Menu

Mode Gelap

Terbaru · 25 Feb 2018 18:22

INILAH 5 PEMENANG SAYEMBARA CERPEN DERADIKALISME LIPPOS – PPIM UIN JAKARTA TAHUN 2018


 INILAH 5 PEMENANG SAYEMBARA CERPEN DERADIKALISME LIPPOS – PPIM UIN JAKARTA TAHUN 2018 Perbesar

SULTRAKITA.COM, Jakarta – Setelah melalui proses penilaian yang cukup ketat, panitia mengumumkan peserta terpilih dalam sayembara penulisan cerpen berbasis pantun lokal untuk menangkal radikalisme tahun 2018. Penilaian yang dilaksanakan 19 Februari 2018 di Kendari itu menghasilkan 5 orang guru pemenang.

Kegiatan sayembara ini merupakan bagian dari proyek Civil Society Capacity Building (SCCBI) atas kerjasama antara Lembaga Penelitian Pengembangan Pendidikan dan Sosial (LIPPOS) dengan Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Jakarta.

Tujuan sayembara ini adalah menjaring guru-guru SD kelas IV, V, dan VI untuk bergerak bersama mencegah gerakan dan paham radikalisme. “Radikalisme adalah fenomena yang mengganggu kedamaian dan ketentraman masyarakat. Oleh karena itu, salah satu langkah yang kami tempuh adalah dengan transformasi pantun lokal menjadi cerpen deradikalisme yang selanjutnya diajarkan kepada siswa SD” ujar Sarmadan selaku Direktur Eksekutif LIPPOS.

Ia melanjutkan bahwa pantun lokal banyak mengandung nilai-nilai dan ajaran-ajaran perdamaian. “Diharapkan dengan pengembangan pantun yang sarat dengan nilai-nilai karakter bangsa akan dapat menumbuh-kembangkan naluri kemanusiaan yang penuh dengan rasa hormat menghormati, kasih sayang, cintai damai, toleransi, persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI” tegas Sarmadan.

Baca juga :   Gempa Cianjur, PT Vale Indonesia Kirim Tim Tanggap Darurat

Indikator penilain dari pihak panitia, yaitu 1) kelengkapan aspek formal cerpen, 2) kelengkapan unsur intrinsik cerpen, 3) keterpaduan unsur/struktur cerpen, 4) kesesuaian penggunaan bahasa cerpen, dan 5) kesesuaian tema dan karangan cerpen dengan tema deradikalisme. Adapun juri dalam sayembara ini adalah Sarmadan, S.Pd., M.Pd., Fenandes Arung, S.Pd., M.Pd., dan Zakridatul Agusmaniar Rane, S.Pd., M.A.

Zakridatul Agusmaniar Rane selaku salah satu juri mengungkapkan bahwa semua peserta memiliki kemampuan baik dalam menulis. “Kami cukup kesulitan dalam memlilih 5 peserta terbaik, tetapi pada akhirnya kami tetap akan memilih yang terbaik dari beberapa peserta” ujar Zakridatul.

Adapun pemenangnya adalah sebagai berikut:
1. WA SREE GALUATRY RACHMAN, S.Pd., M.Pd. (SDN 8 Tongkuno, Kabupaten Muna)
2. SAMUDIN, S.Pd. (SDN 3 Baubau, Kota Baubau)
3. UKASNO, S.Pd. (SDN 2 Lalombaa, Kabupaten Kolaka)
4. MULIANA, S.Pd., (SDN 2 Lalombaa, Kabupaten Kolaka)
5. SRY NURFATMI, S.Pd. (SDN 14 Sikeli, Kab. Bombana)

Para pemenang sayembara selanjutnya akan mengikuti pelatihan di salah satu hotel di Kendari selama 2 hari. “Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan pendalaman materi tentang kiat-kiat deradikalisme, teknik menulis cerpen deradikalisme, serta prosedur publikasinya” tutup Sarmadan.

Artikel ini telah dibaca 35 kali

Baca Lainnya

Peringati Hari Ibu, Sekda Sultra Ajak Semua Pihak Hargai Perjuangan Perempuan

23 Desember 2023 - 07:51

Kelola Sampah secara Terpadu, Antam Gagas Program Momahe

11 Desember 2023 - 17:31

sultrakita.com, Pengelolaan Sampah Antam

Serikat Pekerja PT Antam UBPN Kolaka Bantu Rakyat Palestina

8 Desember 2023 - 17:17

PT Vale Raih CSA Awards 2023 Kategori The Best Materials Sector on the Main Board

24 November 2023 - 14:15

CSA Award

Pusat Karir USN Kolaka Gelar Pelatihan Penulisan Artikel bagi Mahasiswa

18 November 2023 - 17:32

Pusat Karir USN Kolaka Gelar Pelatihan Penulisan Artikel bagi Mahasiswa

PT Vale Raih Peringkat Gold Laporan Keberlanjutan Terbaik di Asia Sustainability Reporting Rating 2023

7 November 2023 - 14:45

Wakil Presiden Direktur PT Vale Adriansyah Chaniago
Trending di Terbaru