Menu

Mode Gelap

Berita Utama · 4 Okt 2023 09:03

Program LPJU PT Antam Tuntas


 Bupati Kolaka Ahmad Safei bersama Business Support Senior Manager PT Antam Tbk UBPN Kolaka, Ridho Anggoro, saat melakukan switch on lampu penerangan jalan umum. Perbesar

Bupati Kolaka Ahmad Safei bersama Business Support Senior Manager PT Antam Tbk UBPN Kolaka, Ridho Anggoro, saat melakukan switch on lampu penerangan jalan umum.

SULTRAKITA.COM, Kolaka – PT Antam Tbk UBPN Kolaka menyadari sepenuhnya bahwa operasi perusahaan memiliki dampak langsung terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar, maka sebagai bentuk kepedulian dan tanggungjawab sosial terhadap masyarakat sekitar tambang dan lingkungan perusahaan kami melakukan tanggungjawab sosial melalui program-program CSR, guna menciptakan keberlanjutan operasional perusahaan dan juga sebagai wujud perhatian dan komitmen perusahaan terhadap satkeholder maupun masyarakat.

Business Support Senior Manager PT Antam Tbk UBPN Kolaka, Ridho Anggoro menjelaskan, untuk mendukung peningkatan perekonomian masyarakat serta penataan kawasan perumahan, prasarana pemukiman dan perhubungan, PT Antam telah memberikan dukungan terhadap program pemerintah kabupaten Kolaka, berupa program Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU), dimana program ini dimulai sejak 2021-2023 secara multiyears.

“Tahun 2021 telah terpasang LPJU sebanyak 55 tiang dengan lokasi jalan Pelabuhan, jalan Cakalang dan jalan By Pass di kelurahan Dawi-dawi. Tahun 2022 sebanyak 55 tiang dengan lokasi jalan By Pass kelurahan Dawi-dawi, desa Totobo serta desa Towua. Tahun 2023 sebanyak 62 tiang, dengan lokasi By Pass samping Pasar Dawi-dawi dan desa Towua. Dimana program LPJU ini mampu menerangi jalan sepanjang kurang lebih 9 Km untuk 172 tiang. Dengan total biaya kurang lebih Rp8,5 miliar,” bebernya.

Baca juga :   Nur Ihsan Lantik Sejumlah Pejabat USN Kolaka

Disamping program LPJU, PT Antam UBPN Kolaka juga mendukung beberapa program lainnya, berdasarkan dengan komitmen perusahaan, baik itu dari sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi, lingkungan, sosial budaya dan infrastruktur.

PT Antam Tbk UBPN Kolaka juga mendukung pemerintah kecamatan Pomalaa dalam rangka program pembangunan berkelanjutan, dalam hal ini perusahaan mendukung kegiatan Musrempom, dimana tahun ini program Musrempom berganti nama menjadi Mepokoaso (Musyawarah Pemberdayaan Pomalaa Kolaka Bersama Stakeholder), dalam lima tahun terakhir ini kami telah mengintervensi pembangunan di kecamatan Pomalaa, seperti pembangunan fasilitas umum, fasilitas kesehatan hingga jalan usaha tani.

Program CSR yang menjadi komitmen perusahaan lainnya adalah berkontribusi dalam pengembangan perekonomian masyarakat, yakni program kemitraan sebagai upaya perusahaan dalam mendukung pengembangan unit usaha kecil dan menengah (UKM). “Untuk lima tahun terakhir ini kami telah menyalurkan bantuan permodalan usaha sebesar Rp17 miliar, yang mengakomodir mitra binaan sekitar Rp400 orang yang tersebar di Sultra,” jelasnya.

CSR menjadi cara bagi perusahaan untuk mencapai keseimbangan kepentingan ekonomi, lingkungan dan sosial. Sementara pada saat yang sama juga memenuhi harapan pemegang saham dan pemangku kepentingan. “Kedepannya kami berharap arah pembangunan dan dukungan lebih berfokus ke isu peningkatan ekonomi, sosial dan lingkungan yang terintegrasi,” tegasnya.

Baca juga :   PT Vale Bangun Nursery di Pomalaa, Buktikan Komitmen Keberlanjutan pada Lingkungan

Sementara itu, bupati Kolaka Ahmad Safei berharap, warga pengguna LPJU menjaga fasilitas yang telah tersedia, karena dengan adanya penerang jalan maka akan semakin membuat pengguna jalan merasa aman dan nyaman. Selain itu, hal ini tentunya menjadi bagian penataan Kolaka, karena menurutnya beda ketika ada lampu jalan dengan tidak ada lampu.

Menurut bupati dua periode ini, LPJU yang sudah dibangun ini tentunya dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat. Selain itu, LPJU yang ada nantinya dapat dipelihara dan hal ini akan menjadi tanggung jawab bersama. “Mari kita jaga dengan baik (LPJU, red). Kita harus peduli, karena tidak sedikit anggaran yang digelontorkan Antam untuk membangun LPJU ini,” tegasnya.

Ia juga mengapresiasi komitmen PT Antam membangun pagar Puskesmas Pomalaa, yang ditarget tuntas tahun ini. “Saya tentunya memberi apresiasi kepada Antam karena dengan berbagai dinamikanya, bisa menuntaskan LPJU ini. Kemudian pagar Puskemas, dimana saya selalu sampaikan ke Antam agar segera direalisasikan tapi dijanji untuk dikerjakan tahun depan, namun Alhamdulillah dalam perjalanannya sekarang sudah tahap pengerjaan dan infonya tuntas juga tahun ini,” ungkapnya. (*)

Artikel ini telah dibaca 27 kali

Baca Lainnya

Halalbihalal bersama Wartawan, PT Vale Tegaskan Komitmen Penerapan Pertambangan Berkelanjutan

29 Mei 2024 - 16:28

Bupati Koltim Ingatkan Perencana di OPD Susun Anggaran Tepat Sasaran

29 Mei 2024 - 15:10

FKIP USN Kolaka Gelar Edufest – Lomba Kreativitas Mahasiswa 2024

28 Mei 2024 - 19:26

Maskot Pilkada Bone La Garuda’E; Lahirkan Pemimpin Berjiwa Kesatria.

27 Mei 2024 - 00:16

Resmi Digelar, 1755 Atlit Siap Berlaga di Porkab Bone

25 Mei 2024 - 18:53

LPPM USN Kolaka Gelar Pelatihan Pengelolaan Jurnal

24 Mei 2024 - 17:18

Trending di Berita Utama