Menu

Mode Gelap

Daerah · 19 Feb 2022 16:55

PT Vale Ajak Masyarakat Dukung PSRLB


 pelatihan Pertanian Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan (PSRLB), di Aula Kantor Desa Matano, Kecamatan Nuha, kabupaten Luwu Timur. Kegiatan berlangsung selama empat hari sejak 14-17 Februari 2022 Perbesar

pelatihan Pertanian Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan (PSRLB), di Aula Kantor Desa Matano, Kecamatan Nuha, kabupaten Luwu Timur. Kegiatan berlangsung selama empat hari sejak 14-17 Februari 2022

SULTRAKITA.COM — PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) senantiasa hadir memberikan kontribusi baik bagi masyarakat khususnya yang berada di area pemberdayaan. Salah satunya dengan meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui peningkatan skill dengan menggelar kegiatan pelatihan berbasis pemberdayaan.

Kali ini melalui Program Pengembangan & Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Kawasan Perdesaan Mandiri (PKPM) , PT Vale menggelar pelatihan Pertanian Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan (PSRLB), di Aula Kantor Desa Matano, Kecamatan Nuha, kabupaten Luwu Timur. Kegiatan berlangsung selama empat hari sejak 14-17 Februari 2022.

Pelatihan diikuti perwakilan kelompok masyarakat, terdiri dari Kelompok Wanita Tani, Kelompok Asuhan Mandiri (ASMAN), Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan PKK Desa Matano-Kecamatan Nuha-Kabupaten Luwu Timur.

Kegiatan juga turut dihadiri Kepala Desa Matano dan Perangkat Desa, PPL, Dinas Pertanjan, dan Tim Koordinasi Kabupaten (TKK) PPM Kabupaten Luwu Timur .

Senior Manager Social Development Program (SDP) PT Vale Indonesia Tbk, Ardian Indra Putra mengatakan, pelatihan ini menjadi bagian dari upaya meningkatkan kapasitas para petani wanita dan masyarakat dalam mengoptimalkan segala potensi mengelola sumber daya di sekitar guna mendukung kebutuhan sehari-hari, terutama dari aspek ekonomi, lingkungan dan Kesehatan masyarakat.

Baca juga :   RTH Magani Park Aset Program PKPM PT Vale Jadi Sumber Ekonomi UMKM

“Ada sejumlah materi menarik diberikan ke peserta pelatihan, seperti mereka diajarkan bagaimana menganalisa kondisi terkait kebutuhan harian pertanian, perilaku dalam menangani keluhan kesehatan, cara pandang konvensional dan organik, pengenalan ekologi tanah membedah sifat fisik, biologi dan kimia tanah dan teknik budidaya tanaman secara organik, baik untuk komoditas sayuran organik (Sorga), tanaman berkhasiat obat (Tobat), merica, dan pertanian umum,” katanya.

Selain itu, peserta juga dikenalkan dengan beragam jenis tanaman obat, khasiatnya hingga cara pengolahannya. Setelah peserta memahami materi dan mengenal jenis tanaman obat dari pelatihan ini, peserta akan melakukan aksi dengan memanfaatkan lahan pekarangan untuk menanam sayuran dan obat serta membuat demplot kebun kelompok.

Tak hanya memberikan pelatihan, peserta juga didampingi oleh tenaga ahli dan pendampingan teknis untuk pemanfaatan tanaman obat secara berkelanjutan.

“Kami ingin mengajak masyarakat untuk lebih sadar akan hidup sehat dengan memperbaiki kualitas pangan. Salah satunya adalah dengan mendukung Pertanian Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan (PSRLB). Dari pelatihan ini, kami berharap Kelompok Wanita Tani (KWT) bisa menjadi motor penggerak perubahan dan kemandirian masyarakat, setidaknya dimulai dari satuan terkecil yakni keluargnya dulu sehingga turut mempromosikan keunggulan organik, “ujarnya.

Baca juga :   PT Vale Bekali Keterampilan Menjahit Perempuan pada Area Pemberdayaan

Sementara itu, Ketua PKK Desa Matano, Hasmiati menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya ke PT Vale Indonesia Tbk dengan diselenggarakannya pelatihan tersebut. Pihaknya juga berharap jika pelatihan ini tidak berhenti sampai disini saja, tapi dilakukan pendampingan berkelanjutan.
“Alhamdulillah kegiatan ini sangat bermanfaat untuk Kelompok Wanita Tani (KWT) dan kami harap tetap ada pendampingan berkelanjutan serta dukungan dari berbagai pihak,” ungkapnya. (rls)

Artikel ini telah dibaca 107 kali

Baca Lainnya

Produk Binaan PPM PT Vale Hadir di Sentra UMKM Apindo Sulsel

23 Februari 2024 - 13:00

Dukung Sektor Keagamaan di Morowali, PT Vale Gelar Tabligh Akbar

10 Desember 2023 - 10:59

PT Vale Sinergi Pemda Lutim Berantas Sarang Nyamuk di Area Pemberdayaan

28 September 2023 - 12:10

DPRD Luwu Timur dan Pemuda Loeha Raya Tawarkan Solusi Tuntaskan Konflik Tanamalia

27 September 2023 - 19:12

PT Vale Sosialisasi Eksplorasi Blok Tanamalia bersama Masyarakat Loeha Raya

9 September 2023 - 10:27

Sosialisasi Eksplorasi Blok Tanamalia

Cegah Generasi Stunting, Puskesmas Nuha dan PT Vale Gelar Aksi Bergizi

7 Agustus 2023 - 15:30

Trending di Daerah