Menu

Mode Gelap

Advertorial · 28 Sep 2022 18:16

PT Antam Tbk UBPN Kolaka dan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan


 PT Antam Tbk UBPN Kolaka dan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perbesar

SULTRAKITA.COM, KOLAKA – Dalam aktivitas pengelolaan sumber daya mineral, ANTAM berkomitmen untuk menerapkan praktik- praktik pertambangan terbaik, sekaligus mewujudkan nilai-nilai yang terkandung dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/ SDGs).

PT. Antam Tbk dalam menjalankan kegiatannya menerapkan praktik pertambangan terbaik sekaligus mewujudkan nilai-nilai dan tujuan pembangunan berkelanjutan. keberhasilan PT Antam tidak hanya dinilai melalui pencapaian dan pertumbuhan bisnis semata, melainkan juga bagaimana Perusahaan mampu memberikan kontribusi pada kemajuan masyarakat dan lingkungan sekitar.

Baca juga :   Pandangan Fraksi Amanah Rakyat Terhadap Tujuh Raperda Esekutif

PT. Antam senantiasa mendorong potensi yang ada di tengah- tengah masyarakat agar mampu mewujudkan terciptanya masyarakat yang sejahtera dan mandiri secara berkelanjutan. Bentuk tanggung jawab sosial tersebut adalah melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang merupakan komitmen Antam terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat pada ekonomi, sosial, lingkungan, serta hukum dan tata kelola dengan prinsip yang lebih terintegrasi, terarah, terukur dampaknya serta dapat dipertanggungjawabkan dan merupakan bagian dari pendekatan bisnis Perusahaan.

Ada beberapa pilar sasaran dalam program tersebut yaitu pilar ekonomi, sosial, lingkungan, hukum dan tata kelola

1. Pilar Ekonomi

PT. Antam mendorong penguatan potensi ekonomi lokal yang ada di setiap wilayah operasional perusahaan, diwujudkan melalui Pilar Ekonomi.

Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK)
Merupakan bagian dari Pilar Ekonomi sebagai upaya mewujudkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat, terutama dalam meningkatkan kapasitas pelaku usaha, salah satunya melalui Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK).

Program PUMK merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan usaha mikro dan kecil di daerah sekitar wilayah operasi Perusahaan agar menjadi tangguh dan mandiri melalui pemanfaatan dana bergulir yang semula dialokasikan dari laba Perusahaan. Program ini ditujukan kepada Mitra Binaan yang memiliki skala usaha mikro, kecil dan menengah untuk keperluan investasi dan/atau modal kerja bagi kegiatan produktif serta melakukan pendampingan dan pembinaan dalam rangka meningkatkan kemampuan Mitra Binaan.

Baca juga :   Fraksi PDI Perjuangan Berikan Apresiasi Tujuh Raperda

Penyaluran dana bergulir kepada Mitra Binaan diberikan dalam bentuk pinjaman lunak dengan jasa administrasi sebesar 6% per tahun dengan jangka waktu pinjaman maksimal 3 tahun. Selain bantuan dana pinjaman, Antam juga memberikan bantuan dana hibah pembinaan dalam rangka peningkatan kemampuan manajerial, produksi, dan pemasaran melalui pendidikan, pelatihan dan pemagangan, serta promosi penjualan atau bantuan pemasaran dengan mengikutsertakan Mitra Binaan pada berbagai macam kegiatan pameran.

2. Pilar Sosial

PT. Antam berupaya meningkatkan kualitas sumberdaya manusia di wilayah operasi Antam, khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan. Dengan peningkatan kualitas masyarakat melalui pendidikan dan kesehatan merupakan salah satu kunci untuk membangun aspek kehidupan yang semakin baik.

Di tahun 2021, realisasi Musrempom Antam bersama pemerintah desa dan kelurahan di kecamatan Pomalaa adalah membiayai pembuatan jalan usaha tani sepanjang 350 meter di desa Oko-oko serta pemasangan pintu, plafond dan pembuatan sumur bor di masjid Miftahul Jannah desa Sopura.

