Menu

Mode Gelap

Kota Kendari · 27 Mei 2021 07:09

Polda Sultra Bekali Wartawan Saat Liputan Demo


 Polda Sultra memberikan pelatihan wartawan saat liputan demonstrasi. Foto humas polda Sultra Perbesar

Polda Sultra memberikan pelatihan wartawan saat liputan demonstrasi. Foto humas polda Sultra

SULTRAKITA.COM, KENDARI – Menjaga keamanan dalam melakukan liputan di berbagai situasi Unjuk Rasa Demonstrasi, Bid Humas Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Satuan Brigadir Mobil (Sat Brimob) Polda Sultra memberi pembekalan kepada wartawan, Kamis (27/5 ).

Kabag Ops Sat Brimobda Sultra AKP Asri Diyni menjelaskan, saat melakukan peliputan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan terjadi.

Yang perlu diketahui wartawan dalam suatu situasi, situasi hijau dimana massa melakukan aksi UNRAS dengan damai. “Ketika masih situasi hijau, wartawan diharuskan mengambil gambar di depan aksi massa atau pengamanan personel dan negosiator dari Polwan dan Dalmas,” ujarnya.

Kedua, situasi situasi mulai meningkat, atau masuk d zona kuning, wartawan akan dihimbau untuk mengambil gambar pada jarak 20 hingga 30 meter di samping kiri dan kanan pasukan pengamanan.

Ketiga, saat berada di situasi merah, massa aksi mulai tidak terkendali, sehingga wartawan dihimbau untuk mengambil gambar di belakang tim pengamanan, bahkan juga diperbolehkan mengambil gambar dari mobil pengurai masa milik kepolisian.

Baca juga :   Buka Puasa Bersama, Tingkatkan Kebersamaan, Kepedulian Sosial dan Silaturrahmi

Sementara itu, ketua PWI Sultra, Sarjono memberikan apresiasi atas langkah kepolisian dalam memperhatikan keselamatan wartawan yang melakukan peliputan unjuk rasa.

Untuk itu ia berharap, kegiatan ini akan terus berlanjut, agar memberikan edukasi wartawan di daerah yang beresiko lainnya seperti Kota Baubau, Kabupaten, Konawe, Konawe Utara, Kolaka Utara dan Kabupaten Muna.

“Kami berharap kegiatan ini bisa berlangsung karena hari ini yang mengikuti kegiatan adalah teman-teman yang liputan di Kendari belum termasuk teman-teman wartawan di daerah beresiko lainnya,” tandasnya. (rin)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Agya dan Calya DP Mulai 6 Jutaan Rupiah di Sultra, Saatnya Berlebaran dengan Toyota

3 April 2024 - 17:16

Sebaran Suara Jaelani Dari Petani Hingga Nelayan, Raih Suara Terbanyak DPR RI Dapil Sultra

22 Maret 2024 - 15:13

Jaelani Raih Suara Terbanyak Amankan Satu Kursi DPR RI Dapil Sultra; PKB Mulai Bangkit Dari Timur

10 Maret 2024 - 21:00

Suara Caleg PKB Sultra Tiba-tiba Turun Drastis di Aplikasi Sirekap KPU

19 Februari 2024 - 22:35

Tempuh Ratusan Kilometer, Toyota Kijang Innova Zenix Terbukti Irit dan Nyaman  

21 Desember 2023 - 20:01

Bazaar Tukar Tambah Kendari Bukukan 74 SPK Selama Dua Hari

25 Oktober 2023 - 19:26

Trending di Kota Kendari