Menu

Mode Gelap

Terbaru · 13 Jul 2018 01:41

PAD Wakatobi Meningkat, Ini Kata Samsul Bahri

SULTRAKITA.COM, WAKATOBI  – Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Wakatobi dari sektor pajak tahun 2018 mengalami peningkatan signifikan. Indikator ini bisa dilihat hingga Juli, dari Rp25 Ribu Objek Pajak, BPPRD Wakatobi berhasil menarik Rp2,8 Miliar lebih untuk PAD.

Peningkatan PAD ini diperoleh Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah  Kabupaten Wakatobi (BPPRD Wakatobi) dari pajak reklame serta Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Dari realisasi pajak hingga Juli tahun 2018 sebesar Rp 2,8 Miliar lebih, naik dibandingkan bulan yang sama tahun 2017, yakni hanya Rp2,5 Miliar lebih, atau selisih Rp240 Juta lebih.

La Ode Syamsul Bahri Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah  Kabupaten Wakatobi ( Kepala BPPRD Wakatobi) menyebutkan peningkatan PAD berupa pajak ini diperoleh BPPRD Wakatobi dari jumlah objek pajak yang sama serta tarif pajak yang sama dengan tahun lalu.

“Objek Pajaknya sama, tarifnya juga sama, yakni 10 persen dari total penghasilan objek pajak per bulan,” kata Syamsul Bahri saat dikonfirmasi (Jumat, 13/7).

Baca juga :   RS Siloam Buton Ajak Masyarakat Cegah Penyakit Gagal Jantung

Pencapaian ini, kata Syamsul Bahri tidak terlepas dari pendekatan yang dilakukan selama ia dipercaya memimpin BPPRD Wakatobi.

Menurutnya, Perubahan pendekatan yang ia lakukan cukup efektif dengan cara mendatangi langsung objek pajak ditempat usahanya.

Metode yang lebih dikenal Official assessment system merupakan sistem pemungutan pajak yang memberi wewenang kepada Daerah ntuk menentukan besarnya pajak yang terutang oleh wajib pajak.

“Tahun lalu kita berikan kepercayaan kepada Wajib Pajak (WP) untuk melapor dan membayar pajaknya sendiri,” tutup Syamsul Bahri. (Man)

Artikel ini telah dibaca 43 kali

Baca Lainnya

Tim Penilai PKK Koltim Lakukan Penilaian di Desa Lalosingi

14 Juni 2024 - 22:27

Pemkab Koltim Fokus Tingkatan Kinerja dan Reformasi Birokrasi

4 Juni 2024 - 20:21

PT Vale Serahkan Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Banjir Bandang dan Longsor di Luwu

7 Mei 2024 - 12:17

Peringati Hari Ibu, Sekda Sultra Ajak Semua Pihak Hargai Perjuangan Perempuan

23 Desember 2023 - 07:51

Kelola Sampah secara Terpadu, Antam Gagas Program Momahe

11 Desember 2023 - 17:31

sultrakita.com, Pengelolaan Sampah Antam

Serikat Pekerja PT Antam UBPN Kolaka Bantu Rakyat Palestina

8 Desember 2023 - 17:17

Trending di Terbaru