Menu

Mode Gelap

Berita Utama · 14 Jan 2022 15:25

PT Vale Operasikan Laboratorium PCR Enggano


 PT Vale Operasikan Laboratorium PCR Enggano Perbesar

SULTRAKITA.COM, SOROWAKO – PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) resmi mengoperasikan Laboratorium PCR COVID-19 Klinik Enggano. Fasilitas tersebut beroperasi melayani pekerja proyek Furnace 4 Rebuild yang diperkirakan mencapai 1.700 orang.

Senior Manager Occupational Health and Hygiene, PT Vale Indonesia Tbk, Ruby Hatmoko mengatakan, Laboratorium PCR memiliki fasilitas tes lengkap untuk pengambilan sampel, ekstraksi, dan master mix hingga hasil tes keluar tersebut dikelola 7 staf yang terdiri atas lima operator/analis dan dua dokter.

Kata dia, Laboratorium ini telah mendapatkan izin dari Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Timur dan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan.

“Dengan adanya laboratorium PCR di Enggano ini, proses uji swab menjadi lebih singkat dan hasil keluar same day karena semua proses dilakukan di sini sehingga tidak mengganggu produktivitas pekerja,”katanya.

Menurut dia, sistem klinik memungkinkan hasil tes langsung terkoneksi dengan aplikasi PeduliLindungi, sehingga kian memudahkan akses pengguna.

Sebelumnya, tes PCR bagi pekerja di lingkungan PT Vale dilakukan dengan pengambilan sampel di Klinik Fever RS Inco kemudian dikirimkan ke RS Wahidin Sudirohusodo Makassar yang hasilnya akan keluar dalam 2-3 hari.

Baca juga :   Musibah Kapal Karam, KAMMI Kepton Salurkan Bantuan

Ruby menambahkan, terlepas dari tujuan utama untuk memfasilitasi proyek Furnace 4 Rebuild selama enam bulan, laboratorium dengan kapasitas 200 sampel per hari tersebut dapat digunakan karyawan dan kontraktor di area kerja PT Vale hingga pandemi COVID-19 dinyatakan berakhir. Keberadaan lab tes PCR di Enggano juga semakin memudahkan upaya testing, tracing and Treatment (3T) karena lokasinya yang dekat dengan Rumah Sakit Darurat Enggano yang digunakan untuk merawat pasien terkonfirmasi COVID-19.

Pekerja yang hendak melakukan tes PCR di Laboratorium Klinik Enggano perlu mengajukan permohonan untuk mendapatkan approval dari dokter dan leader L2/L3. Selanjutnya, pekerja yang bersangkutan mendaftar secara online untuk mendapatkan jadwal tes.

Saat ini, penularan COVID-19 di lingkungan PT Vale relatif stabil dengan low positivity rate. Namun, Ruby mengatakan dengan adanya Furnace 4 Rebuild, PT Vale akan melakukan tes berkala bagi semua pekerja proyek untuk mencegah penyebaran. PT Vale juga terus berupaya menegakkan protokol kesehatan, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. (rls)

Artikel ini telah dibaca 212 kali

Baca Lainnya

Halalbihalal bersama Wartawan, PT Vale Tegaskan Komitmen Penerapan Pertambangan Berkelanjutan

29 Mei 2024 - 16:28

Bupati Koltim Ingatkan Perencana di OPD Susun Anggaran Tepat Sasaran

29 Mei 2024 - 15:10

FKIP USN Kolaka Gelar Edufest – Lomba Kreativitas Mahasiswa 2024

28 Mei 2024 - 19:26

Maskot Pilkada Bone La Garuda’E; Lahirkan Pemimpin Berjiwa Kesatria.

27 Mei 2024 - 00:16

Resmi Digelar, 1755 Atlit Siap Berlaga di Porkab Bone

25 Mei 2024 - 18:53

LPPM USN Kolaka Gelar Pelatihan Pengelolaan Jurnal

24 Mei 2024 - 17:18

Trending di Berita Utama