobi bersinar dengan 3 (tiga) kegiatan utama ditargetkan dapat menambah penghasilan bagi 175 masyarakat. Harapan besar kami 175 orang ini dapat keluar dari garis kemiskinan,” tutup Jamrudin Kepala Dinas Sosial Kabupaten Wakatobi. **

Artikel ini telah dibaca 119 kali

Baca Lainnya

Peringati Hari Ibu, Sekda Sultra Ajak Semua Pihak Hargai Perjuangan Perempuan

23 Desember 2023 - 07:51

Kelola Sampah secara Terpadu, Antam Gagas Program Momahe

11 Desember 2023 - 17:31

sultrakita.com, Pengelolaan Sampah Antam

Serikat Pekerja PT Antam UBPN Kolaka Bantu Rakyat Palestina

8 Desember 2023 - 17:17

PT Vale Raih CSA Awards 2023 Kategori The Best Materials Sector on the Main Board

24 November 2023 - 14:15

CSA Award

Pusat Karir USN Kolaka Gelar Pelatihan Penulisan Artikel bagi Mahasiswa

18 November 2023 - 17:32

Pusat Karir USN Kolaka Gelar Pelatihan Penulisan Artikel bagi Mahasiswa

PT Vale Raih Peringkat Gold Laporan Keberlanjutan Terbaik di Asia Sustainability Reporting Rating 2023

7 November 2023 - 14:45

Wakil Presiden Direktur PT Vale Adriansyah Chaniago
Trending di Terbaru