Menu

Mode Gelap

Berita Utama · 1 Jun 2022 13:58

Program SRI Organik PT Vale Berhasil Tingkatkan Hasil Panen


 Panen perdana Padi System of Rice Intensification (SRI) organik di Desa Puubunga, Rabu (1/6) Perbesar

Panen perdana Padi System of Rice Intensification (SRI) organik di Desa Puubunga, Rabu (1/6)

SULTRAKITA.COM, KOLAKA – PT. Vale bersama Pemkab Kolaka menggelar panen raya Padi System of Rice Intensification (SRI) organik di Desa Puubunga Kecamatan Wundulako Kabupaten Kolaka, Rabu (1/6). Program SRI organik merupakan program Pertanian Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan (PSRLB) yang diberdayakan PT Vale di sejumlah wilayah pemberdayaan termasuk di Blok Pomalaa.

Panen perdana Padi System of Rice Intensification (SRI) organik di Desa Puubunga turut dihadiri Wakil Bupati, Kapolres Kolaka, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura dan beberapa pejabat lainnya.

Bupati Kolaka, Ahmad Safei usai panen raya mengatakan, program SRI Organik merupakan terobosan yang baik, dimana dengan program tersebut berhasil meningkatkan produksi padi hingga dua kali lipat dari hasil panen padi yang ditanam dengan sistem konvensional.

“Jika melihat hasil panennya, penanaman padi SRI organik sangat menjanjikan bagi petani, walaupun dengan metode yang lebih intensif dibanding dengan tanam padi dengan cara konvensional,” katanya

Safei juga berharap kedepannya dilakukan perluasan wilayah pemberdayaan untuk penanaman padi SRI organik. Selain itu Ia juga mendorong para petani untuk memberikan edukasi kepada petani lainnya jika mereka telah merasakan hasil panen padi metode SRI organik.

Baca juga :   Bangun Sultra, PT. VDNI dan OSS Ajak Media Bersinergi

“Program SRI organik ini jangan sampai terhenti, pembinaan terhadap petani harus tetap dilakukan secara berkelanjutan,” kata Safei.

Sementara, Wakil presiden PT.Vale Adriansyah Chaniago menjelaskan, PT Vale telah melakukan program pemberdayaan dalam wilayah konsensinya jauh sebelum melakukan aktivitas dengan fokus pendidikan dan kesehatan.

“Untuk program, kita coba laksanakan SRI Organik pada lahan percontohan di Desa Puubunga, Desa Puuroda, Desa Puulemo dan Desa Lamedia. Alhamdulillah, kita mampu meningkatkan hasil panen dalam satu siklus, yang sebelumnya hanya 4 ton perhektar menjadi 8,4 ton perhektar dengan metode SRI Organik”, ujarnya

Adriansyah juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Kolaka atas perhatiannya terhadap program-program pemberdayaan yang dilakukan PT Vale di Blok Pomalaa.(bak)

Artikel ini telah dibaca 175 kali

Baca Lainnya

Diterpa Isu Negatif, Begini Penjelasan Kepala Bappeda Wakatobi

19 Juli 2024 - 20:17

Harmonisasi Perencanaan Pembangunan, Pemda Wakatobi Gelar FGD Rancangan Teknokrat RPJMD

19 Juli 2024 - 19:58

Toyota Rush, Cicilan Tanpa Bunga Nol Persen

19 Juli 2024 - 17:53

Kalla Toyota Mengadakan Customer Gathering Toyota Auto Show 2024 di Kendari  

19 Juli 2024 - 16:59

Mundur Walikota Solo, Barisan RFG Apresiasi Capaian Prestasi Gibran

19 Juli 2024 - 16:38

PT Vale Tegaskan Komitmen Keberlanjutan dalam Sustainability Report 2023

19 Juli 2024 - 10:10

Trending di Berita Utama