Menu

Mode Gelap

Berita Utama · 1 Des 2023 16:49

Makam Raja Bone Ke XVI Ditetapkan Jadi Cagar Budaya


 Makam Raja Bone Ke XVI Ditetapkan Jadi Cagar Budaya Perbesar

SULTRAKITA.COM, WATAMPONE — Makam Raja Bone Ke XVI, La Patau Matanna Tikka Matinroe Ri Nagauleng, ditetapkan menjadi Cagar Budaya oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bone melalui Dinas Kebudayaan.

Penetapan Makam Raja Bone Ke XVI sebagai Cagar Budaya, dilakukan dalam Sidang Cagar Budaya Tahun 2023, di Baruga La Teya Riduni, Kompleks Rumah Jabatan Bupati Bone, Jumat (1/12).

Selain Makam Raja Bone Ke XVI yang terletak di Kecamatan Cenrana, Pemda Bone juga menetapkan Struktur Batu Goro’e (Sumpang Labbu) Kecamatan Bengo dan Kompleks Makam La Paijo Kecamatan Kajuara, sebagai Cagar Budaya.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bone, H Andi Murni menuturkan, penetapan Makam Raja Bone Ke XVI dan dua lainnya sebagai Cagar Budaya, diawali dengan pendaftaran Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB) oleh Tim Pendaftaran Cagar Budaya (TPCB) kepada Tim Ahli Cagar Budaya (TACB).

Kemudian TACB Universitas Hasanuddin yang diketuai oleh Profesor Dr Muhlis Hadrawi, mengkaji ODCB yang telah didaftarkan oleh TPCB Kabupaten Bone.

Selanjutnya TACB merekomendasikan apakah ODCB yang telah didaftarkan, layak atau tidak menjadi Cagar budaya melalui Sidang Penetapan.

Baca juga :   Meriahkan Hut Sultra, Pemda Kolaka Utara Siap Tampilkan Ekonomi Kreatif

“Kemudian rekomendasi dari Tim Ahli Cagar Budaya tersebut, diserahkan kepada Bupati Bone untuk ditetapkan dengan Surat Keputusan sebagai Cagar Budaya Bone Tahun 2023,” tutur H Andi Murni.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bone, Andi Muhammad Guntur menuturkan, tiga Cagar Budaya yang didorong melalui Sidang Penetapan, memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama dan kebudayaan di Kabupaten Bone.

“Sidang Cagar Budaya telah sesuai dengan amanah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya,” kata Pj Sekda Bone. (WRD)

Artikel ini telah dibaca 115 kali

Baca Lainnya

Pj Bupati Bone Serahkan Bantuan Mesin IKM Kepada Pelaku Industri

25 Juni 2024 - 12:56

Antrian Beras Dominasi Pasar Murah Dinas Ketapang Bone

25 Juni 2024 - 10:26

Bupati Koltim Kukuhkan Perpanjangan Masa Jabatan Kades dan Anggota BPD

24 Juni 2024 - 15:48

PT Vale Serahkan Bantuan Alkes dan Paket Makanan Sehat untuk Puskesmas di Area Pemberdayaan

24 Juni 2024 - 11:02

Bupati Koltim Ajak Masyarakat Ciptakan Pilkada Damai

22 Juni 2024 - 21:35

Masyarakat Apresiasi Komitmen Keberlanjutan PT Vale

22 Juni 2024 - 11:43

Trending di Berita Utama