Selain itu, Antam juga mensupport anggaran pembangunan Mushollah di SDN 1 Hakatutobu, membiayai pembangunan jembatan wisata biota laut sepanjang 70 meter di desa Tambea, memasang 12 titik lampu penerangan jalan umum di desa Tambea serta pengadaan mobil sampah dan bak sampah di kelurahan Pomalaa, Tonggoni, Kumoro dan Dawi-dawi.

Bupati Kolaka H Ahmad Safei, SH, MH bersama manajemen PT Antam saat meresmikan penggunaan penerangan jalan umum

Selanjutnya, Antam juga membiayai pembangunan satu unit ruang pelayanan di kantor desa Pelambua, pemasangan kubah masjid Al Muhajirin desa Pelambua, pembangunan kantor desa Totobo, pembangunan gedung pertemuan desa Pesouha, pemasangan instalasi pipa air bersih sepanjang 1800 meter di desa Huko-huko, pembuatan drainase drainase sepanjang 104 meter di BTN Wirabuana desa Huko-huko, termasuk pemasangan plat beton bertulang.

3. Pilar Lingkungan

PT. Antam senantiasa melaksanakan program pelestarian Lingkungan salah satunya kegiatan penanaman 32.000 Pohon dan 50.000 Mangrove dalam rangka peringatan HUT ANTAM dan Hari Lingkungan Hidup yang dilaksanakan di area pesisir IUP antam. Selain itu PT Antam UBPN Kolaka berkolaborasi dengan Pemuda Desa Hakatutobu Transplantasi Terumbu Karang. Kegiatan tersebut dilaksanakan di area seluas 100 x 100 meter yang berbentuk seperti keramba.

General Manager PT Antam Tbk UBPN Kolaka Nilus Rahmat saat menanam mangrove. FOTO: Istimewa

General Manager PT Antam Tbk UBPN Kolaka Nilus Rahmat saat menanam mangrove. FOTO: Istimewa

PT Antam juga mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan dengan mendukung pengelolaan sampah terpadu dengan menyerahkan bantuan motor tiga roda kepada pengelola Bank Sampah Kolaka.

Penyerahan bantuan motor tiga roda oleh PT Antam UBPN Kolaka

Penyerahan bantuan motor tiga roda oleh PT Antam UBPN Kolaka kepada Pengelola Nampah Kolaka

PT. Antam menggagas Program Daya Bergala (Berdaya Bersama Menjaga Pesisir Pomalaa). Tujuannya untuk melindungi ekosistem pesisir laut di kecamtaan Pomalaa dengan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat di kecamatan Pomalaa agar lebih bijak dalam mengelola sumber daya alam hayati, terutama terkait perlindungan ekosistem pesisir laut sehingga mendorong masyarakat untuk berbuat menjaga keberlangsungan pengelolaan potensi perikanan di wilayahnya.

Artikel ini telah dibaca 336 kali

Baca Lainnya

Bupati Serahkan Bonus dan Lepas Atlet Kontingan POPDA Koltim

20 Juni 2024 - 22:23

DLH Wakatobi Susun Dokumen KLHS RPJMD 2025–2029, Bukti Pemda Terapkan Pembangunan Berkelanjutan Yang Berwawasan Lingkungan

23 Maret 2024 - 09:21

Peringati Isra Mi’raj, Pj Wali Kota Kendari Ajak Ummat Muslim Tingkatkan Kualitas Shalat

15 Februari 2024 - 15:13

Refleksi Akhir Tahun, Pemkot Kendari Helat Dzikir Akbar dan Doa Bersama

18 Desember 2023 - 20:05

Sultra Optimis Surplus Beras Hingga Akhir 2023

16 November 2023 - 07:22

Pemprov Sultra Pastikan Penyaluran Pupuk Bersubsidi Tepat Sasaran

7 November 2023 - 18:29

Trending di Advertorial