Menu

Mode Gelap

Berita Utama · 23 Jan 2024 11:28

Satukan Persepsi, KPU Bone Gelar Rakor dan Bimtek KPPS


 Satukan Persepsi, KPU Bone Gelar Rakor dan Bimtek KPPS Perbesar

SULTRAKITA.COM, WATAMPONE — Untuk menyatukan Persepsi jelang Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone mengelar Rapat Koordinasi (Rakor) dan Monitoring Pembentukan KPPS.

Selain Rakor dan Monitoring, kegiatan KPU yang berlangsung di Ballroom Hotel Novena Watampone Jalan Ahmad Yani, Selasa (23/1), juga dirangkai dengan Training Of Trainers (TOT) bagi PPK–PPS dan Bimbingan Teknis bagi KPPS.

Menurut Yusdar, Ketua Panitia Rakor dan Bimtek ini menuturkan, pelaksanaan Rakor digelar untuk menyamakan presepsi, paham dan rujukan monitoring pembentukan KPPS.

“Kegiatan merupakan tindak lanjut oleh kegiatan Rakornas KPU RI dan Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut TOT dari KPU Provinsi,” kata Yusdar.

Ia menjelaskan, KPU Bone memandang penting untuk melaksanakan kegiatan turunan kepada Badan Ad Hoc, yaitu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan
Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Pelaksana Harian (Plh) Ketua KPU Bone Abdul Asis menuturkan bahwa Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) merupakan ujung tombak pelaksanaan Pemilu.

Dalam artian jika KPPS itu bermasalah maka penyelenggaraan Pemilu pasti bermasalah.

Baca juga :   Kunjungi SMPN 5, Wali Kota Kendari Beri Motivasi Siswa

“Jadi pastikan KPPS yang direkrut adalah KPPS yang mau bekerja atau tidak, jangan sampai setelah dilantik besoknya mundur lagi, kalau memang ada mau mundur silahkan proses pengunduran dirinya sebelum pelantikan tanggal 25 Januari,” tegas Abdul Asis.

Ketua Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih dan SDM juga mengingatkan kepada PPS agar bertanggung jawab penuh kepada KPPS yang direkrut, utamanya sumber daya manusia yang paham digital.

“Karena Pemilu tahun 2024 mengarah ke digital. Kita pastikan yang kita rekrut adalah KPPS yang mampu mengoperasikan android melalui aplikasi SIREKAP,” kata Abdul Asis. (WRD)

Artikel ini telah dibaca 70 kali

Baca Lainnya

Halalbihalal bersama Wartawan, PT Vale Tegaskan Komitmen Penerapan Pertambangan Berkelanjutan

29 Mei 2024 - 16:28

Bupati Koltim Ingatkan Perencana di OPD Susun Anggaran Tepat Sasaran

29 Mei 2024 - 15:10

FKIP USN Kolaka Gelar Edufest – Lomba Kreativitas Mahasiswa 2024

28 Mei 2024 - 19:26

Maskot Pilkada Bone La Garuda’E; Lahirkan Pemimpin Berjiwa Kesatria.

27 Mei 2024 - 00:16

Turnamen 99 Community Cup II Bakal Digelar, Berhadiah 100 Juta Rupiah

25 Mei 2024 - 23:58

Resmi Digelar, 1755 Atlit Siap Berlaga di Porkab Bone

25 Mei 2024 - 18:53

Trending di Berita Utama