Menu

Mode Gelap

Terbaru ยท 6 Jun 2021 08:28 WITA

Membumikan Inovasi Teknologi Balitbangtan , Peserta Bimtek Di Ajak Field Trip di KP Onembute


 Membumikan Inovasi Teknologi Balitbangtan , Peserta Bimtek Di Ajak Field Trip di KP Onembute Perbesar

SULTRAKITA. COM, KONSEL – Dalam rangka membumikan inovasi teknologi Balitbangtan, peserta Bimbingan Teknis (Bimtek) di ajak berwisata (Field Trip) di lahan Kebun Percobaan (KP) Onembute milik BPTP Sultra . Kamis, (3/6/2021).

Kepala Balitbangtan BPTP Sultra Muhammad Sidiq, S.TP, MM yang diwakili oleh Sub Koordinator Program dan Evaluasi Dr. Ir. Muhammad Alwi Mustaha, M.Si, menjelaskan, kegitan Field Trip ini bertujuan untuk menambah wawasan peserta Bimtek.

“Field Trip adalah melihat langsung penerapan inovasi teknologi Balitbangtan, terkait dengan perbenihan tanaman jagung, pengelolaan ternak sapi potong, hijauan pakan ternak unggul dan pengolahan pupuk ,” terangnya.

Dalam kegiatan fiel trip ini, kata Alwi Mustaha, dipandu oleh peneliti dan penyuluh Balitbangtan BPTP Sultra. Dan akan menjelaskan terkait dengan teknologi perbenihan tanaman jagung, peternakan sapi potong serta HPT dan pemanfaatan limbah pertanian.

Sebelum menutup Muhammad Alwi Musataha, memberikan motivasi kepada peserta Bimtek, agar menerapkan strategi sukses dalam berusaha tani dengan motto lebih baik mencegah daripada mengobati.

“Untuk itu, saya berpesan kepada seluruh Petani agar semangat “membaca, membaca materi bimtek, dan menerapkannya”. Jaya Terus Pertanian Indonesia menuju Pertanian yang Maju Mandiri dan Modern,” pungkasnya.

 

Salah satu penyuluh Assayuthi Ma’suf, SP menjelaskan, tentang teknologi perbenihan tanaman jagung dari proses penyiapan benih, pengolahan lahan, pemupukan sampai pada panen dan pasca panen.

Kemudian Miftah Hidayat, S.Pt bersama tim menjelaskan tentang teknologi budidaya peternakan, hijauan pakan ternak serta melakukan praktek pembuatan pakan fermentasi untuk sapi, berupa silase dari limbah tanaman jagung.

” Sehingga diharapkan silase ini, nantinya dapat dimanfaatkan oleh sapi yang ada di KP Onembute, sebagai pakan tambahan selama 10 hari kedepan untuk meningkatkan BCS sapi tersebut,” tutupnya.

Antusias peserta bimtek sangat nampak, terutama ketika prektik pembuatan pakan fermentasi untuk sapi. Salah satu peserta Suhardi mengatakan, dirinya sangat berterima kasih kepada Balitbangtan BPTP Sultra yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini.

” Melalui bimtek ini kami mampu mengenal beberapa inovasi teknologi produksi tanaman padi dan ini dapat membantu untuk meningkatkan produktivitas usaha tani kami,” ringkasnya.

Pada penutupan acara Fiel Trip, Koordinator Jabatan Fungsional Nana Sudarna menyampaikan, terima kasih dan berharap agar apa yang diperoleh dalam kegiatan Bimtek dapat diterapkan, sehingga dapat meningkatkan produktivitas pada usaha taninya.

 

Perlu diketahui, kegiatan Field Trip ini diwali dengan peserta melakukan kunjungan di lokasi perbenihan tanaman jagung. Di akhir acara dilakukan diskusi antara peserta dan pemandu. (IKL)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

Baca Lainnya

Asrun Lio Jabat Plh Sekda Sultra

6 April 2022 - 19:21 WITA

Jadwal Kapal Tertunda, Penumpang Cantika Lestari 8F Demo KSOP Kendari

10 Maret 2022 - 22:58 WITA

1.117 Napi Beragama Hindu dapat Remisi

3 Maret 2022 - 15:18 WITA

Pelatihan Pengambilan Sampel PCR Covid-19 Digelar Dinkes Kolaka

16 Februari 2022 - 15:07 WITA

Sekda Lantik Pejabat Administrator dan Pengawas Lingkup Pemda Kolaka

2 Februari 2022 - 15:21 WITA

Muna Barat Jalin Kerjasama Pengembangan Inovasi Teknologi Pertanian

2 Juli 2021 - 07:11 WITA

Trending di Terbaru
error: Content is protected !!