Menu

Mode Gelap

Advertorial · 7 Agu 2023 20:55

Pemkot Kendari Sambut Kepulangan Jamaah Haji


 Pemkot Kendari Sambut Kepulangan Jamaah Haji Perbesar

SULTRAKITA.COM, KENDARI –Pemerintah Kota Kendari (Pemkot) menyambut ratusan jamaah haji usai melaksanakan rangkaian ibadah di tanah suci mekah. Sebanyak 3 kloter yakni kloter 24, 25 dan 42.

Para jemaah Haji tersebut diterima langsung oleh Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu yang didampingi Sekretaris Daerah Ridwansyah Taridala turut hadir Ketua DPRD Kota Kendari Subhan, perwakilan Kanwil Kemenag Sultra, Kanwil Kemenag Kota Kendari serta Rombongan jemaah Haji Kota Kendari, dilaksanakan salah satu hotel Kendari Senin, (7/8/2023)

Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu menyampaikan, pelaksanaan kegiatan penerimaan haji dilaksanakan sebagai upaya untuk membangun silaturahmi para jamaah dengan Pemkot Kendari serta masyarakat.

Pj Walikota Kendari saat memberikan sambutan

” Dalam penerimaan haji secara resmi, kami menyampaikan selamat datang warga kota Kendari yang menjadi jamaah Haji pada tahun ini. Kami juga menitipkan mari sama-sama kita mendo’akan Kota Kendari menjadi daerah yang tohyyibatun wa rabbun ghofur,” ucapnya.

Asmawa Tosepu menceritakan pengalaman saat menunaikan ibadah haji. Ia mengatakan bahwa, terdapat empat macam perjalanan dalam menjalankan ibadah haji ini.

Baca juga :   Asrun Lio : Tapak Tilas Oputa Yi Koo untuk Menanamkan Nilai-nilai Kepahlawanan kepada Generasi Muda

“Pertama adalah perjalanan fisik itu sudah pasti, perjalanan dari Kota Kendari ke Makkah, ke Madinah itu adalah perjalanan fisik. Tetapi selanjutnya adalah perjalanan sejarah bagaimana kita mengikuti apa yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim, Nabi Muhammad Sallahu Alaihi Wasalam. Selanjutnya adalah perjalanan menghadap Allah Subhanahu wa Taala dan perjalanan miniatur Padang Masyar,” jelasnya dalam memberi sambutan di kegiatan tersebut.

Jamaah Haji asal Kota Kendari saat menghadiri penyambutan Jamaah Haji

Ia berharap, berharap jemaah Haji Kota Kendari menjadi jamaah haji yang mabrur dan mabrurah serta menjadi contoh yang baik bagi lingkungan tempat tinggalnya secara khusus contoh bagi kota Kendari.

Jamaah Haji asal Kota Kendari saat menghadiri penyambutan Jamaah Haji

” Ada satu orang jamaah haji kita yang berpulang ke Rahmatullah dia adalah Haji Zakaria Sidik, yang lain Alhamdulillah kembali dalam keadaan sehat walafiat,” terangnya

Pj Walikota Kendari foto bersama dengan jamaah haji

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kota Kendari H. Muhammad Lalan Jaya mengatakan, sebanyak 632 orang jamaah haji asal Kota Kendari untuk tahun 2023 yang terbagi 3 kloter Embarkasi Makassar.

Baca juga :   Camat Lambai Kolut Ajak Mahasiswa Perkuat Penataan Desa

” Alhamdulillah dengan jadwal yang dikeluarkan Embarkasi Makassar jamaah haji Indonesia Sulawesi Tenggara terkhusus Kota Kendari telah tiba seluruhnya di tanah air, terkahir pada tanggal 2 Agustus 2023,” terangnya

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Kota Kendari itu menyebutkan, setelah sampai di tanah air tanggal 2 Agustus selanjutnya nanti tanggal 3 Agustus 2023 sore baru tiba di Kota Kendari.

” Kami sebagai panitia penyelenggara haji mengucapkan selamat datang dan selamat beraktivitas kembali di daerah semoga ibadah dan amal Solehnya dapat terus dilanjutkan. Kami juga menyampaikan apresiasi kepada Bapak Pj Wali Kota Kendari telah intens banyak meluangkan waktunya untuk kami berkordinasi,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Sultra yang diwakili oleh Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Marni mengapresiasi petugas haji serta jemaah haji yang saling membantu saat pelaksanaan ibadah di Mekkah. Pasalnya, di antara 2166 jemaah haji Sultra, ada sebanyak 701 orang jemaah lansia.

Ia mengaku salut dengan kebersamaan dan persaudaraan para jemaah haji asal Sultra khususnya Kota Kendari.

Baca juga :   PT Vale Edukasi Masyarakat Terkait Pengelolaan Sampah

“Kami dari Kemenag Sultra sudah mengevaluasi kelemahan-kelemahan yang kita dapatkan pada tahun ini. Tahun kemarin dengan adanya pembatasan usia yang meninggal ada sekitar 89 orang seluruh Indonesia, tahun ini ada sekitar 700 lebih,” tandasnya. (Adv)

Artikel ini telah dibaca 27 kali

Baca Lainnya

USN Kolaka Raih Peringkat Pertama dalam Visitasi Program PKKPT

21 Juni 2024 - 13:10

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT Vale Ajak Ibu PKK se-Loeha Raya Belajar Daur Ulang Sampah Plastik

21 Juni 2024 - 09:45

Pengurus PMI Kolaka Masa Bakti 2023-2024 Dilantik

20 Juni 2024 - 22:27

Bupati Serahkan Bonus dan Lepas Atlet Kontingan POPDA Koltim

20 Juni 2024 - 22:23

Sukseskan Coklit, KPU Bone Bakal Lantik 2264 Pantarlih

20 Juni 2024 - 20:08

PT Vale Kembali Fasilitasi Uji Kompetensi Wartawan, Dewan Pers Sampaikan Apresiasi

20 Juni 2024 - 18:01

Trending di Berita Utama