Menu

Mode Gelap

Sulselkita · 16 Des 2023 16:26

Pemkab Bone Sediakan Ribuan Hektar Lahan Untuk Budi Daya Sukun


 Pemkab Bone Sediakan Ribuan Hektar Lahan Untuk Budi Daya Sukun Perbesar

SULTRAKITA.COM, WATAMPONE — Sebagai wujud komitmen mengembalikan kejayaan Bone sebagai sentra produksi Sukun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone menyediakan ribuan Hektar lahan untuk budi daya Sukun.

Hal ini diutarakan Penjabat (Pj) Bupati Bone Andi Islamuddin, Sabtu (16/12), saat mendampingi Pj Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Bahtiar Baharudin, dalam agenda penanaman Sukun ditiga lokasi.

Tiga lokasi tersebut mencakup Wilayah Kabupaten Bone bagian Barat, tepatnya di area lahan Sekolah YAPIT Amali Bone, Kelurahan Mampotu Kecamatan Amali.

Selanjutnya di Desa Mattirowalie Kecamatan Bengo, kemudian di Desa Cani Sirenreng, Kecamatan Ulaweng.

Pj Bupati Bone Andi Islamuddin menyebutkan, Pemkab Bone melalui Pemerintah Desa, telah menyiapkan ribuan hektar lahan di Bone Barat sebagai lokasi penanaman sukun dan dan ditargetkan mencapai 10 ribu hektar setiap kecamatan.

“Hari ini kita melakukan penanaman sukun, lahan yang disiapkan sekitar 10 ribu hektar di Kecamatan Amali, 10 ribu hektar di Bengo, dan 10 ribu hektar di Ulaweng,” sebutnya.

Islamuddin berharap, dengan penanaman sukun di tiga lokasi itu, dapat menjadikan Kabupaten Bone sebagai sentra produsen sukun terbesar di dunia.

Baca juga :   Dinilai Berkinerja Baik, Kemendagri Terbitkan SK Pelantikan Asrun Lio Sebagai Pj Sekda Pemprov Sultra

“Ucapan terima kasih atas kepedulian Pj Gubernur Sulsel untuk memberikan bantuan bibit sukun kepada masyarakat Bone, ini tak terlepas atas arahan Bapak Gubernur, kami diminta untuk bekerja tidak tanggung-tanggung,” ucapnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Sulsel menuturkan tanaman hortikultura seperti sukun dan nangka cocok di Bone bagian Barat, apalagi sejak dulu Bone terkenal dengan produksi sukunnya.

“Daerah Bone Barat ini sangat terkenal dengan sukunnya di Indonesia, dan tanaman yang cocok memang disini adalah sukun dan nangka karena keterbatasan kandungan air,” singkatnya. (WRD)

Artikel ini telah dibaca 59 kali

Baca Lainnya

Maskot Pilkada Bone La Garuda’E; Lahirkan Pemimpin Berjiwa Kesatria.

27 Mei 2024 - 00:16

Turnamen 99 Community Cup II Bakal Digelar, Berhadiah 100 Juta Rupiah

25 Mei 2024 - 23:58

Resmi Digelar, 1755 Atlit Siap Berlaga di Porkab Bone

25 Mei 2024 - 18:53

396 Siswa SMAN 13 Bone Wisuda Penamatan, Ada yang bebas Tes di UI

20 Mei 2024 - 13:51

Yasir Machmud ‘Tampil Mesra’ Bersama Andi Asman Sulaiman; Sinyal Positif Untuk Masa Depan Bone

19 Mei 2024 - 12:30

Maju di Pilkada Bone, Andi Syamsiar Halid Resmi Daftar di Demokrat

18 Mei 2024 - 14:18

Trending di Berita Utama