Menu

Mode Gelap

Berita Utama · 26 Feb 2022 16:58 WITA

RSUP Bahteramas Siapkan Ruang Khusus Ibu Hamil Terkonfirmasi Covid-19


 RSUP Bahteramas Siapkan Ruang Khusus Ibu Hamil Terkonfirmasi Covid-19 Perbesar

SULTRAKITA.COM, KENDARI –Menghadapi virus Covid 19 Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Bahteramas terus berbenah. Salah satunya, RSUP Bahteramas Sulawesi Tenggara (Sultra) menyiapkan ruang khusus, untuk ibu hamil yang menjalani perawatan dengan terkonfirmasi positif Covid-19.

Direktur RSUP Bahteramas dr Hasmudin mengatakan, pasien Covid-19 bukan hanya pada pasien biasa, namun saat ini banyak sekali ibu hamil terkonfirmasi Covid-19.

“Baik ibu hamil masuk rumah sakit dengan rencana operasi, atau¬† ingin melahirkan normal, masuk dengan pendarahan dan sebagainya. Ternyata banyak yang terkonfirmasi Covid-19 semua. Terbukti dengan hari ini (kemarin,red) untuk ruang pelayanan kandungan ada 14 pasien yang sementara di rawat terkonfirmasi positif Covid-19,” katanya.

Dokter Spesialis Bedah RSUP Bahteramas ini menambahkan, saat ini ada empat pasien ibu hamil menunggu hasil polymerase chain reaction (PCR). Meski demikian, angka kesembuhan ibu hamil yang menjalani perawatan di Bahteramas cukup tinggi.

“Rencana hari ini akan pulang empat orang lagi, karena sudah sembuh. Jadi penyembuhannya tiap hari ini gonta ganti pasien masuk. Jadi sembuh, tetapi ada yang masuk lagi,” ujarnya.

Ia menjelaskan, RSUP Bahteramas menjadi rumah sakit rujukan di 17 kabupaten/kota di Sultra olehnya pihaknya bisa menerima rujukan dari mana saja.

“Jadi tidak terbatas pasiennya dari Kota Kendari, Konawe, Konawe Utara atau darimana saja. Jadi yang dirujuk disini baik operasi atau apa, itu merupakan protokol kesehatan bahwa kita harus periksa tes PCR-nya. Untuk itu ibu hamil ini kita siapkan ruangan khusus perawatan, namanya ruangan tumbu dadi yang kemudian kita jadikan tempat untuk perawatan isolasi khusus ibu hamil atau kandungan,” ungkapnya.

Mantan Direktur RSUD Palagimata Baubau ini menambahkan, untuk pasien ibu hamil yang terkonfirmasi positif Covid-19 di bahteramas dengan gejala sedang.

“Dan pasien ini kita tidak rawat dengan pasien-pasien lain, karena mereka ada ruang tersendiri untuk yang positif. Jadi tidak digabung, yang negatif ada ruangannya juga. Dan pasien ibu hamil ini berbeda dengan pasien yang di isolasi Covid-19, karena di isolasi Covid-19 non kandungan,” paparnya.

Ia menghimbau, kepada ibu hamil sebelum ke rumah sakit agar memeriksakan dirinya ke puskesmas terdekat dengan tes antigen.

“Supaya kalau dia positif, sebelum masuk rumah sakit sudah diantisipasi memang. Supaya mereka disaat masuk disini (RSUP Bahteramas, red) ingin melahirkan kita sudah tahu dan langsung antisipasi. Ataupun kalau belum saatnya dia melahirkan bisa dianjurkan dia untuk isolasi mandiri,” tutupnya. (Pry)

Artikel ini telah dibaca 22 kali

Baca Lainnya

Komitmen PT Vale Jalankan CSR Diapresiasi Bupati Morowali

20 Mei 2022 - 21:54 WITA

Hadir di Career Expo, Stand PT Vale Diminati Pencari Kerja

20 Mei 2022 - 00:06 WITA

Rapat Forum MSG EITI Indonesia di Yogyakarta, Sultra Usulkan Dua Isu Penting

19 Mei 2022 - 14:05 WITA

Calon Sekda Pemkot Kendari Tunggu Rekomendasi KASN

18 Mei 2022 - 17:45 WITA

Pj Sekda Pemprov Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD

866 Peserta Ikut UTBK SBMPTN USN

18 Mei 2022 - 11:43 WITA

BPS Mulai Lakukan SP2020 Lanjutan

17 Mei 2022 - 14:56 WITA

Trending di Berita Utama
error: Content is protected !!