Menu

Mode Gelap

Advertorial · 7 Nov 2023 18:29

Pemprov Sultra Pastikan Penyaluran Pupuk Bersubsidi Tepat Sasaran


 Foto bersama usai mengikuti FGD Perbesar

Foto bersama usai mengikuti FGD

SULTRAKITA.COM, KENDARI – Petani di Sulawesi Tenggara (Sultra) masih menghadapi masalah kelangkaan pupuk bersubsidi. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya permintaan akibat peningkatan produksi, serta fluktuasi harga yang mempengaruhi hasil panen mereka. Untuk mengatasi hal ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra telah menegaskan komitmennya untuk mengawal penyaluran pupuk bersubsidi agar tepat sasaran.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Provinsi Sultra, La Ode Muh. Rusdin Jaya, menyatakan bahwa Pemprov Sultra kini terus bekerja sama dengan petani. Penyaluran pupuk kepada petani dilakukan melalui pengecer resmi yang telah ditunjuk di wilayah masing-masing, berdasarkan alokasi pupuk bersubsidi.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Sultra, La Ode Muhammad Rusdin Jaya saat memberikan sambutan

“Pemerintah Daerah/Kabupaten/Kota memegang peran penting dalam keberhasilan program pupuk bersubsidi karena mereka yang menentukan penerima pupuk bersubsidi dan melakukan pengawasan serta verifikasi langsung di lapangan,” ungkapnya pada Selasa (7/11).

Narasumber FGD

Ia menjelaskan bahwa untuk menghindari penyelewengan dalam penyaluran pupuk bersubsidi, perlu dilakukan perbaikan data penerima pupuk bersubsidi, metode penebusan, motivasi, kapasitas pengawasan, serta verifikasi dan validasi.

Peserta FGD saat mengikuti kegiatan

“Kami terus mengawal penyaluran pupuk bersubsidi agar tepat sasaran dan tepat waktu sesuai arahan dari Penjabat Gubernur Sultra dan Sekda Sultra. FGD Penyaluran Pupuk Bersubsidi Tahun 2023 ini adalah salah satu langkah untuk menyamakan frekuensi dengan pihak terkait guna mengatasi masalah kelangkaan pupuk di lapangan,”ujarnya.

Baca juga :   PT Vale Paparkan Teknologi Keamanan Bendungan pada Hexagon LIVE Indonesia 2023

Dalam kegiatan FGD dengan tema “Optimalisasi Penyaluran Pupuk Bersubsidi Tahun 2023 dan Persiapan Penginputan Data Penerima dan Kebutuhan Pupuk Bersubsidi Tahun 2024”, Distanak Sultra melibatkan berbagai pihak terkait seperti Senior Vice Presiden pupuk Indonesia wilayah timur, vice presiden pupuk Indonesia wilayah Sultra, kepala dinas yang membidangi fungsi pertanian se-Sultra, penggiat pupuk subsidi di Sultra, akademisi, dan media massa yang peduli terhadap pupuk subsidi.

“Langkah ini adalah upaya untuk memastikan penyaluran pupuk subsidi tahun 2023 berjalan optimal dan mempersiapkan penginputan data penerima serta kebutuhan pupuk bersubsidi tahun 2024 sesuai dengan tema kita,” pungkasnya. (Adv)

Artikel ini telah dibaca 67 kali

Baca Lainnya

Bupati Serahkan Bonus dan Lepas Atlet Kontingan POPDA Koltim

20 Juni 2024 - 22:23

DLH Wakatobi Susun Dokumen KLHS RPJMD 2025–2029, Bukti Pemda Terapkan Pembangunan Berkelanjutan Yang Berwawasan Lingkungan

23 Maret 2024 - 09:21

Peringati Isra Mi’raj, Pj Wali Kota Kendari Ajak Ummat Muslim Tingkatkan Kualitas Shalat

15 Februari 2024 - 15:13

Refleksi Akhir Tahun, Pemkot Kendari Helat Dzikir Akbar dan Doa Bersama

18 Desember 2023 - 20:05

Sultra Optimis Surplus Beras Hingga Akhir 2023

16 November 2023 - 07:22

HUT ke-53 dan 11 Tahun Relokasi RSUD Bahteramas Tingkatkan Kualitas dan Melayani Setulus Hati

21 Oktober 2023 - 15:28

Trending di Advertorial