Menu

Mode Gelap

Pendidikan · 23 Agu 2023 14:25

Pusat Karir USN Kolaka Hadirkan Praktisi Pengusaha Muda dalam Workshop Kewirausahaan


 Pusat Karir USN Kolaka Hadirkan Praktisi Pengusaha Muda dalam Workshop Kewirausahaan Perbesar

SULTRAKITA.COM, Buteng – Pusat Karir Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menggelar workshop kewirausahaan yang bertajuk “Menggapai Sukses dalam Dunia Kerja dan Berwirausaha di Era Digital”. Acara yang digelar di Aula Lantai 4 USN Kolaka Kampus B Buton Tengah, Rabu (23/8/2023).

Narasumber yang dihadirikan dalam workshop tersebut berasal dari kalangan praktisi pengusaha muda Ibukota Jakarta dan dari Kota Daeng, Makassar yakni Husein Al Anshori, M.Sc selaku Co-Vounder dan CEO PT MASTANI Jakarta, serta Muhammad Faizal selaku Ketua Umum UKM Start-Up Universitas Hasanuddin Makassar.

Dalam workshop ini, mahasiswa USN Kolaka diberikan kesempatan langka untuk mendapatkan wawasan mendalam dari sejumlah praktisi pengusaha muda yang telah sukses dalam berbagai bidang usaha. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 100 mahasiswa dari berbagai jurusan, yang antusias untuk belajar dan mendapatkan pemahaman lebih tentang dunia kewirausahaan.

Husein Al Anshori dalam presentasinya berbagi pengalaman dan tantangan yang dihadapinya dalam memulai dan mengembangkan bisnisnya PT MASTANI Jakarta. Ia juga memberikan wawasan tentang inovasi dan adaptasi yang perlu dilakukan oleh para calon pengusaha dalam menghadapi persaingan pasar yang dinamis, hingga peluang bisnis ekspor-impor.

Baca juga :   PG dan TK Islam Terpadu Asshiddiq Bone Kenalkan Wirausaha Dini Kepada Anak Didik

“Tidak semua usaha itu harus ada modal uang. Seorang pengusaha dapat memediasi dan berkomunikasi 2 arah dengan pemilik produk dan target pasar. Boleh juga dengan cara mengundang investor. Hanya syaratnya mulai rapikan laporan keuangan perusahaan Anda. Jika ini dilakukan, maka kalian memiliki UMKM yang layak untuk diinvestasi (Investable),” ujar Husein.

Sementara itu, Muhammad Faizal, seorang pengusaha muda dari UKM Start-Up Universitas Hasanuddin Makassar yang telah berhasil meraih kesuksesan diusianya yang masih muda sebagai mahasiswa. Faizal memaparkan tentang pentingnya kreativitas dalam pendekatan dalam merintis dan membangun usaha. “Di awal itu, meskipun untungnya sedikit, yang penting tidak rugi. Contoh jika punya usaha kuliner di sekitaran kampus, maka harganya adalah mahasiswa friendly, sambil terus mengembangkan portofolio usaha” kata Faizal.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Qammaddin, S.Kom., M.Kom., CITSM menyatakan bahwa workshop kewirausahaan dengan mengundang praktisi entrepreneur muda merupakan langkah nyata universitas dalam mendukung pengembangan kewirausahaan di kalangan mahasiswa. Ia berharap melalui workshop ini, mahasiswa dapat memperoleh wawasan yang mendalam tentang berbagai aspek kewirausahaan dan memiliki motivasi lebih dalam mengembangkan ide-ide kreatif menjadi bisnis yang sukses.

Baca juga :   Tuntut Kejelasan Status Tanah, Warga Tomia Bangun Gazebo di Dalam Bandara Maranggo

Workshop dihadiri pula oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Buton Tengah, Lukman, S.Pd., M.Pd. Dalam sambutannya, ia berharap dari kegiatan ini dapat menciptakan generasi muda yang bisa berwirausaha. “Tidak perlu ragu untuk menuangkan gagasan, kreatifitas, dan inovasi. Saya ajak mahasiswa untuk berpikir membangun daerah. Sebagai contoh potensi usaha souvenir cukup menjanjinkan, seperti pemanfaatan batok kelapa untuk gantungan kunci, cangkir. Ada produk kain tenun Buteng, sarabba, hingga bisnis hasil pertanian dan kelautan yang memiliki potensi menembus pasar lokal, nasional, dan internasional,” ujar Lukman.

Workshop diakhiri dengan sesi tanya jawab interaktif antara mahasiswa dan praktisi pengusaha muda. Mahasiswa memiliki kesempatan untuk bertanya tentang berbagai aspek bisnis, tantangan yang mungkin dihadapi, serta peluang dalam mengembangkan usaha mereka di masa depan.
Dengan suksesnya acara ini, diharapkan bahwa semakin banyak mahasiswa yang terinspirasi untuk berani mengambil langkah kewirausahaan dan berkontribusi dalam dunia bisnis dengan ide-ide inovatif mereka. Universitas Sembilanbelas November Kolaka berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan jiwa kewirausahaan di kalangan mahasiswanya melalui berbagai kegiatan edukatif dan kolaboratif di masa yang akan datang. (rls)

Artikel ini telah dibaca 229 kali

Baca Lainnya

SMP Islam Athirah Bone Gelar Drama Musikal di MPLS

16 Juli 2024 - 11:25

USN Kolaka Loloskan Dua Mahasiswa pada Seleksi Ajang Talenta Nasional KDMI 2024

30 Juni 2024 - 08:11

Program Pendidikan Kesetaraan PT Vale IGP Morowali Tiba di Tahap Ujian Akhir

28 Mei 2024 - 13:17

PT Vale Kolaborasi untuk Pendidikan Berkualitas di Loeha Raya

24 Mei 2024 - 14:30

Gelar Bimbingan Belajar, PT Vale Dorong Peningkatan Kualitas Pendidikan Generasi Muda Loeha Raya

10 Mei 2024 - 10:11

Pembukaan dan Pelepasan Peserta Bimbingan Masuk Perguruan Tinggi-Aula Kantor Camat Towuti

Boarding School Athirah Bone, Wujudkan Sekolah Berkualitas International

7 Mei 2024 - 21:00

Trending di Berita Utama