Menu

Mode Gelap

Terbaru · 2 Jul 2021 07:11

Muna Barat Jalin Kerjasama Pengembangan Inovasi Teknologi Pertanian


 Muna Barat Jalin Kerjasama Pengembangan Inovasi Teknologi Pertanian Perbesar

SULTRAKITA.COM, KENDARI – Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Tenggara membuka ruang seluas-luasnya kepada daerah di Sultra untuk sama-sama menggali potensi pertanian. Hal ini dibuktikan dengan adanya sebaran demplot teknologi inovasi berbagai komoditas di beberapa daerah di Sultra. Setiap demplot memiliki peneliti dan penyuluh yang secara rutin mengawasi perkembangan penerapan teknologinya.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Muna Barat (Mubar) menjajaki kerjasama dengan Balitbangtan BPTP Sultra. Kedatangan rombongan didasari oleh arahan Komisi II DPRD Kabupaten Muna Barat yang sebelumnya telah melakukan pertemuan dengan beberapa Peneliti dan Penyuluh terkait dengan pengembangan pembangunan pertanian di Kabupaten Muna Barat.

Sebelum dilakukan pertemuan terlebih dahulu rombongan didampingi oleh Sub Koordinator Seksi Pelayanan dan Kerjasama Muhammad Adlan Larisu melakukan kunjungan di beberapa display teknologi yang ada di perkarangan kantor diantaranya tanaman padi organik, cabai, tanaman obat, kacang kedelai, peternakan kambing dan peternakan ayam kampung unggul Balitbangtan (KUB) serta ayam Sensi. Salah satu display yang menarik perhatian rombongan yaitu teknologi ayam KUB dan Sensi.

Baca juga :   Jadi Icon Pariwisata, Pemda Wakatobi Abaikan Kebersihan di Pelabuhan Panggulubelo

Usai kunjungan di beberapa display teknologi pertanian Kepala Balitbangtan BPTP Sultra, Muhammad Sidiq, STP., MM. bersama pejabat struktural dan fungsional menerima rombongan di Aula.

 

Muhammad Sidiq menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Dinas beserta rombongan yang telah berkunjung dalam rangka menjalin kerjasama pengembangan teknologi pertanian.

“Salah satu tugas Balitbangtan BPTP Sultra sebagai UPT Badan Litbang Pertanian yaitu melaksanakan Pengkajian, Perakitan dan Pengembangan Teknologi Tepat Guna Spesifik Lokasi serta melakukan pendampingan dalam penyebarluasan dan pendayagunaan hasil pengembangan teknologi pertanian tepat guna spesifik lokasi,” ujar Muhammad Sidiq.

Ia mengatakan, terdapat beberapa inovasi teknologi yang telah dikembangkan oleh Balitbangtan BPTP Sultra yang saat ini telah didiseminasikan di beberapa kabupaten/kota seperti varietas unggul baru (VUB), peternakan ayam KUB, peternakan kambing Boerka, sistim pertanian terpadu dan beberapa teknologi lainnya. (Ikl)

Artikel ini telah dibaca 33 kali

Baca Lainnya

Peringati Hari Ibu, Sekda Sultra Ajak Semua Pihak Hargai Perjuangan Perempuan

23 Desember 2023 - 07:51

Kelola Sampah secara Terpadu, Antam Gagas Program Momahe

11 Desember 2023 - 17:31

sultrakita.com, Pengelolaan Sampah Antam

Serikat Pekerja PT Antam UBPN Kolaka Bantu Rakyat Palestina

8 Desember 2023 - 17:17

PT Vale Raih CSA Awards 2023 Kategori The Best Materials Sector on the Main Board

24 November 2023 - 14:15

CSA Award

Pusat Karir USN Kolaka Gelar Pelatihan Penulisan Artikel bagi Mahasiswa

18 November 2023 - 17:32

Pusat Karir USN Kolaka Gelar Pelatihan Penulisan Artikel bagi Mahasiswa

PT Vale Raih Peringkat Gold Laporan Keberlanjutan Terbaik di Asia Sustainability Reporting Rating 2023

7 November 2023 - 14:45

Wakil Presiden Direktur PT Vale Adriansyah Chaniago
Trending di Terbaru